LintasYogya | Rekomendasi 7 Aplikasi Belajar Online Untuk SD

Rekomendasi 7 Aplikasi Belajar Online Untuk SD

Tidak terasa tahun ajaran baru baru saja dimulai, anak-anak sekolah dasar akan semakin dekat dengan waktu ujian. Demi persiapan yang matang, tak heran jika saat ini banyak orang tua yang sibuk mencari tempat untuk membimbing anak-anaknya.

Namun, tak jarang bahkan orang tua lebih memilih memberikan fasilitas kepada anak-anaknya untuk belajar online menggunakan aplikasi smartphone. Baik aplikasi mentoring reguler maupun pembelajaran daring, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Bagi anak-anak SD, tentunya saat belajar, perlu dilakukan pendampingan oleh orang tua saat berada di rumah. Untuk memudahkan hal tersebut, orang tua tidak perlu khawatir karena saat ini sudah ada aplikasi belajar SD terbaik yang bisa diunduh melalui Google Play Store.

Aplikasi pembelajaran dasar dapat digunakan untuk membuat suasana belajar lebih menyenangkan. Anak-anak dapat dengan mudah menghafal pelajaran atau rumus matematika karena beberapa aplikasi telah dikembangkan untuk memudahkan anak belajar dan menghafal.

Namun di era yang sepenuhnya digital dan penggunaan internet yang tinggi di kalangan siswa, aplikasi pembelajaran online dapat menjadi alternatif yang bagus. Dengan hanya membuka situs belajar online atau mengunduh aplikasinya di Playstore, anak-anak dapat dengan cepat mempelajari materi yang diinginkan tanpa menunggu waktu pendampingan.

Beberapa aplikasi menyediakan layanan gratis dengan fitur-fitur menarik, lho. Beberapa di antaranya diproduksi khusus oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kamandikbod). Nah daripada penasaran, artikel ini akan membahas sepenuhnya tentang aplikasi pembelajaran dari kelas 1-6 SD atau MI terbaik. Jadi belajar di rumah bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan mudah bagi anak-anak SD dan orang tua yang mendampingi anak-anak untuk belajar. Untuk melakukan ini, silakan lihat artikel lengkap di bawah ini.

1. Aplikasi Pembelajaran Media Belajar Online (MBO)

Baca Juga :  Cara Download Aplikasi Penguat Sinyal Wifi Untuk Android

Media pembelajaran daring (MBO) merupakan aplikasi pembelajaran yang bisa kamu unduh di Google Play Store. Aplikasi ini dibuat untuk membantu guru dan siswa dalam memperoleh buku dan media pembelajaran, bu.

Melalui aplikasi pembelajaran daring ini, guru dan siswa diharapkan dapat memperoleh media pembelajaran berupa video dan buku. Selain itu, aplikasi ini dapat membantu dear learning (e-learning).

2.Aplikasi Pembelajaran Kelas Pintar

LintasYogya | Rekomendasi 7 Aplikasi Belajar Online Untuk SD

Aplikasi Kelas Pintar menyajikan beragam pertanyaan kepada anak-anak sekolah dasar. Selain digunakan untuk pembelajaran sekolah dasar, aplikasi belajar online Kelas Pintar juga dapat digunakan untuk SMP dan SMA terbaik.

Kelas pintar dapat diakses di situs web resmi. Selain fitur berbayar, Kelas Pintar juga menyediakan layanan gratis untuk belajar.

Untuk menerima layanan ini, para ibu dapat mendaftarkan anak-anak sebagai pelajar. Nah, orang tua juga bisa mendaftar di situs ini untuk memantau perkembangan belajar anaknya.

Di Kelas Pintar, terdapat berbagai fitur menarik yang bisa digunakan anak-anak, seperti soal latihan, tanya jawab, dan belajar dengan guru pendamping. Materi pembelajaran juga tersedia dalam berbagai variasi, seperti animasi pelajaran kelas pintar.

3. Aplikasi pembelajaran KelasKita

LintasYogya | Rekomendasi 7 Aplikasi Belajar Online Untuk SD

Aplikasi belajar online selanjutnya adalah KelasKita. Aplikasi belajar online KelasKita menawarkan fitur sosial, di mana anak-anak dapat berinteraksi dengan pengguna lain, sehingga kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan.

Di KelasKita, anak-anak juga dapat memilih pelajaran sesuai dengan minat kita, mulai dari pemrograman, desain grafis, bahasa, agama, dan lain sebagainya. Anak-anak juga bisa memilih kelas mulai dari SD, SMP, SMA, hingga masyarakat umum.

Selain itu, KelasKita juga memiliki fitur menarik lainnya, yaitu fitur kampus (untuk membuat kelompok belajar negeri atau privat), fitur penghasilan tambahan (membuat les privat berbayar), fitur sertifikat (setelah anak berhasil menyelesaikan pelajaran), serta instruktur dan mitra dari beberapa lembaga pendidikan terpercaya.

Baca Juga :  Cara Download Aplikasi Whaff Rewards For Android

4. Aplikasi Belajar Ruang Guru – Kelas Online

LintasYogya | Rekomendasi 7 Aplikasi Belajar Online Untuk SD

Aplikasi belajar online Ruang Guru banyak diperbincangkan akhir-akhir ini meskipun sudah memiliki banyak pengguna, baik siswa SMP maupun SMA. Karena di sini dilengkapi dengan materi dan mentor terbaik.

Ruangguru menyediakan les privat secara online. Aplikasi pembelajaran daring ini juga merupakan aplikasi pembelajaran daring dengan solusi terlengkap untuk mengatasi segala kesulitan belajar bagi anak-anak ibu.

Ruangguru menyediakan konten untuk berbagai jenjang mulai dari SD, SMP, dan SMP sesuai dengan kurikulum nasional dan dirancang khusus oleh guru-guru yang paling berpengalaman.

Dalam aplikasi ini, anak-anak juga dapat melakukan sesi tanya jawab dengan guru secara langsung melalui obrolan atau panggilan video.

Selain itu, banyak juga video pembelajaran untuk mempersiapkan ujian yang bisa disaksikan anak kapan saja.

Dalam aplikasi ini, anak-anak juga ditemani oleh teman-teman virtual yang akan menambah semangat mereka. Sistem pengumpulan poin setiap kali mereka berpartisipasi dalam aktivitas streaming langsung juga membantu anak-anak menimbun koin sehingga nama mereka dapat dimasukkan di papan peringkat mingguan.

5. Aplikasi Pembelajaran PrivatQ

LintasYogya | Rekomendasi 7 Aplikasi Belajar Online Untuk SD

PrivatQ adalah aplikasi belajar online yang juga memungkinkan anak-anak untuk mencari dan memesan layanan tutor pribadi kapan saja, di mana saja.

Dengan menggunakan PrivatQ, anak-anak juga dapat menemukan guru dan mentor yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Guru dan pembimbing juga akan tiba di tempat tersebut dalam waktu yang telah disepakati untuk menemani setiap kegiatan belajar anak.

Guru dan mentor PrivatQ terdiri dari staf pengajar yang terampil dan berpengalaman. Dengan metode pembelajaran yang proaktif dan menyenangkan, PrivatQ siap membantu siswa belajar lebih efektif.

6. Aplikasi Brainly Learning Indonesia

LintasYogya | Rekomendasi 7 Aplikasi Belajar Online Untuk SD

Brainly Indonesia adalah aplikasi belajar online yang paling mudah diakses di situs webnya. Aplikasi pendidikan ini memungkinkan semua orang untuk bertanya dan menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan pelajaran sekolah.

Baca Juga :  Cara Download Aplikasi Tubemate Terbaru Untuk Android

Brainly Indonesia dapat digunakan secara gratis di Android, iOS dan website untuk jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA. Selain itu, aplikasi ini memiliki 25 kategori topik yang dapat diakses anak-anak.

Untuk menikmati manfaat dari aplikasi ini, Anda dapat mendaftar secara gratis dengan alamat email atau akun Facebook.

7. Zenius.net aplikasi pembelajaran

LintasYogya | Rekomendasi 7 Aplikasi Belajar Online Untuk SD

Zenius.net adalah ruang terapan untuk belajar online  yang menekankan sains dan logika.

Zenius percaya bahwa setiap orang harus menerapkan prinsip-prinsip pemikiran ilmiah dan rasional dalam proses pertimbangan, analisis, dan pengambilan keputusan yang penting. Dengan rasional dan selalu berpikir ilmiah, mahasiswa Indonesia akan menjadi manusia yang lebih dewasa dan bertanggung jawab secara pribadi, sosial dan profesional.

Zenius menekankan mata pelajaran matematika dan sains dalam penerapannya. Tetapi, terutama untuk kegiatan PBB, ia memiliki basis data lengkap untuk semua mata pelajaran PBB.

Kini Zenius juga memperkenalkan platform baru bagi orang tua dan anak-anak untuk menjelajahi dunia belajar bersama melalui ZeniusLand, sebuah platform pembelajaran yang dirancang khusus untuk mengembangkan kemampuan dasar dan pemikiran kritis siswa sekolah dasar Indonesia.

Platform ini dapat menjadi pilihan media pembelajaran edukatif untuk meningkatkan kecerdasan kognitif dan emosional anak. Selain itu juga dapat meningkatkan semangat untuk mengeksplorasi dan belajar anak, karena ada karakter animasi yang membuat kegiatan belajar menjadi menyenangkan.

Di sini anak-anak usia SD dapat menguasai mata pelajaran matematika, bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris melalui proses gamifikasi yang menyenangkan, interaktif, dan menyenangkan.