Pelajari alasan dan cara menangani laptop HANG

Teknologi

Pelajari alasan dan cara menangani laptop HANG

Pelajari alasan dan cara menangani laptop HANG

Laptop yang tiba-tiba hang, macet atau tidak merespon pasti akan mengganggu Anda ketika melakukan berbagai aktivitas seperti saat Anda perlu belajar atau bekerja.

Agar tidak melanjutkan hal ini terjadi, Anda harus mengetahui beberapa cara untuk mengatasi laptop yang menggantung. Berikut ulasan lengkapnya.

Kemungkinan penyebab laptop macet

Sebelum mengatasi laptop hang, yang terbaik adalah mencari tahu apa yang menyebabkan gangguan pada laptop Anda.

Ada beberapa alasan mengapa laptop mungkin macet, macet, atau berhenti merespons, seperti:

Masalah dengan pengemudi
Driver yang usang atau rusak juga bisa menjadi alasan mengapa laptop sering hang atau freeze. Sebab, driver akan digunakan untuk komunikasi antara hardware dan sistem operasi pada laptop atau komputer.

Misalnya, jika driver video yang diinstal pada sistem laptop tidak diperbarui, laptop mungkin hang ketika mencoba memutar video.

Ada terlalu banyak program yang terbuka
Program apa pun di laptop membutuhkan sumber daya internal dan eksternal agar berfungsi dengan baik. Jika beberapa program berjalan secara bersamaan, PC seluler Anda mungkin tidak memiliki cukup memori atau daya komputasi untuk mendukung semuanya.

Pemanasan super
Overheating memperlambat kerja laptop hingga akhirnya menyebabkan laptop membeku atau macet. Suhu yang cukup tinggi bahkan dapat merusak sirkuit terintegrasi dalam sistem prosesor seluler dan membuatnya tidak dapat digunakan.

Salah satu cara untuk mendeteksi suhu prosesor yang tinggi adalah ketika kipas internal laptop mengeluarkan suara yang tidak normal.

Kehabisan memori
Jika laptop Anda hang dan membeku secara teratur, itu mungkin karena laptop Anda tidak memiliki cukup RAM. Jumlah RAM dapat mempengaruhi kelancaran operasi sistem.

Pengaturan BIOS
Perubahan pengaturan BIOS juga dapat menyebabkan masalah yang menyebabkan sistem pada laptop Anda berubah menjadi beku.

Baca Juga :  cek spek komputer

Masalah dengan perangkat eksternal
Perangkat eksternal seperti mouse, keyboard, kamera USB, dan perangkat lain yang rusak dan terhubung ke sistem dapat menyebabkan laptop Anda hang atau sering mengalami boot acak atau berulang.

Virus di laptop
Virus juga bisa menjadi alasan utama seringnya laptop macet.

Kesalahan perangkat lunak
Perangkat lunak pihak ketiga juga dapat menyebabkan laptop hang atau membeku. Karena beberapa aplikasi mungkin tidak kompatibel atau memerlukan banyak memori untuk dijalankan, jika laptop Anda tidak dapat menangani masalah ini, laptop Anda mungkin hang dan membeku.

File sistem rusak atau hilang
Laptop dengan Windows 10 atau Windows 7 sering macet karena file sistem yang rusak atau hilang.

Cara mengatasi hang laptop

LintasYogya | Pelajari alasan dan cara menangani laptop HANG

Dari penjelasan di atas, kamu bisa memahami bahwa mungkin ada banyak faktor di balik kendala pada laptop kamu, bukan? Agar masalah ini tidak mengganggu Anda lebih jauh, cobalah beberapa cara untuk mengatasi laptop tergantung pada hal di bawah ini.

1. Berikan waktu untuk memproses laptop
Terkadang layar laptop kosong sementara karena laptop mengatasi tugas yang kompleks. Jadi, cobalah untuk menunggu dan memberi laptop beberapa menit untuk ditangani.

2. Akhiri rencana tugas yang tidak merespons
Coba lihat apakah Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan Caps Lock di laptop Anda. Jika bisa, maka pada kenyataannya Windows masih berfungsi, tetapi ada program lain yang mungkin tidak merespons dan menyebabkan laptop hang.

Untuk mengatasi masalah ini, ikuti langkah-langkah berikut:

Tekan Ctrl+Alt+Del untuk membuka Windows Task Manager.
Tinjau program yang tidak merespons dan pilih Akhiri Tugas.

3. Mulai ulang
Jika langkah-langkah di atas tidak membantu, Anda mungkin harus me-restart laptop. Caranya adalah

Tekan dan tahan tombol daya hingga laptop mati.
Setelah mematikan laptop, tunggu beberapa detik, lalu nyalakan kembali dan nyalakan laptop secara normal.

Baca Juga :  Jelaskan cara kerja dedicated hosting server

4. Instal pembaruan terbaru
Jika Anda tidak menginstal pembaruan terbaru secara tepat waktu, PC seluler Anda mungkin tidak berjalan dengan lancar. Itu sebabnya cobalah untuk selalu mengaktifkan Windows resmi dari Microsoft dan mengunduh pembaruan terbaru.

Anda dapat mengonfigurasi pembaruan secara otomatis, atau Anda dapat melakukan hal berikut:

Pada Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1:

LintasYogya | Pelajari alasan dan cara menangani laptop HANG

. Buka Panel Kontrol
. Klik dua kali Opsi Sistem dan Keamanan
. Klik dua kali opsi Pembaruan Windows
. Pembaruan Windows memeriksa pembaruan yang tersedia. Jika demikian, Anda dapat melihat pembaruan mana yang tersedia, lalu menginstal pembaruan penting terlebih dahulu.

Pada Windows 10:

. Buka Pengaturan
. Klik dua kali Pembaruan dan Keamanan
. Klik dua kali Perbarui jendela”
. Klik dua kali untuk memeriksa pembaruan”
. Setelah mengunduh pembaruan perangkat laptop, klik dua kali untuk segera memulai ulang

LintasYogya | Pelajari alasan dan cara menangani laptop HANG
5. Kosongkan ruang di drive C

Jika Anda kehabisan ruang penyimpanan pada drive C di laptop Anda, Windows 10 atau Windows 7 biasanya membeku karena di situlah Anda menyimpan file sistem Anda.

Oleh karena itu, pastikan PC seluler Anda memiliki cukup ruang kosong di drive C. Jika tidak, coba hapus informasi atau program yang tidak penting.

6. Lakukan tes memori

Jika Anda merasa laptop Anda mengalami masalah pembekuan atau pembekuan yang berasal dari memori atau RAM, coba jalankan Diagnostik Memori Windows untuk memeriksa memori Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Tekan jendela dan tombol R

Ketik mdsched .exe di kotak input dan tekan Enter

Pilih Mulai ulang sekarang dan periksa masalah
Setelah itu, Windows akan restart dan Anda akan melihat tampilan layar biru yang menunjukkan proses pemeriksaan memori. Pantau hasil diagnosis di akhir proses.

Baca Juga :  Tentang Google Cloud Hosting Pricing

7. Jalankan Pemeriksa File Sistem

Untuk melihat apakah sistem file hilang atau rusak, Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini di Windows 10 untuk memperbaikinya

. Klik ganda Mulai, lalu ketik cmd di bagian kotak Pencarian
. Klik kanan Prompt Perintah, pilih Jalankan sebagai administrator, lalu klik dua kali Ya
. Ketik sfc /scannow dan tekan Enter
. Windows akan memindai sistem Anda untuk melihat file mana yang rusak dan akan mencoba memperbaikinya.
. Setelah selesai, ketik exit dan tekan Enter

8. Lakukan pemindaian malware

Lakukan pemindaian malware untuk melihat apakah ada virus atau malware yang menyebabkan PC seluler Anda hang atau membeku.

Anda dapat menggunakan perisai antivirus bawaan di Windows 10, atau mencoba alat antimalware lainnya, seperti Malwarebytes.

9. Gunakan permukaan pendingin

Jika Anda menemukan bahwa laptop memanas lebih cepat dan akhirnya hang, coba periksa kipas di laptop Anda. Biasanya, salah satu alasan mengapa laptop terlalu panas adalah debu, menyumbat ventilasi dan menyumbat kipas.

Itu sebabnya salah satu cara untuk mengatasi pemasangan laptop adalah dengan menggunakan permukaan pendingin untuk memberi laptop Anda pendinginan ekstra.

10. Periksa hard drive Anda

Hard drive yang rusak juga dapat menyebabkan kegagalan fungsi dan masalah serupa. Oleh karena itu, lakukan pemindaian kesehatan pada hard drive Anda.

Misalnya, dapatkan model status dengan menjalankan drive disk wmic pada prompt perintah, atau menjalankan alat seperti CrystalDiskInfo untuk Windows dan DriveDx untuk MacOS.

Jika Anda menemukan masalah setelah memeriksa, mungkin inilah saatnya untuk mengganti hard drive di laptop Anda.

Itulah beberapa alasan dan cara mengatasi laptop tergantung dari itu yang bisa anda coba. Jika masih belum memberikan hasil yang signifikan, saatnya untuk membawa laptop Anda ke layanan laptop yang lebih andal.