LintasYogya | Lihat Hal Penting Saat Upgrade PC Sesuai Kebutuhan kalian

Lihat Hal Penting Saat Upgrade PC Sesuai Kebutuhan kalian

LintasYogya.com

LintasYogya | Lihat Hal Penting Saat Upgrade PC Sesuai Kebutuhan kalian

Upgrade PC adalah salah satu hal seru dan menghibur yang dilakukan gamer PC. Tidak hanya kepuasan membeli perangkat komputer, tetapi efek peningkatan banyak komponen komputer dapat secara signifikan meningkatkan kinerja melakukan beberapa aktivitas berat, termasuk bermain game berat.

Namun, meningkatkan elemen komputer dengan memutakhirkan tidak boleh sembarangan. Ini melibatkan kompatibilitas dengan kompatibilitas, kemampuan daya, dan banyak komponen lain yang tidak dapat saling bertentangan. Di antara mereka, ada banyak hal penting yang perlu dipertimbangkan ketika Anda memutuskan untuk memutakhirkan komputer Anda. Berikut adalah beberapa hal yang bermasalah.

Sesuaikan jenis motherboard

LintasYogya | Lihat Hal Penting Saat Upgrade PC Sesuai Kebutuhan kalian

Motherboard di komputer pribadi adalah komponen utama yang menampung komponen kecil seperti prosesor, RAM, VGA, penyimpanan, sistem pendingin, dan banyak lagi. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui jenis motherboard yang ingin Anda gunakan sebagai langkah untuk meng-upgrade komputer Anda. Misalnya, motherboard H61 dengan slot DDR3 1155 hanya dapat digunakan dengan komponen yang mendukung spesifikasi ini.

Misalnya, hanya dapat diintegrasikan ke dalam prosesor Intel Core i3, i5 dan i7 generasi kedua dan ketiga. Selain itu, RAM yang harus dihubungkan ke motherboard harus dari jenis yang sama. Jika RAM yang Anda ganti adalah DDR4, tipe motherboard juga harus DDR4.

Perhatikan memori dan kipas pendingin

Lihat Hal Penting Saat Upgrade PC Sesuai Kebutuhan kalian

Selain itu, saat mengupgrade komputer, komponen RAM dan kipas pendingin juga harus disesuaikan dengan jenis motherboard. Dalam kasus RAM, sebelumnya dijelaskan bahwa itu harus sesuai dengan jenis motherboard, tetapi outlet pada motherboard juga merupakan masalah penting. Apalagi jika motherboard bekas tersebut menawarkan dua slot RAM untuk menambah jenis RAM hingga 16GB. Format hingga 2 x 8GB dapat digunakan untuk produksi.

Baca Juga :  Jenis jenis layanan hosting

Selain itu, pastikan format chip RAM terikat atau kapasitas dua buah RAM adalah 16GB, lalu gunakan dua bagian RAM dengan kapasitas 8GB. Selain itu, RAM yang dapat membantu aktivitas komputer berjalan dengan lancar juga harus dilengkapi dengan kipas pendingin dalam jumlah besar. Ini membantu komponen di komputer agar tidak mudah kepanasan. Diantaranya, aliran udara yang masuk dan keluar adalah tempat yang ideal untuk menghilangkan panas.

Pertama pilih prosesor atau kartu grafis?

LintasYogya | Lihat Hal Penting Saat Upgrade PC Sesuai Kebutuhan kalian

Pada dasarnya, prosesor dan kartu video atau VGA memainkan peran penting dalam memutakhirkan komputer. Jika Anda perlu memilih salah satu, pahami terlebih dahulu kebutuhan dan kondisi PC Anda sebelum Anda dapat memilihnya. Misalnya, prosesor Intel Core i3, i5, dan i7 generasi ke-3 mampu menjalankan program dan game terbaru.

Jika anggaran benar-benar terbatas, maka meningkatkan VGA mungkin merupakan pilihan yang masuk akal, seperti yang telah disebutkan, jenis prosesor yang cukup digunakan. Selain itu, kualitas VGA yang sudah digunakan adalah di low end dan di level board, sehingga lebih penting lagi kartu video menjadi pilihan utama. Pastikan juga jenis VGA sesuai dengan performa komputer yang anda miliki, tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Driver dan pembaruan perangkat lunak

LintasYogya | Lihat Hal Penting Saat Upgrade PC Sesuai Kebutuhan kalian

Setelah menginstal beberapa komponen utama dalam peningkatan komputer, jangan lupa untuk memeriksa dan memperbarui perangkat lunak. Sistem operasi yang digunakan sebisa mungkin disesuaikan dengan performa hardware sehingga dapat berjalan dengan sebaik-baiknya. Sedangkan untuk Windows sendiri, Windows 11 merupakan sistem operasi terbaru dari Microsoft, namun kamu tetap bisa menggunakan Windows 10 karena performanya yang masih baik untuk menjalankan berbagai aktivitas dengan lancar.

Mulailah dengan memainkan game resolusi tinggi dengan lancar, mengedit video dengan program kelas berat, dan banyak lagi.

Baca Juga :  Penjelasan Google Web Hosting

Kekuatan yang sama pentingnya

LintasYogya | Lihat Hal Penting Saat Upgrade PC Sesuai Kebutuhan kalian

Hal terakhir yang harus diperhatikan saat memutakhirkan komputer juga catu daya. Catu daya itu sendiri menjadi perangkat yang memasok daya ke banyak komponen komputer. Perangkat ini adalah gerbang awal di mana daya mengalir masuk dan disuplai ke banyak komponen lainnya.

Catu daya yang dimaksud dapat mempengaruhi integritas komponen lain dari komputer. Saat memilih catu daya, Anda perlu menyesuaikannya dengan komponen lain yang ditingkatkan, karena peningkatan komputer tidak diragukan lagi meningkatkan daya.

Banyak dari hal penting ini dapat menjadi salah satu pertimbangan Anda saat memutakhirkan PC yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Apalagi dengan upgrade PC, game, dan aktivitas berat lainnya bisa berjalan lebih lancar tanpa gangguan. Namun, jika Anda adalah tipikal orang yang tidak ingin repot mengupgrade komputer Anda, Anda dapat memilih laptop gaming dengan spesifikasi tinggi.

Selain itu, laptop gaming online bisa kamu dapatkan menggunakan Eraspace. Banyak merek laptop gaming ternama memiliki banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda. Cukup mengunjungi situs resmi Eraspace atau mengunduh aplikasinya di ponsel cerdas Anda. Temukan PC gaming impian Anda dengan mudah melalui Eraspace sekarang.