LintasYogya | Cara menghapus aplikasi bawaan samsung

Cara menghapus aplikasi bawaan samsung

Sama seperti kebanyakan produsen HP, Samsung melengkapi perangkatnya dengan aplikasi bawaan yang bisa disebut bloatware. Aplikasi ini berbeda dari aplikasi Android asli. Mereka dikembangkan dan dipasangkan oleh pengembang dan sering disebut sebagai bundel. Pengguna ponsel Samsung tidak menggunakan aplikasi ini karena fitur-fiturnya yang khusus.

Sayangnya, tidak mudah untuk menghapus atau menghapus aplikasi bloatware tersebut. Nah, tentang ini kita akan berbicara di artikel ini. Mari kita lanjutkan membaca cara menghapus aplikasi di ponsel Samsung dan berkenalan dengan apa itu bloatware.

Tentang bloatware dan perannya di HP

LintasYogya | Cara menghapus aplikasi bawaan samsung

Istilah lain yang ada di Android yang mungkin jarang kita dengar, dan mungkin tidak banyak orang yang tahu tentang keberadaannya. Istilah teknologi sebenarnya diciptakan jauh sebelum masa kejayaan Android.
Britgarware adalah aplikasi bawaan yang diinstal pada beberapa perangkat. Aplikasi ini mungkin jarang digunakan oleh beberapa pengguna dan bahkan mungkin tidak berguna bagi pengguna.

Pada dasarnya, bloatware dipasang oleh produsen perangkat untuk tujuan tertentu. Misalnya, kontrak dengan perusahaan yang terkait dengan kontrak dengan operator HP, dll.

Meskipun pengguna tidak menggunakan sebagian besar program perangkat lunak yang meningkat, tidak ada salahnya jika ada di perangkat kami. Ini menjengkelkan karena aplikasi bawaan di perangkat Anda menggunakan memori internal dan ruang RAM.

Kehadiran bloatware pada perangkat kami membuat penyimpanan lebih padat dan membuatnya membengkak atau membengkak. Di sinilah sumber aplikasi bawaan ini disebut bloatware.

Pertanyaannya adalah bagaimana cara menghapus aplikasi jenis ini? Karena perangkat lunak yang membengkak pada perangkat tidak dapat dihapus seperti kami menghapus aplikasi Android lainnya, itu sangat mudah.

Jangan mencopot pemasangan atau mencopot pemasangan aplikasi bloatware tertentu. Ini karena beberapa vendor melindungi aplikasi sehingga tidak dapat dihapus dengan cara biasa.

Baca Juga :  Download aplikasi kamera android terbaik

Cara menghapus aplikasi dari ponsel Samsung
Aplikasi batware yang tidak bisa kita uninstall biasanya tergolong aplikasi sistem, sehingga kita tidak bisa menghapusnya dengan cara biasa. Namun, Anda juga dapat menghapus aplikasi yang tidak mengganggu sistem. Penjelasan di bawah ini akan mengulasnya lebih lengkap.

1. Aktifkan USB debugging

LintasYogya | Cara menghapus aplikasi bawaan samsung

Kami harus mengingatkan Anda bahwa metode ini tidak disarankan untuk orang yang tidak terbiasa dengan Android dan perangkat seluler. Ini karena jika terjadi kesalahan, proses uninstall aplikasi akan merusak sistem Android ponsel Samsung Anda.

Namun, jika Anda lebih suka metode ini, pastikan bahwa proses menghapus aplikasi dari ponsel Samsung dilakukan oleh seorang ahli. Langkah-langkah penghapusan adalah sebagai berikut:

. Buka menu Pengaturan.
. Pilih Tentang perangkat.
. Ketuk nomor versi 7 kali hingga Anda menerima peringatan “Selamat telah menjadi pengembang”.
. Setelah itu, kembali ke pengaturan awal dengan mengklik tombol kembali.
. Buka Opsi Pengembang.
. Ubah untuk mengaktifkan di bagian Aktivitas di bagian atas.
. Kemudian, ubah ke opsi Jalankan pada USB debugging.

Jika proses ini berhasil, Anda dapat mengaktifkan mode ini dan memilih aplikasi yang ingin Anda hapus. Namun cara ini tidak cocok untuk beberapa jenis ponsel Samsung karena setiap ponsel memiliki tahapan yang berbeda-beda.

Juga, perhatikan aplikasi yang ingin Anda hapus. Karena beberapa aplikasi bawaan memiliki fitur yang diperlukan agar Android dapat bekerja dengan lancar.

2. Nonaktifkan aplikasi

LintasYogya | Cara menghapus aplikasi bawaan samsung

Langkah selanjutnya adalah menghapus aplikasi dengan mengaktifkan atau menyembunyikan penonaktifan aplikasi. Metode ini dianggap efektif meskipun hanya aplikasi yang disembunyikan. Untuk melakukan langkah ini, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah:

Buka menu pengaturan.
Temukan menu Pengaturan Aplikasi.
Pilih aplikasi yang tidak Anda gunakan atau ingin sembunyikan.
Cara memilih untuk menonaktifkan aplikasi dan kemudian klik dua kali di atasnya.
Jika proses menonaktifkan aplikasi ini berhasil, aplikasi berhenti. Meskipun metode ini tidak secara tidak langsung menghapus keberadaan aplikasi di perangkat Anda, sekarang tidak lagi mengkonsumsi kapasitas RAM di ponsel Samsung Anda dan Anda tidak akan lagi menerima pemberitahuan pembaruan.

Baca Juga :  cara cek hp iphone second

3. Akses root

LintasYogya | Cara menghapus aplikasi bawaan samsung

Jika ponsel Samsung Anda sudah memiliki akses root, akan lebih mudah untuk melakukan berbagai tindakan seperti menghapus aplikasi default di perangkat Anda. Jika tidak, Anda sebenarnya dapat mengaktifkan akses root sendiri, hanya saja itu cukup berbahaya.

Salah satu efek negatif dari rooting yang tidak tepat adalah terjadinya kerusakan software dan hardware, yang tentunya akan membuat Anda menghabiskan waktu untuk perbaikan karena kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan akses root.

Anda juga harus tahu bahwa mengaktifkan akses root pada ponsel Samsung Anda membuat perangkat Anda lebih rentan terhadap serangan virus dan keamanan perangkat. Namun, jika Anda merasa perlu untuk mengaktifkan akses root, Anda dapat menggunakan aplikasi KingRoot.

. Unduh dan instal aplikasi.
. Buka aplikasi KingRoot.
. Buka menu di sudut kiri atas tampilan.
. Klik dua kali untuk mencoba root.
. Tunggu hingga proses selesai.
. Setelah selesai, pesan inventaris akan muncul.

4. Gunakan aplikasi Link 2SD

Cara menghapus aplikasi bawaan samsung

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan aplikasi Link2SD untuk menghapus aplikasi di ponsel Samsung Anda. Keuntungan lain dari aplikasi ini adalah dapat mentransfer data aplikasi ke kartu SD.

Namun, sebelum memutuskan untuk menghapus aplikasi, Anda harus menjelajahi aplikasi terlebih dahulu karena aplikasi yang ingin Anda hapus mungkin memiliki peran penting terkait sistem.

Jika Anda menghapusnya secara tidak sengaja, bukan tidak mungkin untuk merusak atau tidak berfungsi, seperti loop boot, atau dapat menjadi putih, yaitu situasi di mana perangkat seperti HP, tablet, dll. mati sepenuhnya. Oleh karena itu, pastikan Anda telah melengkapi aplikasi yang ingin Anda hapus dengan informasi tentangnya.

Dengan cara ini, Anda dapat memutuskan aplikasi mana yang aman saat Anda menghapusnya dan mana yang harus tetap ada. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi.

Baca Juga :  cara cek imei di hp

Pertama, pastikan perangkat Anda di-root. Pasalnya, jika tidak, aplikasi ini tidak dapat menghapus aplikasi di ponsel Samsung. Jika perangkat Anda di-root, Anda dapat segera membuka aplikasi.
Pilih menu Uninstall, dan aplikasi akan menampilkan halaman peringatan tentang risiko menghapus aplikasi. Jika Anda sudah memahami risiko yang terlibat dalam menghapus aplikasi, pilih OK.
Tunggu beberapa saat hingga muncul pesan bahwa aplikasi berhasil dihapus. Lakukan hal yang sama untuk aplikasi lain yang ingin Anda hapus.
Oleh karena itu, periksa cara menghapus aplikasi yang tidak akan dilakukan dengan cara biasa di ponsel Samsung Anda. Namun, jika memang ada aplikasi yang tidak bisa dicopot pemasangannya, lebih baik abaikan saja karena beberapa aplikasi bawaan sengaja diinstal karena suatu alasan. Itulah sebabnya produsen mengunci dan melindungi aplikasi ini, bahkan jika kita sendiri, karena pengguna tidak menggunakannya.

Namun, jika kapasitas memori penyimpanan Anda hampir penuh, sebaiknya cari memori eksternal dengan kapasitas yang lebih besar agar file data dapat muat dan aplikasi di perangkat Samsung Anda dapat bekerja dengan baik