LintasYogya | Mengenali Fungsi SSD dan 7 Perbedaan Dengan HDD

Mengenali Fungsi SSD dan 7 Perbedaan Dengan HDD

Kemampuan SSD untuk menampilkan kecepatan baca/tulis yang cepat membantu mengurangi latensi dan membuat permintaan dengan cepat, menghasilkan pemuatan situs yang lebih cepat.

Selain itu, keamanan data adalah alasan penting lainnya yang disediakan oleh fitur SSD. Jika HDD rentan terhadap kegagalan mekanis, yang mengakibatkan risiko kehilangan data, SSD lebih tahan terhadap kerusakan fisik, menjadikannya pilihan yang lebih baik untuk perlindungan data.

Selain itu, fungsionalitas SSD dapat meningkatkan kinerja secara keseluruhan karena SSD tidak mengalami fragmentasi data. SSD juga mencakup konsumsi daya yang rendah, memungkinkan bisnis untuk menghemat dan mengurangi daya.

Mengenali Fungsi SSD dan 7 Perbedaan Dengan HDD

3. Permainan
Fitur SSD selanjutnya adalah di ruang gaming. Tidak mengherankan, SSD populer di kalangan penggemar game karena kinerjanya dan sangat cocok untuk bermain game. Fitur SSD sangat mendukung, mulai dari kecepatan hingga daya tahan dan efisiensi energi.

Misalnya, jika Anda menggunakan hard drive, diperlukan waktu hingga 3 menit untuk memuat game dengan spesifikasi tinggi, tetapi dengan SSD, game yang sama akan dimuat dalam waktu kurang dari satu menit.

4. Perjalanan
Kekuatan SSD perjalanan tercermin dalam daya tahan dan bentuk fisiknya. SSD dan hard drive hadir dalam bentuk internal dan eksternal. Namun, SSD lebih tahan lama karena mekanismenya tidak mudah menguap dan tidak memakan banyak ruang dibandingkan dengan HDD eksternal.

Fitur SSD ini bisa digunakan oleh siapa saja yang sering bepergian dan perlu membawa SSD portable, seperti blogger atau vlogger.

Perbedaan antara SSD dan hard disk

LintasYogya | Mengenali Fungsi SSD dan 7 Perbedaan Dengan HDD

Sementara perbedaan antara SSD dan HDD telah dibahas pada poin sebelumnya, poin ini akan menjelaskan perbedaan antara keduanya secara lebih rinci. Anda dapat melihat perbedaan antara SSD dan HDD pada tabel di bawah ini.

Baca Juga :  Cara Mudah Membuat stiker WhatsApp Sendiri Tanpa Menggunakan Aplikasi Apa Pun

Hard drive dan SSD yang dipersingkat

SSD Hard Disk

Kecepatan HDD dan SSD

HDD memiliki latensi yang lebih tinggi, waktu baca/tulis yang lebih lama, dan mendukung lebih sedikit IOPS (operasi output per detik) daripada SSD.
SSD memiliki latensi yang lebih rendah, kecepatan baca/tulis yang lebih cepat, dan dukungan untuk IOPS (operasi output per detik) yang lebih tinggi daripada HDD.

Panas, listrik, dan kebisingan

HDD mengkonsumsi lebih banyak daya untuk memutar baki, menghasilkan panas dan kebisingan.
SSD mengkonsumsi lebih sedikit daya dan tidak menghasilkan panas atau kebisingan.

LintasYogya | Mengenali Fungsi SSD dan 7 Perbedaan Dengan HDD

Defragmentasi

Kinerja hard drive memburuk karena fragmentasi. Oleh karena itu, HDD harus didefragmentasi dari waktu ke waktu.
Performa SSD tidak terpengaruh oleh fragmentasi. Oleh karena itu, defragmentasi tidak diperlukan.

Subassembly
Hard disk drive berisi engsel portabel yang digerakkan motor yang berisi satu atau lebih cakram bundar datar (disebut baki) yang dilapisi dengan lapisan magnetik tipis. Kepala baca/tulis terletak di atas disk, sepenuhnya dibungkus dalam wadah logam.

SSD tidak memiliki bagian yang bergerak karena pada dasarnya adalah chip memori, sirkuit terpadu (IC) yang dihubungkan oleh konektor antarmuka. Tiga komponen dasar SSD adalah controller, cache, dan kapasitor.

berat

Hard drive lebih berat daripada SSD.
SSD lebih ringan dari HDD karena tidak memiliki bagian yang bergerak.

Mencegah getaran

Bagian HDD yang bergerak membuatnya rentan terhadap guncangan dan kerusakan getaran.
SSD dapat menahan getaran hingga 2000 Hz, yang jauh lebih besar dari HDD.

LintasYogya | Mengenali Fungsi SSD dan 7 Perbedaan Dengan HDD

Itulah yang dikatakan SSD, apa yang mereka lakukan, apa yang mereka lakukan, perbedaan antara SSD dan HDD. Tidak ada keraguan bahwa pasar SSD sedang booming karena meningkatnya permintaan untuk perusahaan dan layanan hosting web. Namun, mengingat kapasitas penyimpanan HDD yang besar, tidak jelas apakah SSD akan menggantikan HDD dengan biaya yang wajar.

Baca Juga :  Apakah Jenis Layanan hHosting Yang Cocok Untuk Pemula

SELAIN ARTIKEL MEDIA EKERUT INI, ANDA MASIH BISA MENDAPATKAN INFORMASI YANG BERMANFAAT DAN BERBAGAI TIPS MELALUI YOUTUBE RESMI EKRT. Nah, jika kamu ingin mengembangkan karir dan mendapatkan pekerjaan baru, kamu hanya perlu melamar EKRUT sekali dan mendapatkan lebih dari satu undangan wawancara dari berbagai perusahaan ternama!