LintasYogya | Cara Transfer Domain ke Hosting Lain dengan Mudah dan Cepat
Cara Transfer Domain ke Hosting Lain dengan Mudah dan Cepat

Cara Transfer Domain ke Hosting Lain dengan Mudah dan Cepat

Hai, Salam Sobat Lintasyogya!

Apakah kamu sedang mencari cara untuk transfer domain ke hosting lain? Jangan khawatir, kamu berada di tempat yang tepat! Di artikel ini, Lintasyogya akan memberikan panduan lengkap tentang cara transfer domain ke hosting lain dengan mudah dan cepat. Yuk, simak!

Persiapan Sebelum Transfer Domain ke Hosting Lain

Sebelum melakukan transfer domain ke hosting lain, ada beberapa persiapan yang harus kamu lakukan terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Backup data website kamu di hosting lama. Hal ini penting untuk menghindari kehilangan data saat proses transfer.
  2. Periksa tanggal expired domain kamu. Pastikan domain kamu tidak akan expired dalam waktu dekat.
  3. Siapkan data login dan password domain kamu. Kamu akan membutuhkannya saat proses transfer.
  4. Siapkan juga data login dan password hosting baru kamu. Jangan lupa untuk memverifikasi akun hosting kamu sebelum transfer domain.

Langkah-langkah Transfer Domain ke Hosting Lain

Setelah persiapan selesai dilakukan, kamu bisa memulai proses transfer domain ke hosting lain. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Pilih Paket Hosting Baru

Pilih paket hosting baru yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Pastikan hosting yang kamu pilih mendukung domain yang akan kamu transfer.

2. Verifikasi Akun Hosting Baru

Setelah memilih paket hosting baru, kamu harus memverifikasi akun hosting kamu. Biasanya, penyedia hosting akan mengirimkan email verifikasi ke alamat email kamu.

3. Masuk ke Akun Domain

Masuk ke akun domain kamu di registrar domain. Pilih menu “Transfer Domain”.

4. Masukkan Kode Transfer

Masukkan kode transfer yang kamu dapatkan dari hosting baru kamu. Kode transfer ini biasanya terdiri dari beberapa huruf dan angka.

5. Konfirmasi Transfer

Setelah memasukkan kode transfer, kamu akan diminta untuk mengkonfirmasi transfer domain. Pastikan data domain kamu sudah sesuai dan benar sebelum melakukan konfirmasi.

Baca Juga :  Cara Menambahkan Domain ke Hosting Niagahoster

6. Tunggu Proses Transfer Selesai

Proses transfer domain bisa memakan waktu beberapa hari hingga satu minggu. Selama proses transfer, jangan melakukan perubahan apapun pada domain kamu.

7. Verifikasi Domain di Hosting Baru

Setelah proses transfer selesai, kamu harus melakukan verifikasi domain di hosting baru kamu. Biasanya, penyedia hosting akan mengirimkan email verifikasi ke alamat email kamu.

8. Upload Data Website ke Hosting Baru

Setelah domain kamu berhasil ditransfer, kamu harus mengupload data website kamu ke hosting baru. Kamu bisa menggunakan file backup yang sudah kamu buat sebelumnya.

9. Test Website di Hosting Baru

Setelah data website kamu berhasil diupload, kamu harus melakukan test website di hosting baru. Pastikan website kamu sudah berjalan dengan baik dan tidak ada masalah.

FAQ tentang Transfer Domain ke Hosting Lain

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk transfer domain ke hosting lain?

Proses transfer domain biasanya memakan waktu beberapa hari hingga satu minggu tergantung dari registrar domain dan penyedia hosting.

2. Apakah data website saya akan hilang saat proses transfer?

Tidak, asalkan kamu sudah melakukan backup data website kamu sebelum melakukan transfer domain ke hosting lain.

3. Apakah saya bisa transfer domain ke hosting lain tanpa perlu membayar lagi?

Ya, kamu bisa transfer domain ke hosting lain tanpa perlu membayar lagi. Namun, kamu harus membayar biaya transfer domain yang ditentukan oleh registrar domain.

Kesimpulan

Transfer domain ke hosting lain bukanlah hal yang sulit dilakukan. Dengan persiapan yang matang dan langkah-langkah yang tepat, kamu bisa melakukan transfer domain dengan mudah dan cepat. Jangan lupa untuk membackup data website kamu sebelum melakukan transfer dan mengupload data website kamu ke hosting baru setelah proses transfer selesai. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu. Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.

Baca Juga :  Cara Akses Hosting Tanpa Domain dengan Mudah

Related video of Cara Transfer Domain ke Hosting Lain dengan Mudah dan Cepat