LintasYogya | Cara Edit Website yang Sudah di Hosting dengan Mudah dan Santai
Cara Edit Website yang Sudah di Hosting dengan Mudah dan Santai

Cara Edit Website yang Sudah di Hosting dengan Mudah dan Santai

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Bagi kamu yang sudah meng-hosting website, pastinya ingin melakukan berbagai perubahan pada website tersebut, baik itu merubah tampilan, menambahkan fitur baru, atau memperbaiki kesalahan yang ada. Namun, mungkin masih banyak dari kamu yang belum tahu bagaimana cara melakukan edit website yang sudah di hosting. Nah, pada artikel kali ini, Lintasyogya.com akan memberikan panduan lengkap untuk melakukan edit website dengan mudah dan santai.

Persiapan Sebelum Melakukan Edit Website

Sebelum memulai proses edit website, ada beberapa persiapan yang harus kamu lakukan terlebih dahulu. Berikut ini adalah persiapan yang perlu kamu lakukan:

  1. Back up website
  2. Sebelum melakukan edit, pastikan kamu sudah melakukan back up website terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk menghindari kehilangan data dan informasi penting pada website. Kamu bisa menggunakan plugin atau tools khusus untuk melakukan back up website.

  3. Siapkan software editor website
  4. Untuk melakukan edit website, kamu perlu menggunakan software editor website. Beberapa software editor website yang populer adalah Adobe Dreamweaver, Sublime Text, Visual Studio Code, dan sebagainya. Pilih software yang kamu kuasai dan sesuai dengan kebutuhanmu.

  5. Mengenal struktur website
  6. Sebelum melakukan edit, kamu perlu mengenal struktur website terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar kamu bisa lebih mudah dalam melakukan edit. Pahami elemen-elemen HTML, CSS, dan JavaScript yang digunakan pada website.

  7. Mengenali CMS
  8. Jika website kamu menggunakan CMS (Content Management System) seperti WordPress, Joomla, atau Drupal, maka kamu perlu mengenal CMS tersebut. Pahami cara kerja CMS dan penggunaannya untuk mempermudah proses edit website.

  9. Mengenal FTP
  10. FTP (File Transfer Protocol) adalah protokol untuk mengirimkan file dari komputer ke server hosting. Kamu perlu mengenal cara menggunakan FTP untuk mengupload file hasil edit ke server hosting.

Baca Juga :  Cara Reset Hosting Niagahoster dengan Mudah

Cara Edit Website dengan Mudah

Setelah kamu melakukan persiapan di atas, kamu siap untuk melakukan edit website. Berikut ini adalah panduan lengkap cara edit website dengan mudah:

1. Masuk ke halaman Admin

Jika website kamu menggunakan CMS seperti WordPress, Joomla, atau Drupal, maka kamu bisa masuk ke halaman admin untuk melakukan edit website. Caranya adalah dengan mengetikkan URL halaman admin pada browser. Misalnya, http://namadomain.com/wp-admin untuk WordPress.

2. Menggunakan Software Editor Website

Jika kamu ingin melakukan edit secara langsung pada kode HTML, CSS, atau JavaScript, maka kamu bisa menggunakan software editor website seperti Adobe Dreamweaver atau Sublime Text. Buka file website yang ingin kamu edit pada software editor tersebut, lalu lakukan perubahan sesuai kebutuhanmu.

3. Menggunakan File Manager Hosting

Jika kamu tidak ingin menggunakan software editor website, kamu bisa melakukan edit pada file website langsung di file manager hosting. Caranya adalah dengan login ke cPanel atau file manager hosting, lalu buka file website yang ingin kamu edit.

4. Menggunakan FTP

Jika kamu ingin melakukan edit pada file website dan menguploadnya ke server hosting, maka kamu bisa menggunakan FTP. Gunakan software FTP seperti FileZilla atau WinSCP untuk menghubungkan komputermu dengan server hosting, lalu upload file hasil edit ke server hosting.

Tips dan Trik dalam Melakukan Edit Website

Ada beberapa tips dan trik yang bisa kamu terapkan dalam melakukan edit website. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang bisa kamu gunakan:

  1. Gunakan template atau theme yang sudah jadi
  2. Jika kamu tidak ingin membuat website dari awal, kamu bisa menggunakan template atau theme yang sudah jadi. Kamu bisa mencari template atau theme yang sesuai dengan kebutuhanmu di internet.

  3. Gunakan plugin atau extension
  4. Jika kamu menggunakan CMS seperti WordPress, kamu bisa menggunakan plugin untuk menambahkan fitur baru pada website. Gunakan plugin yang terpercaya dan sesuai dengan kebutuhanmu.

  5. Perhatikan kecepatan website
  6. Kecepatan website sangat berpengaruh pada pengalaman pengguna. Perhatikan kecepatan website dan lakukan optimasi jika diperlukan.

  7. Perhatikan tampilan website
  8. Tampilan website juga sangat penting untuk menarik perhatian pengguna. Perhatikan tampilan website dan lakukan perubahan jika diperlukan.

  9. Perhatikan SEO
  10. SEO (Search Engine Optimization) sangat penting untuk meningkatkan visibilitas website di mesin pencari. Perhatikan faktor-faktor SEO seperti meta tag, keyword, dan backlink.

Baca Juga :  Mengapa vps hosting lebih mahal daripada shared hosting

FAQ

Q: Apa itu back up website?
A: Back up website adalah proses untuk membuat salinan website yang berfungsi sebagai cadangan jika terjadi kerusakan atau kehilangan data pada website.Q: Apa itu CMS?
A: CMS (Content Management System) adalah sistem yang digunakan untuk mengelola konten pada website, seperti WordPress, Joomla, atau Drupal.Q: Apa itu FTP?
A: FTP (File Transfer Protocol) adalah protokol untuk mengirimkan file dari komputer ke server hosting.

Kesimpulan

Itulah panduan lengkap cara edit website yang sudah di hosting dengan mudah dan santai. Lakukan persiapan yang tepat sebelum melakukan edit, gunakan software editor website atau file manager hosting, lakukan tips dan trik yang tepat, dan perhatikan kecepatan, tampilan, dan SEO website. Dengan mengikuti panduan ini, kamu bisa melakukan edit website dengan lebih mudah dan efektif. Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.

Related video of Cara Edit Website yang Sudah di Hosting dengan Mudah dan Santai