LintasYogya | Sekilas Tentang Cara Mudah Untuk Memeriksa Sinyal TV Digital

Sekilas Tentang Cara Mudah Untuk Memeriksa Sinyal TV Digital

Pemerintah mempunyai rencana dan sudah terlaksana untuk mematikan siaran televisi analog (TV) atau biasa disebut dengan analog switch off (ASO) resmi dimulai meski belum merata karena masih dilakukan secara bertahap.

Kita perlu mempersiapkan diri agar nantinya kita tetap bisa menikmati program-program dari channel favorit kita. Salah satunya dengan membeli STB (set-top box) atau set-top box TV yang mendukung penyiaran digital.

Nah, televisi digital kini sedang gencar dipromosikan untuk mengubah penggunaan televisi analog. Bagi Anda yang ingin beralih dari TV analog ke TV digital, cek terlebih dahulu cara menguji sinyal TV digital menggunakan aplikasi rekomendasi berikut ini. Sebab, tentu saja tidak semua daerah di Indonesia memiliki sinyal yang cukup baik untuk menerima sinyal TV digital. Bahkan jika Anda menggunakan antena khusus, lebih baik untuk memeriksa ulang kekuatan sinyal di lokasi rumah Anda terlebih dahulu.

APK sinyal TV digital diperlukan ketika Anda baru saja menggunakan atau membeli TV STB digital. Sebelumnya, Anda mungkin sudah sering menggunakan TV analog dan terbiasa dengan antena biasa. Sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan sinyal dari acara TV yang sedang mengudara. Termasuk memeriksa atau mengecek ketersediaan saluran TV digital di wilayah Anda. Sinyal TV digital adalah aplikasi resmi.

Jangan lupa untuk menyiapkan antena juga. Meskipun tidak memerlukan model khusus atau berbeda dengan TV analog, perangkat tambahan ini sangat penting karena merupakan penjaga pertama yang akan mencoba menangkap sinyal dari pemancar.

 

LintasYogya | Sekilas Tentang Cara Mudah Untuk Memeriksa Sinyal TV Digital

Perbedaan antara TV digital dan TV analog

Pada TV analog, sinyal akan terus dipancarkan dalam siaran video. Sinyal ini didasarkan pada gelombang saluran dan beroperasi pada frekuensi tertentu. Sedangkan untuk koneksi, dapat menggunakan kabel atau satelit. Kualitas audio dan video akan terus menurun pada TV analog karena sinyal yang dipancarkan dilakukan terus menerus.

Baca Juga :  Cara Download Aplikasi Ubah Foto jadi Foto Sketsa

Sedangkan sinyal televisi digital menggunakan konsep 0 atau 1 bit dalam pengolahan siaran. Sinyal yang dipancarkan disebut sebagai gelombang persegi. Dengan cara ini, kekuatan sinyal TV digital akan lebih akurat daripada sinyal TV analog.

Apakah lebih baik menggunakan TV digital atau STB?

Mungkin sebagian dari Anda masih bingung, apakah lebih baik membeli TV digital baru atau menggunakan STB sebagai alat?

Perlu diketahui bahwa, agar dapat menonton TV digital, pastikan TV yang Anda gunakan memang dapat menangkap sinyal sinyal digital.

Anda dapat memeriksa apakah TV Anda dapat menangkap sinyal digital atau tidak melalui situs web Kominfo.

Jika ternyata TV Anda tidak termasuk dalam daftar, Anda perlu menggunakan alat lain, yaitu STB atau digital box untuk TV yang mendukung DVB-T2 (digital video broadcasting – second-generation terrestrial) dengan standar televisi digital di Indonesia.

Ini menghemat lebih banyak biaya dan membuat TV analog Anda dapat digunakan kembali. Anda juga dapat melihat rekomendasi untuk dekoder TV digital dengan versi harga yang berbeda.

Dengan demikian, menjadi mungkin untuk menguji televisi digital terkait di beberapa daerah menggunakan aplikasi SignalTVDigital. Periksa sinyal di daerah Anda sekarang.

Penerapan pengujian sinyal televisi digital

Aplikasi ini merupakan aplikasi khusus yang dirancang agar pengguna dapat mengecek jangkauan sinyal TV digital di wilayah Indonesia. Diterbitkan oleh Bangunindo namun menyandang label resmi Kominfo.

APK sinyal TV digital ini dapat membantu Anda menentukan lokasi saat ini apakah memiliki sinyal TV digital yang cukup baik atau tidak. Jadi ketika Anda memutuskan untuk membeli antena digital, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengujinya terlebih dahulu menggunakan aplikasi SignalTVdigital.

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Play Store untuk pengguna Android dan di App Store untuk pengguna iOS. Aplikasi ini juga memiliki 43 konten siaran yang dapat dilihat. Aplikasi sinyal TV digital ini diunduh oleh sekitar 500 ribu pengguna dengan hanya memakan ruang penyimpanan 7,8MB.

Baca Juga :  Cara download aplikasi pospay android

Cara menggunakan aplikasi pengujian sinyal TV digital

-Download aplikasi signalTVdigital tergantung pada perangkat

-Buka aplikasi setelah instalasi

-Izinkan aplikasi untuk mengakses lokasi

-Klik tombol Get Started jika ini pertama kalinya

-Biasanya aplikasi akan langsung memindai lokasi kita

-Jika tidak, tekan tombol Scope untuk memindai ulang

-Tekan tombol pemancar untuk melihat saluran yang tiba di lokasi

-Ketuk salah satu saluran lalu klik Lihat Detail MOX jika Anda ingin melihat informasi tentang jangkauan dan kekuatan sinyal

-Klik tombol galeri untuk melihat daftar saluran di wilayah tersebut

Fitur Unggulan APK Sinyal TV Digital

Nah, jika Anda hanya ingin beralih ke televisi digital, Anda benar-benar perlu melihat ulasan dan fitur-fitur berikut.

  1. Periksa jangkauan sinyal

Anda mungkin masih ragu apakah daerah tempat Anda tinggal dapat menerima saluran TV digital atau tidak. Nah, aplikasi ini digunakan untuk memeriksa kekuatan sinyal tergantung pada wilayah Anda. Jadi, Anda akan mengetahui saluran mana yang harus ditonton.

  1. Perkuat sinyal

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dapat meningkatkan sinyal ke TV digital. Sehingga ketika ada gangguan, Anda bisa mengatasinya tanpa mengeluarkan uang lagi.

SignalTVDigital juga akan menampilkan informasi tentang perkiraan jangkauan dan kekuatan sinyal. Jadi, Anda bisa tahu dengan cara mana mengarahkan antena untuk mendapatkan sinyal terkuat.

  1. Saluran TV digital terlengkap

Aplikasi ini memiliki daftar saluran TV terlengkap untuk melihat seberapa kuat distribusinya. Setidaknya ada 43 konten siaran yang bisa kamu dapatkan. Baik itu SCTV, RCTI, TvOne atau siaran TV digital lainnya, Anda bisa mengeceknya sendiri.

  1. Cari saluran TV secara otomatis

Untuk kemudahan penggunaan, ada fitur AutoSearch sehingga Anda dapat mencari saluran yang Anda inginkan. Jadi, jika Anda memiliki saluran favorit dan ingin tahu apakah jangkauannya akan datang ke wilayah Anda, cukup gunakan fitur ini.

Baca Juga :  Aplikasi Desain Baju iOS