LintasYogya | kode cek layar hp
kode cek layar hp

kode cek layar hp

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Apakah kamu pernah mengalami masalah dengan layar smartphonemu? Layar menjadi salah satu komponen terpenting dalam perangkat mobile, dan ketika mengalami kerusakan atau masalah, hal ini dapat sangat mengganggu penggunaan sehari-hari. Untungnya, ada beberapa kode cek layar HP yang bisa kamu gunakan untuk memeriksa kondisi layar smartphonemu dengan mudah dan cepat. Simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut!

1. Kode *#0*#

Kode *#0*# merupakan kode yang dapat digunakan untuk memeriksa berbagai fungsi pada layar smartphone. Ketika kamu memasukkan kode ini pada dialer, ponselmu akan membuka menu uji coba yang mencakup berbagai opsi, termasuk penguji layar sentuh, penguji warna, dan penguji sensor.

1.1 Penguji Layar Sentuh

Pada menu penguji layar sentuh, kamu dapat memeriksa apakah layar sentuh smartphonemu berfungsi dengan baik. Coba sentuh setiap bagian layar dan perhatikan apakah responsnya cepat dan akurat. Jika terdapat masalah, seperti ketidakresponsifan atau ketidakakuratan, kamu mungkin perlu membawa ponselmu ke pusat layanan untuk diperbaiki.

1.2 Penguji Warna

Pada menu penguji warna, kamu dapat memeriksa keberagaman warna dan tingkat kecerahan layar smartphonemu. Pastikan bahwa semua warna ditampilkan dengan jelas dan tidak ada warna yang terdistorsi atau pudar. Jika ada masalah dengan tampilan warna, kamu dapat mencoba mengatur ulang pengaturan tampilan pada ponselmu atau memeriksanya ke pusat layanan.

1.3 Penguji Sensor

Pada menu penguji sensor, kamu dapat memeriksa apakah semua sensor pada smartphone berfungsi dengan baik. Misalnya, kamu dapat menguji sensor cahaya dengan menutupi layar dengan tanganmu dan melihat apakah tingkat kecerahan layar berubah secara otomatis. Jika sensor tidak bekerja, kamu mungkin perlu membawa ponselmu ke pusat layanan untuk diperbaiki.

2. Kode *#7353#

Kode *#7353# merupakan kode yang dapat digunakan untuk mengakses menu uji coba pada smartphone Samsung. Dalam menu ini, terdapat berbagai opsi untuk memeriksa fungsi-fungsi pada ponsel, termasuk layar.

2.1 Penguji Layar

Pada menu penguji layar, kamu dapat menguji berbagai aspek layar, seperti sentuhan, warna, dan piksel yang rusak. Kamu dapat mengikuti instruksi yang diberikan pada layar untuk melakukan pengujian. Jika ada masalah yang terdeteksi, kamu dapat mencoba mengatur ulang pengaturan layar atau membawa ponselmu ke pusat layanan Samsung terdekat.

3. Kode *#*#2664#*#*

Kode *#*#2664#*#* dapat digunakan untuk memeriksa layar sentuh pada smartphone Android. Ketika kamu memasukkan kode ini pada dialer, ponselmu akan otomatis melakukan tes sentuhan pada layar.

3.1 Penguji Sentuhan

Pada menu penguji sentuhan, kamu akan melihat pola kotak yang bergerak di sekitar layar. Tugasmu adalah menyentuh kotak-kotak tersebut sesuai dengan urutan yang muncul. Jika semua kotak dapat diindikasikan dengan benar dan responsnya cepat, maka layar sentuh smartphonemu berfungsi dengan baik. Jika ada masalah, kamu perlu memeriksanya ke pusat layanan terdekat.

Baca Juga :  cara cek kerusakan hp oppo

4. Kode *#*#0*#*#*

Kode *#*#0*#*#* adalah kode yang dapat digunakan pada smartphone Android untuk mengakses menu uji coba. Pada menu ini, kamu dapat memeriksa berbagai fungsi pada ponselmu, termasuk layar.

4.1 Penguji LCD

Pada menu penguji LCD, kamu dapat memverifikasi apakah layar smartphonemu memiliki piksel yang rusak atau tidak. Layar akan menampilkan serangkaian warna secara berurutan, dan kamu perlu memeriksa apakah ada piksel yang tidak berfungsi dengan baik atau terlihat berbeda dari warna sekitarnya. Jika ada piksel rusak, kamu perlu membawa ponselmu ke pusat layanan untuk diperbaiki.

4.2 Penguji Sentuh

Pada menu penguji sentuh, kamu dapat menguji responsivitas layar sentuh smartphonemu. Misalnya, kamu dapat mencoba membuat gambar melingkar pada layar dengan jari, dan layar harus merespons dengan menggambar garis melingkar yang sesuai. Jika responsnya tidak sesuai, ada kemungkinan ada masalah dengan layar sentuhmu.

5. Kode *#06#

Kode *#06# adalah kode yang dapat digunakan untuk memeriksa IMEI (International Mobile Equipment Identity) pada smartphone. IMEI adalah nomor unik yang digunakan untuk mengidentifikasi setiap perangkat mobile. Namun, kode ini tidak secara spesifik untuk memeriksa layar, tetapi dapat digunakan untuk memastikan keaslian atau keabsahan smartphonemu.

5.1 Memeriksa Keaslian Smartphone

Dengan memeriksa IMEI smartphone, kamu dapat memastikan keaslian atau keabsahan perangkatmu. Kamu dapat membandingkan nomor IMEI yang ditampilkan dengan nomor IMEI yang tertera pada kemasan atau faktur pembelian smartphone. Jika terdapat perbedaan atau nomor IMEI tidak terdaftar, itu mungkin menunjukkan bahwa smartphonemu palsu atau ilegal.

6. Kode *#*#4636#*#*

Kode *#*#4636#*#* adalah kode yang dapat digunakan untuk mengakses informasi tentang ponselmu, termasuk informasi tentang layar.

6.1 Informasi Layar

Pada menu informasi layar, kamu dapat melihat berbagai detail tentang layar smartphonemu, seperti resolusi, densitas piksel, dan kecepatan pembaruan. Informasi ini dapat berguna jika kamu ingin membandingkan spesifikasi layar dengan ponsel lain atau jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut tentang layar smartphonemu.

7. Kode *#*#1472365#*#*

Kode *#*#1472365#*#* adalah kode yang dapat digunakan untuk mengakses menu uji coba pada ponsel Android. Menu ini berisi berbagai opsi untuk memeriksa kondisi ponsel, termasuk layar.

Baca Juga :  kode dial cek hp samsung

7.1 Penguji Layar

Pada menu penguji layar, kamu dapat memeriksa fungsi-fungsi layar, seperti sentuhan, warna, dan tingkat kecerahan. Kamu dapat mengikuti instruksi yang diberikan pada layar untuk melakukan pengujian. Jika terdapat masalah yang terdeteksi, kamu dapat mencoba mengatur ulang pengaturan layar atau membawa ponselmu ke pusat layanan terdekat.

8. Kode *#*#0*#*#*

Kode *#*#0*#*#* adalah kode yang dapat digunakan untuk mengakses menu pengujian pada perangkat Android. Dalam menu ini, terdapat berbagai opsi pengujian, termasuk layar.

8.1 Penguji Layar LCD

Pada menu penguji layar LCD, kamu dapat memeriksa berbagai aspek layar, seperti warna, sentuhan, dan piksel yang rusak. Kamu dapat mengikuti instruksi yang diberikan pada layar untuk melakukan pengujian. Jika terdapat masalah yang terdeteksi, kamu dapat mencoba mengatur ulang pengaturan layar atau membawa ponselmu ke pusat layanan terdekat.

9. Kode *#*#0588#*#*

Kode *#*#0588#*#* adalah kode yang dapat digunakan untuk menguji sensor layar pada ponsel Android. Ketika kamu memasukkan kode ini pada dialer, ponselmu akan membuka menu pengujian sensor.

9.1 Penguji Sensor Layar

Pada menu penguji sensor layar, kamu dapat menguji berbagai sensor pada layar smartphone, seperti sensor cahaya, sensor kelembaban, dan sensor proximity. Kamu dapat mengikuti instruksi yang diberikan pada layar untuk melakukan pengujian. Jika terdapat masalah yang terdeteksi, kamu dapat mencoba mengatur ulang pengaturan sensor atau membawa ponselmu ke pusat layanan terdekat.

10. Kode *#*#34971539#*#*

Kode *#*#34971539#*#* adalah kode yang dapat digunakan untuk memeriksa kamera pada ponsel Android. Kode ini akan membuka menu pengujian kamera, termasuk pengujian kamera depan dan belakang.

10.1 Penguji Kamera

Pada menu penguji kamera, kamu dapat menguji berbagai fungsi pada kamera smartphonemu, seperti fokus, flash, dan kualitas gambar. Kamu dapat mengikuti instruksi yang diberikan pada layar untuk melakukan pengujian. Jika terdapat masalah yang terdeteksi, kamu dapat mencoba mengatur ulang pengaturan kamera atau membawa ponselmu ke pusat layanan terdekat.

10.2 Penguji Kamera Depan

Pada menu penguji kamera depan, kamu dapat menguji fungsi kamera selfie pada ponselmu. Kamu dapat mengambil foto atau merekam video menggunakan kamera depan, dan memeriksa apakah hasilnya baik dan tidak ada masalah. Jika ada masalah, kamu perlu memeriksanya ke pusat layanan terdekat.

10.3 Penguji Kamera Belakang

Pada menu penguji kamera belakang, kamu dapat menguji fungsi kamera utama pada ponselmu. Kamu dapat mengambil foto atau merekam video menggunakan kamera belakang, dan memeriksa apakah hasilnya baik dan tidak ada masalah. Jika ada masalah, kamu perlu memeriksanya ke pusat layanan terdekat.

Baca Juga :  cek lokasi dengan no hp

11. Kode *#*#2663#*#*

Kode *#*#2663#*#* adalah kode yang dapat digunakan untuk memeriksa versi firmware pada ponsel Android. Ketika kamu memasukkan kode ini pada dialer, ponselmu akan menampilkan versi firmware yang terpasang.

11.1 Memeriksa Versi Firmware

Dengan memeriksa versi firmware, kamu dapat memastikan bahwa ponselmu menggunakan versi firmware yang terbaru. Jika terdapat pembaruan firmware yang tersedia, kamu dapat mengunduh dan menginstalnya untuk memperbaiki masalah yang mungkin ada pada sistem operasi atau perangkat lunak ponselmu.

12. Kode *#*#4636#*#*

Kode *#*#4636#*#* adalah kode yang dapat digunakan untuk mengakses menu informasi dan pengujian pada ponsel Android. Dalam menu ini, kamu dapat melihat informasi tentang ponselmu, termasuk informasi tentang layar.

12.1 Informasi Layar

Pada menu informasi layar, kamu dapat melihat berbagai detail tentang layar smartphonemu, seperti ukuran, resolusi, dan tingkat kecerahan. Informasi ini dapat berguna jika kamu ingin membandingkan spesifikasi layar dengan ponsel lain atau jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut tentang layar smartphonemu.

13. Kode *#*#1472365#*#*

Kode *#*#1472365#*#* adalah kode yang dapat digunakan untuk mengakses menu pengujian pada ponsel Android. Dalam menu ini, terdapat berbagai opsi untuk memeriksa kondisi ponsel, termasuk layar.

13.1 Penguji Layar

Pada menu penguji layar, kamu dapat memeriksa fungsi-fungsi layar, seperti sentuhan, warna, dan tingkat kecerahan. Kamu dapat mengikuti instruksi yang diberikan pada layar untuk melakukan pengujian. Jika terdapat masalah yang terdeteksi, kamu dapat mencoba mengatur ulang pengaturan layar atau membawa ponselmu ke pusat layanan terdekat.

14. Kode *#*#0*#*#*

Kode *#*#0*#*#* adalah kode yang dapat digunakan untuk mengakses menu pengujian pada ponsel Android. Dalam menu ini, terdapat berbagai opsi pengujian, termasuk layar.

14.1 Penguji Layar LCD

Pada menu penguji layar LCD, kamu dapat memeriksa berbagai aspek layar, seperti warna, sentuhan, dan piksel yang rusak. Kamu dapat mengikuti instruksi yang diberikan pada layar untuk melakukan pengujian. Jika terdapat masalah yang terdeteksi, kamu dapat mencoba mengatur ulang pengaturan layar atau membawa ponselmu ke pusat layanan terdekat.

15. Kode *#*#0588#*#*

Kode *#*#0588#*#* adalah kode yang dapat digunakan untuk menguji sensor layar pada ponsel Android. Ketika kamu memasukkan kode ini pada dialer, ponselmu akan membuka menu pengujian sensor.

15.1 Penguji Sensor Layar

Pada menu penguji sensor layar, kamu dapat menguji berbagai sensor pada layar smartphone, seperti sensor cah