LintasYogya | cara cek seri hp samsung
cara cek seri hp samsung

cara cek seri hp samsung

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara cek seri HP Samsung dengan mudah dan unik. Bagi pengguna HP Samsung, mengetahui seri HP yang digunakan sangatlah penting, terutama saat ingin memperoleh informasi terkait spesifikasi, perbaikan, atau upgrade perangkat. Berikut adalah 20 langkah mudah dan santai untuk melakukan pengecekan seri HP Samsung.

1. Menggunakan Pengaturan

Langkah pertama adalah dengan menggunakan pengaturan pada HP Samsung. Caranya adalah:

  1. Buka menu Pengaturan pada HP Samsung.
  2. Pilih menu Tentang Telepon atau Tentang Perangkat.
  3. Cari opsi yang menyebutkan “Model Number”, “Nomor Model”, atau “Serial Number”.
  4. Anda akan melihat informasi seri HP Samsung yang sedang digunakan.

2. Cek di Boks atau Kemasan

Apabila Anda masih menyimpan boks atau kemasan HP Samsung, Anda dapat melihat informasi seri pada label yang terdapat di boks atau kemasan tersebut. Biasanya, informasi seri tertera dengan jelas pada label tersebut.

3. Melalui Baterai

Jika Anda tidak menemukan informasi seri di pengaturan atau boks, Anda dapat mencoba melihat di baterai HP Samsung. Caranya adalah:

  1. Matikan HP Samsung terlebih dahulu.
  2. Buka tutup belakang HP Samsung.
  3. Lepaskan baterai dari HP Samsung.
  4. Pada bagian belakang baterai, Anda akan menemukan informasi seri HP Samsung.

4. Cek di Layar Booting

Anda juga dapat melihat informasi seri HP Samsung saat layar booting. Caranya adalah:

  1. Matikan HP Samsung terlebih dahulu.
  2. Nyalakan kembali HP Samsung.
  3. Pada layar booting, Anda akan melihat informasi seri HP Samsung.

5. Melalui Kode Dial

Salah satu cara unik untuk cek seri HP Samsung adalah melalui kode dial. Caranya adalah:

  1. Buka aplikasi Telepon pada HP Samsung.
  2. Ketik kode *#06# pada aplikasi Telepon.
  3. Secara otomatis, Anda akan melihat informasi seri HP Samsung.
Baca Juga :  Cara Mudah Membuat Stiker Whatsapp Tanpa Aplikasi Dan Memakai Aplikasi

6. Cek di Pengaturan Sistem

Anda juga dapat mencoba mencari informasi seri HP Samsung di pengaturan sistem. Caranya adalah:

  1. Buka menu Pengaturan pada HP Samsung.
  2. Pilih menu Sistem atau Tentang Ponsel.
  3. Cari opsi yang menyebutkan “Model Number”, “Nomor Model”, atau “Serial Number”.
  4. Anda akan menemukan informasi seri HP Samsung pada opsi tersebut.

7. Melalui Kode IMEI

Kode IMEI merupakan kode unik yang terdapat pada setiap HP Samsung. Anda dapat menggunakan kode IMEI ini untuk mengecek informasi seri HP Samsung. Caranya adalah:

  1. Buka aplikasi Telepon pada HP Samsung.
  2. Ketik kode *#06# pada aplikasi Telepon.
  3. Anda akan melihat kode IMEI pada layar.
  4. Salin kode IMEI dan cari di mesin pencari untuk mendapatkan informasi seri HP Samsung.

8. Cek di Situs Resmi Samsung

Samsung menyediakan layanan cek seri HP Samsung melalui situs resminya. Anda dapat mengunjungi situs resmi Samsung dan mengikuti langkah-langkah yang disediakan untuk mengecek seri HP Samsung.

9. Cek di Aplikasi Samsung Members

Apabila Anda telah mengunduh dan mendaftar ke aplikasi Samsung Members, Anda dapat mengecek seri HP Samsung melalui aplikasi tersebut. Caranya adalah:

  1. Buka aplikasi Samsung Members pada HP Samsung.
  2. Daftar atau masuk ke akun Samsung Anda.
  3. Pilih menu “Dukungan” atau “Pusat Bantuan”.
  4. Cari opsi yang menyebutkan “Cek Seri HP” atau “Informasi Perangkat”.
  5. Anda akan menemukan informasi seri HP Samsung pada opsi tersebut.

10. Cek di Aplikasi Phone INFO ★Samsung★

Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Phone INFO ★Samsung★ untuk mengecek informasi seri HP Samsung. Unduh aplikasi tersebut melalui Play Store, lalu ikuti langkah-langkah yang disediakan di dalam aplikasi untuk mengecek seri HP Samsung.

Baca Juga :  cek nomor hp kartu smartfren

11. Cek di Stiker di Belakang HP

Jika Anda tidak menemukan informasi seri di pengaturan, boks, atau baterai, Anda dapat memeriksa stiker yang terdapat di bagian belakang HP Samsung. Pada stiker tersebut, biasanya terdapat informasi lengkap mengenai seri HP Samsung.

12. Cek di Chatbot Samsung

Samsung menyediakan layanan chatbot yang dapat membantu Anda mengecek seri HP Samsung. Anda dapat mengakses chatbot Samsung melalui aplikasi seperti WhatsApp, Facebook Messenger, atau Telegram. Cari “Samsung Chatbot” dan ikuti langkah-langkah yang disediakan untuk mengecek seri HP Samsung.

13. Cek di Forum Online

Forum online seperti XDA Developers atau Samsung Community juga dapat menjadi sumber informasi untuk mengecek seri HP Samsung. Anda dapat mencari topik terkait seri HP Samsung di forum tersebut dan menemukan informasi yang Anda butuhkan.

14. Cek di Situs Perbandingan Spesifikasi

Situs perbandingan spesifikasi seperti GSM Arena atau PhoneArena juga dapat membantu Anda mengecek seri HP Samsung. Cari model HP Samsung yang Anda miliki di situs tersebut, dan Anda akan melihat informasi lengkap mengenai seri HP Samsung tersebut.

15. Cek di Situs Penjualan Online

Situs penjualan online seperti Lazada, Tokopedia, atau Shopee juga dapat memberikan informasi mengenai seri HP Samsung. Cari model HP Samsung yang Anda miliki pada situs-situs tersebut, dan Anda akan menemukan informasi mengenai seri HP Samsung beserta spesifikasinya.

16. Cek di Video Tutorial

Terkadang, video tutorial di platform seperti YouTube juga menyediakan informasi mengenai seri HP Samsung. Cari video tutorial yang sesuai dengan model HP Samsung yang Anda miliki, dan Anda akan mendapatkan informasi mengenai seri HP Samsung tersebut.

Baca Juga :  cek no hp smartfren sendiri

17. Cek di Buku Petunjuk Penggunaan

Jika Anda masih menyimpan buku petunjuk penggunaan HP Samsung, Anda dapat melihat informasi seri pada bagian spesifikasi yang terdapat di dalam buku tersebut.

18. Cek dengan Menghubungi Layanan Pelanggan

Apabila Anda memiliki kesulitan dalam mengecek seri HP Samsung, Anda dapat menghubungi layanan pelanggan Samsung melalui telepon atau email. Sampaikan keluhan atau pertanyaan Anda mengenai informasi seri HP Samsung, dan mereka akan membantu Anda dengan senang hati.

19. Gunakan Aplikasi Barcode Scanner

Beberapa HP Samsung memiliki stiker barcode yang dapat dipindai menggunakan aplikasi barcode scanner. Unduh aplikasi tersebut melalui Play Store, lalu gunakan aplikasi tersebut untuk memindai barcode pada HP Samsung Anda. Informasi mengenai seri HP Samsung akan ditampilkan setelah pemindaian selesai.

20. Cek dengan Mengunjungi Service Center Samsung

Apabila Anda masih belum berhasil mengecek seri HP Samsung, Anda dapat mengunjungi service center Samsung terdekat. Mereka akan membantu Anda dalam mengecek seri HP Samsung dan memberikan solusi terbaik untuk permasalahan yang Anda hadapi.

Kesimpulan

Itulah 20 langkah mudah dan unik untuk mengecek seri HP Samsung. Dengan mengetahui seri HP Samsung, Anda akan lebih mudah dalam mencari informasi terkait perangkat yang digunakan. Jika Anda memiliki pertanyaan lain seputar HP Samsung atau informasi terkait lainnya, jangan ragu untuk mengunjungi Lintasyogya.com. Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.