LintasYogya | Cara Upload IGTV Terbaru dengan Mudah dan Praktis
Cara Upload IGTV Terbaru dengan Mudah dan Praktis

Cara Upload IGTV Terbaru dengan Mudah dan Praktis

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Bagi kalian yang gemar bermedia sosial, pasti sudah tidak asing dengan IGTV. IGTV merupakan layanan video vertikal yang dimiliki oleh Instagram. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah video dengan durasi yang lebih panjang dibandingkan dengan video biasa di Instagram. Pada artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara upload IGTV terbaru dengan mudah dan praktis.

1. Siapkan Video yang Akan Diunggah

Sebelum memulai proses upload IGTV, pastikan kalian sudah menyiapkan video yang akan diunggah. Video tersebut harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Instagram, seperti durasi minimal 1 menit dan maksimal 60 menit, format video MP4, dan ukuran file maksimal 3,6GB.

Berikut adalah beberapa tips dalam membuat video IGTV:

  1. Pilih tema yang menarik dan sesuai dengan target audience.
  2. Buat storyboard yang jelas untuk memudahkan dalam proses pengambilan gambar.
  3. Pilih lokasi yang sesuai dengan tema video.
  4. Gunakan tripod atau stabilizer untuk menjaga kualitas video tetap stabil.
  5. Buat audio yang jelas dan mudah dipahami.

2. Buka Aplikasi Instagram dan Pilih Icon IGTV

Setelah video siap, buka aplikasi Instagram dan ketuk ikon IGTV di sudut kanan atas layar.

3. Pilih Video yang Akan Diunggah

Pada halaman IGTV, ketuk tombol tambah di sudut kanan atas layar dan pilih video yang akan diunggah dari galeri.

4. Atur Judul dan Deskripsi Video

Setelah memilih video, kalian harus mengatur judul dan deskripsi video. Pastikan judul dan deskripsi tersebut menarik perhatian audience dan menjelaskan konten video secara jelas.

5. Pilih Cover Video

Instagram akan memberikan beberapa frame dari video sebagai pilihan cover. Kalian bisa memilih salah satu dari frame tersebut atau mengunggah gambar sendiri sebagai cover video.

Baca Juga :  Hosting Itu Apa dan Bagaimana Cara Kerjanya

6. Pilih Durasi Video

Setelah memilih cover video, pilih durasi video yang akan diunggah. Pastikan durasi video sesuai dengan persyaratan Instagram dan konten video bisa disampaikan dengan jelas dalam durasi tersebut.

7. Pilih Kategori Video

Instagram menyediakan beberapa kategori video yang bisa dipilih oleh pengguna. Pilih kategori yang sesuai dengan konten video untuk memudahkan audience dalam mencari video tersebut.

8. Tambahkan Link dan Hashtag

Kalian bisa menambahkan link atau hashtag pada deskripsi video untuk memudahkan audience dalam mencari informasi lebih lanjut terkait konten video.

9. Pilih Bagikan di IGTV dan/atau Feed

Setelah mengatur semua detail video, kalian bisa memilih untuk membagikan video di IGTV saja atau di IGTV dan feed. Jika memilih untuk membagikan video di feed, pastikan kalian menambahkan preview video yang menarik di feed.

10. Tunggu Proses Upload Selesai

Setelah memilih opsi bagikan, tunggu proses upload video selesai. Pastikan koneksi internet stabil untuk menghindari gagal upload video.

FAQ

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengunggah video di IGTV?

Waktu yang dibutuhkan untuk mengunggah video di IGTV tergantung pada ukuran file dan kecepatan internet kalian. Biasanya, proses upload akan memakan waktu beberapa menit hingga beberapa jam.

2. Apa yang harus dilakukan jika proses upload gagal?

Jika proses upload gagal, pastikan koneksi internet stabil dan coba lagi beberapa saat kemudian. Jika masih gagal, coba kurangi ukuran file video atau periksa apakah video sudah memenuhi persyaratan Instagram.

3. Apa yang harus dilakukan jika video yang diunggah tidak sesuai dengan persyaratan Instagram?

Jika video yang diunggah tidak sesuai dengan persyaratan Instagram, video tersebut akan ditolak oleh Instagram. Kalian bisa mengedit video dan memenuhi persyaratan Instagram sebelum mengunggah video kembali.

Baca Juga :  Cara Hosting Web di Heroku dengan Mudah dan Sederhana

4. Apa yang harus dilakukan jika video tidak muncul di IGTV atau feed?

Jika video tidak muncul di IGTV atau feed, pastikan kalian telah membagikan video dengan benar dan sesuai dengan persyaratan Instagram. Jika masih tidak muncul, coba periksa jaringan internet kalian atau hubungi tim dukungan Instagram.

5. Apa yang harus dilakukan jika video tidak mendapatkan banyak view?

Jika video tidak mendapatkan banyak view, coba periksa konten video dan pastikan konten tersebut menarik perhatian audience. Kalian juga bisa mempromosikan video tersebut melalui akun Instagram kalian atau mengikuti tips-tips dalam membuat konten video yang menarik.

6. Apa yang harus dilakukan jika ingin menghapus video di IGTV?

Untuk menghapus video di IGTV, buka video tersebut dan ketuk tombol titik tiga di sudut kanan atas. Pilih opsi hapus untuk menghapus video tersebut.

Kesimpulan

Itulah cara upload IGTV terbaru dengan mudah dan praktis. Pastikan kalian memenuhi persyaratan Instagram dan membuat konten video yang menarik untuk mendapatkan perhatian audience. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu berkreasi dalam membuat konten video yang menarik di IGTV.

Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.

Related video of Cara Upload IGTV Terbaru dengan Mudah dan Praktis