LintasYogya | Prinsip dan Cara Kerja Share Hosting Server/Shared Web Hosting
Prinsip dan Cara Kerja Share Hosting Server/Shared Web Hosting

Prinsip dan Cara Kerja Share Hosting Server/Shared Web Hosting

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai prinsip dan cara kerja share hosting server atau shared web hosting. Jadi, mari kita simak ulasan berikut ini.

Apa itu Share Hosting Server/Shared Web Hosting?

Shared web hosting atau share hosting server adalah tipe hosting yang memungkinkan beberapa website untuk berbagi satu server yang sama. Dalam hal ini, server tersebut akan membagi sumber daya dengan website lain yang terdaftar di server tersebut. Biasanya, jenis hosting ini dipilih oleh pemilik website yang memiliki traffic rendah dan tidak memerlukan sumber daya server yang besar.

Keuntungan dari Share Hosting Server/Shared Web Hosting

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari menggunakan share hosting server atau shared web hosting, yaitu:

  1. Harga yang terjangkau
  2. Biaya yang dikeluarkan untuk menggunakan shared web hosting lebih murah dibandingkan dengan tipe hosting lainnya. Hal ini dikarenakan website yang menggunakan shared web hosting akan berbagi sumber daya server yang sama, sehingga biaya maintenance dan operasional server bisa lebih efisien.

  3. Mudah digunakan
  4. Shared web hosting biasanya dilengkapi dengan fitur-fitur yang mudah digunakan, sehingga cocok untuk pemula yang baru memulai membuat website.

  5. Pengaturan server minimal
  6. Website yang menggunakan shared web hosting tidak perlu melakukan pengaturan server yang rumit, karena hal tersebut sudah diatur oleh penyedia hosting. Hal ini memudahkan pemilik website untuk fokus pada konten dan pengembangan website.

  7. Tingkat dukungan yang baik
  8. Penyedia shared web hosting biasanya menyediakan tingkat dukungan yang baik untuk membantu pemilik website mengatasi masalah teknis yang mungkin terjadi pada website.

Cara Kerja Share Hosting Server/Shared Web Hosting

Untuk menggunakan shared web hosting, pemilik website harus melakukan pendaftaran pada penyedia hosting yang menyediakan tipe hosting ini. Setelah itu, penyedia hosting akan memberikan akses ke server yang digunakan untuk menyimpan website. Pemilik website akan diberikan login dan password untuk mengakses cPanel atau website builder yang disediakan oleh penyedia hosting.

Baca Juga :  Cara Hosting Web di Github

Setelah itu, pemilik website bisa membuat website dengan menggunakan website builder atau mengunggah file website ke server dengan menggunakan FTP. Server yang digunakan akan membagi sumber daya seperti CPU, RAM, dan bandwidth dengan website lain yang terdaftar di server tersebut.

Kelemahan dari Share Hosting Server/Shared Web Hosting

Meskipun memiliki beberapa keuntungan, share hosting server atau shared web hosting juga memiliki beberapa kelemahan, yaitu:

  1. Keterbatasan sumber daya
  2. Karena website yang terdaftar di server tersebut berbagi sumber daya yang sama, maka website yang memiliki traffic dan penggunaan sumber daya yang tinggi dapat mempengaruhi performa website lain yang terdaftar di server tersebut.

  3. Keterbatasan kontrol server
  4. Website yang menggunakan shared web hosting tidak memiliki kontrol penuh terhadap server yang digunakan. Hal ini dapat membatasi kemampuan untuk menginstal software atau melakukan konfigurasi pada server.

  5. Keamanan
  6. Karena website yang terdaftar di server tersebut berbagi sumber daya yang sama, maka kemungkinan terkena serangan hacker atau malware dapat meningkat.

Bagaimana Memilih Shared Web Hosting yang Tepat?

Untuk memilih shared web hosting yang tepat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  1. Kapasitas server
  2. Pilihlah penyedia hosting yang memiliki kapasitas server yang cukup besar untuk menampung website Anda dan website lain yang terdaftar di server tersebut.

  3. Uptime
  4. Uptime atau waktu server yang aktif sangat penting untuk memastikan website Anda selalu dapat diakses oleh pengunjung. Pastikan penyedia hosting memberikan uptime yang tinggi.

  5. Keamanan
  6. Pilihlah penyedia hosting yang memberikan perlindungan keamanan yang baik untuk website Anda, seperti firewall, SSL, dan backup.

  7. Dukungan teknis
  8. Pilihlah penyedia hosting yang memberikan dukungan teknis yang baik dan responsif untuk membantu Anda mengatasi masalah teknis pada website Anda.

Baca Juga :  Berbagai macam jenis jenis hosting

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai share hosting server atau shared web hosting:

  1. Apakah shared web hosting cocok untuk website yang memiliki traffic tinggi?
  2. Tidak, karena website yang memiliki traffic tinggi memerlukan sumber daya server yang besar. Jika menggunakan shared web hosting, performa website dapat terpengaruh karena berbagi sumber daya dengan website lain.

  3. Berapa biaya yang dikeluarkan untuk menggunakan shared web hosting?
  4. Biaya yang dikeluarkan untuk menggunakan shared web hosting bervariasi tergantung dari penyedia hosting yang dipilih dan paket hosting yang digunakan. Namun, secara umum biaya untuk shared web hosting lebih murah dibandingkan dengan tipe hosting lainnya.

  5. Apakah website yang menggunakan shared web hosting dapat diupgrade ke tipe hosting lainnya?
  6. Ya, website yang menggunakan shared web hosting dapat diupgrade ke tipe hosting lainnya jika membutuhkan sumber daya server yang lebih besar.

  7. Apakah website yang menggunakan shared web hosting dapat diakses dari seluruh dunia?
  8. Ya, website yang menggunakan shared web hosting dapat diakses dari seluruh dunia jika terhubung dengan internet.

  9. Apakah website yang menggunakan shared web hosting aman dari serangan hacker atau malware?
  10. Tidak sepenuhnya aman, karena website yang terdaftar di server tersebut berbagi sumber daya yang sama. Namun, penyedia hosting biasanya menyediakan perlindungan keamanan seperti firewall, SSL, dan backup untuk mencegah serangan hacker atau malware.

Kesimpulan

Demikianlah ulasan mengenai prinsip dan cara kerja share hosting server atau shared web hosting. Jika Anda ingin menggunakan shared web hosting, pastikan untuk memilih penyedia hosting yang tepat dan memperhatikan kelebihan dan kelemahan dari tipe hosting ini. Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.

Baca Juga :  Cara Blok File Hosting dengan Mudah dan Santai untuk Sobat Lintasyogya

Related video of Prinsip dan Cara Kerja Share Hosting Server/Shared Web Hosting