LintasYogya | Tutorial Cara Hosting Website dengan Santai dan Unik
Tutorial Cara Hosting Website dengan Santai dan Unik

Tutorial Cara Hosting Website dengan Santai dan Unik

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Bagaimana kabar kalian hari ini? Kali ini kita akan membahas tutorial cara hosting website dengan santai dan unik. Hosting website merupakan proses penting dalam membangun sebuah website, karena tanpa hosting website, website tidak bisa diakses oleh pengunjung. Nah, untuk itu, kita akan membahasnya secara lengkap dan mudah dipahami. Yuk, simak penjelasannya!

Persiapan Sebelum Hosting Website

  1. Pilih Provider Hosting

  2. Langkah pertama adalah memilih provider hosting yang sesuai dengan kebutuhan website kamu. Ada banyak provider hosting yang tersedia di Indonesia, seperti Niagahoster, Hostinger, IDCloudHost, dan sebagainya. Pastikan kamu memilih provider hosting yang memenuhi kriteria seperti kecepatan server, layanan customer support, dan harga yang terjangkau.

  3. Pilih Paket Hosting

  4. Setelah memilih provider hosting, langkah selanjutnya adalah memilih paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan website kamu. Ada beberapa jenis paket hosting yang tersedia, seperti shared hosting, VPS hosting, dan dedicated hosting. Pilih paket hosting yang sesuai dengan kapasitas website kamu dan budget yang dimiliki.

  5. Pilih Domain Name

  6. Domain name merupakan alamat website yang akan digunakan oleh pengunjung. Pilih domain name yang mudah diingat dan mudah diakses oleh pengunjung. Pastikan domain name yang dipilih masih tersedia dan belum digunakan oleh orang lain.

  7. Siapkan Konten Website

  8. Sebelum hosting website, pastikan konten website sudah siap dan lengkap. Hal ini akan memudahkan pengunjung dalam mencari informasi yang dibutuhkan.

  9. Backup Data Website

  10. Sebelum hosting website, pastikan backup data website sudah dilakukan, untuk menghindari kehilangan data jika terjadi masalah pada server hosting.

Langkah-langkah Hosting Website

  1. Login ke cPanel

  2. Setelah memilih provider hosting dan paket hosting, login ke cPanel menggunakan username dan password yang diberikan oleh provider hosting. CPanel adalah tempat untuk mengelola website, seperti membuat email, mengupload file, dan sebagainya.

  3. Pilih Menu ‘Addon Domain’

  4. Pilih menu ‘Addon Domain’ untuk menambahkan domain name yang telah dipilih sebelumnya.

  5. Masukkan Domain Name

  6. Masukkan domain name yang telah dipilih sebelumnya pada kolom yang tersedia. Kemudian, masukkan username dan password untuk mengakses website.

  7. Buat Database

  8. Setelah domain name berhasil ditambahkan, langkah selanjutnya adalah membuat database untuk website. Pilih menu ‘MySQL Database’ pada cPanel, kemudian buat database baru dengan memasukkan nama database dan username.

  9. Upload File Website

  10. Setelah database berhasil dibuat, upload file website yang telah disiapkan. Pilih menu ‘File Manager’ pada cPanel, kemudian upload file website pada folder public_html.

  11. Konfigurasi File Website

  12. Setelah file website berhasil diupload, konfigurasikan file website dengan memasukkan nama database, username, dan password yang telah dibuat sebelumnya.

  13. Test Website

  14. Setelah semua langkah berhasil dilakukan, test website untuk memastikan website bisa diakses dengan baik oleh pengunjung.

Baca Juga :  Cara Menghitung Host Address dengan Santai dan Unik

FAQ

Pertanyaan

Jawaban

Apakah saya bisa hosting website tanpa memilih provider hosting?

Tidak bisa. Provider hosting merupakan tempat untuk menyimpan data website agar bisa diakses oleh pengunjung.

Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk hosting website?

Biaya hosting website tergantung pada paket hosting yang dipilih dan provider hosting yang digunakan. Harga paket hosting mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu per bulan.

Bagaimana cara membuat backup data website?

Untuk membuat backup data website, pilih menu ‘Backup’ pada cPanel, kemudian pilih jenis backup yang diinginkan, seperti backup database atau backup file website.

Apakah saya harus menginstall software tertentu untuk hosting website?

Tidak perlu. Provider hosting sudah menyediakan software yang diperlukan untuk hosting website, seperti MySQL database dan PHP.

Kesimpulan

Itulah tutorial cara hosting website dengan santai dan unik. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan di atas, kamu bisa membangun website dengan mudah dan efisien. Jangan lupa untuk memilih provider hosting yang berkualitas dan harga yang terjangkau, serta backup data website secara berkala untuk menghindari kehilangan data. Selamat mencoba!

Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.

Related video of Tutorial Cara Hosting Website dengan Santai dan Unik