LintasYogya | inilah beberapa Perbedaan Samsung Galaxy A04s, Galaxy A04S dan Galaxy A04E

inilah beberapa Perbedaan Samsung Galaxy A04s, Galaxy A04S dan Galaxy A04E

LintasYogya.com

Pada September dan Oktober 2022, Samsung resmi merilis seri A04, yang terdiri dari Samsung Galaxy A04s, dan A04E. Ketiga smartphone ini dirilis sebagai pewaris seri sebelumnya, seri Samsung Galaxy A03, yang dirilis pada 2021.

Seri Samsung Galaxy A04 memang harus membahas perbedaannya, dan bukan hanya karena perbedaan harga. Namun, ini juga karena ketiga ponsel ditujukan untuk segmen yang sama. Selain itu, spesifikasi sederhana dari keempat ponsel ini bervariasi, tetapi meskipun harganya kurang dari 2 juta, mereka penuh dengan inovasi.

Yang pasti, pembahasan pada artikel kali ini akan menjawab pertanyaan apa perbedaan Samsung Galaxy A04s, A04S, dan A04E. Lihat spesifikasi ketiga ponsel di bawah ini sebagai pernyataan pembuka.

1. Desain yang hampir mirip, model kamera yang berbeda

LintasYogya | inilah beberapa Perbedaan Samsung Galaxy A04s, Galaxy A04S dan Galaxy A04E

Samsung telah memperkenalkan desain yang lebih segar khas seri Galaxy A di ponsel ini. Perubahan yang paling kentara tentu saja pada bodi belakang, dan desain kamera kini lebih terinspirasi dari seri Galaxy S tanpa mod. Oleh karena itu, desain bodinya terlihat sederhana, namun meski dijual dengan harga murah, tetap memberikan kesan elegan.

Keempat seri Samsung Galaxy A04 masih menggunakan plastik polycarbonate dengan finishing matte. Hal ini membuat bodi belakang mudah terkena bekas sidik jari dan sedikit licin. Bagian belakang ponsel terlihat sederhana, tanpa tekstur dan hanya logo Samsung.

Perbedaan antara keempatnya hanya ada di bagian kamera.
pada samsung A04 menggunakan 2 buah camera dan pada samsung A04s menggunakan 3 buah camera

Untuk bagian depan, Samsung masih menggunakan model kamera depan jenis lama, yaitu model Infinity-V atau Waterdrop. Anda benar-benar tidak dapat berharap banyak dalam hal ini, karena ponsel ini dijual seharga 1 juta.

Untuk penggunaan sehari-hari, keempat smartphone ini dicadangkan dalam ukuran yang tepat. Galaxy A04 series berukuran 164,4 x 76,3 x 9,1 mm dan berat 192 gram. Untuk seri Galaxy A04s berukuran 164,7 x 76,7 x 9,1 mm dan berat 195 gram. Seri Galaxy A04e kemudian berukuran 164,2 x 75,9 x 9,1 mm dan berat 188 gram.

Ukurannya khas ponsel entry-level lainnya, sedikit tebal dan tidak terlalu besar, sehingga sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari meski terasa berat.

Untuk sistem keamanan, Samsung kini menggabungkan sensor sidik jari dengan tombol daya samping. Tombol daya ini diposisikan dengan sempurna sehingga Anda dapat menghidupkan dan mengunci ponsel Anda dengan cepat dan mudah.

2. Layar lebar dengan perubahan minimal

LintasYogya | inilah beberapa Perbedaan Samsung Galaxy A04s, Galaxy A04S dan Galaxy A04E

Sebagai ponsel entry-level, Anda benar-benar tidak akan mendapatkan layar dengan panel AMOLED di seri A ini. Meski begitu, Samsung tetap menghadirkan layar besar, dengan resolusi 6,5 inci HD+ pada keempat ponsel seri A tersebut.

Untuk panel, keempatnya menggunakan panel LCD PLS, yang merupakan panel LCD IPS versi Samsung. Meski tidak menggunakan panel AMOLED, layar ini tetap terasa nyaman dalam browsing dan bermain game sehari-hari.

Layarnya juga terlihat lebih lebar karena bezelnya mungkin tipis ke kiri, kanan, dan atas. Agak disayangkan bezel bagian bawah masih terlihat tebal. Namun, hal ini tidak mengurangi kesan mewah ponsel ini.

Selain itu, untuk menambah kesan layar yang lebih besar, Samsung telah mengadopsi desain kamera depan waterdrop pada keempat ponsel tersebut. Desain ini memang sedikit di bagian belakang, namun tetap sesuai dengan harga ponsel yang sangat murah.

Baca Juga :  cara cek alamat ip hp

Samsung telah menambahkan kecerahan layar 400 nits ke seluruh seri Samsung Galaxy A04. Dengan kecerahan seperti itu, layar HP Samsung masih nyaman digunakan baik di dalam maupun di luar ruangan. Namun, di hari yang panas, layar ini masih belum terlalu jernih di bawah sinar matahari.

Perbedaan antara layar Samsung Galaxy A04 series sebenarnya adalah refresh rate layar. Berbeda dengan seri A60 lainnya dengan refresh rate 04 Hz, layar Samsung Galaxy A04s sudah mendukung refresh rate 90 Hz. Hasilnya, layar juga dapat menampilkan tampilan yang lebih halus saat scrolling, lebih responsif terhadap gameplay, dan lebih imersif saat streaming.

3. Meditech vs Axinos

inilah beberapa Perbedaan Samsung Galaxy A04s, Galaxy A04S dan Galaxy A04E

Terlepas dari kenyataan bahwa ini hanya produk entry-level, Samsung tidak terburu-buru untuk meluncurkan chipset di empat seri A04 ini. Bahkan, Samsung mengandalkan dua chipset berbeda, yakni MediaTek Helio P35 untuk versi Galaxy A04s, Exynos 850 untuk versi Galaxy A04s, dan MediaTek Helio G35 untuk versi A04e.

Samsung Galaxy A04 menggunakan chipset MediaTek Helio P35. Chipset ini masih sama dengan chipset murah lainnya yang dibuat menggunakan 12 nm.

Chipset ini memiliki prosesor Cortex A53 4-core 2,3 GHz untuk meningkatkan performa dan 4-core 1,8 GHz Cortex A53 untuk penghematan daya. Untuk pemrosesan grafis, SoC menggunakan prosesor grafis PowerVR GE8320.

Untuk konfigurasi memori, Samsung menawarkan pilihan antara RAM 3 GB dan memori penyimpanan 32 GB atau RAM 4 GB dan memori penyimpanan 64 GB. Menariknya, ada fitur di RAM Plus yang menambahkan 4 GB RAM virtual.

Dalam pembahasan mengenai kinerja ponsel, menurut jagatreview di AnTuTu 8, ponsel tersebut memiliki skor 106.452. Untuk kursus HP tingkat pemula, nilai terasa normal. Tes berikutnya adalah pada kemampuan prosesor GeekBench 5. Hasilnya mengesankan, dengan skor HP single-core mencapai 167, sedangkan Multi-core membuntuti 888.

..

Di luar jalur dapur seri lainnya, Samsung Galaxy A04s versi menggunakan chipset Exynos 850. Penggunaan chipset ini dirancang untuk memberikan pengalaman navigasi yang lebih cepat dan lebih baik.

Chipset Exynos 850 terdiri dari empat inti Cortex A55 2.0 GHz dan empat inti Cortex A55 2.0 GHz.

Menariknya, Samsung mengklaim bahwa chipset tersebut menawarkan efisiensi daya yang lebih baik. Performa juga lebih baik. Rasanya lebih cepat dan lancar bahkan saat membuka aplikasi yang berbeda. Ini karena fitur RAM Plus dan kemampuan untuk menambahkan 6 GB RAM virtual.

Sekarang saatnya berbicara tentang kinerja ponsel, dimulai dengan beberapa tolok ukur komprehensif yang disusun oleh JagatReview.

Pada AnTuTu 8, Samsung Galaxy A04s ini mencetak skor 131.503. Nilai di kelas HP di entry level cukup tinggi. Tes berikutnya adalah pada kemampuan prosesor GeekBench 5. Hasilnya mengesankan, dengan skor single-core HP ini mencapai 178 dan multi-core mencapai 1087.

Coba lihat dapur selanjutnya di runway, ada Samsung Galaxy A04e yang menggunakan chipset MediaTek Helio G35. Prosesor octa-core yang tertanam dalam chipset ini: 4-core Cortex A53 pada 2,3 GHz untuk kinerja, dan 1,8 GHz quad-core Cortex A53 untuk penghematan energi. Untuk pengolahan grafis, MediaTek SoC ini menggunakan prosesor grafis PowerVR GE8320.

Baca Juga :  cek e money di hp

Dalam seri ini, UFS memiliki memori penyimpanan 3,1 32, 64 atau 128 GB dan RAM LPDDR4X 3 atau 4 GB. Dari data yang sudah dijelaskan, jelas bahwa Samsung Galaxy A04s melampaui kinerja tiga seri A lainnya.

4. Konfigurasi kamera belakang yang berbeda

LintasYogya | inilah beberapa Perbedaan Samsung Galaxy A04s, Galaxy A04S dan Galaxy A04E

Konfigurasi kamera yang digunakan oleh keempat ponsel Samsung tersebut sangat berbeda. Samsung Galaxy A04s hadir dengan tiga kamera belakang, sedangkan Samsung Galaxy A04 series dan Samsung Galaxy A04e hanya menggunakan dua kamera belakang. Jangan lupa bahwa hanya satu kamera belakang yang dipasang pada Samsung Galaxy A04e.

Dalam membahas konfigurasi kamera secara detail, kamera pada Samsung Galaxy A04s, masih menyerupai Samsung Galaxy A03s. Smartphone ini masih memiliki kamera utama. Ini termasuk kamera kedalaman 2 MP f/2.4, kamera makro 2 MP f/2.4 dan kamera selfie 5 MP f/2.2. Hal ini agak mengecewakan karena masih banyak pengguna yang membutuhkan kamera ultra-wide sebagai pengganti kamera makro.

Selain itu, baik Samsung Galaxy A04 dan A04e menggunakan kamera belakang ganda. Perbedaannya ada pada kamera utama. Jika seri A04 menggunakan kamera utama 50 MP f/1.8 dengan autofocus. Sementara seri A04e menggunakan kamera utama 13 MP f/2.2 dengan autofocus. Untuk kamera kedua, keduanya menggunakan kamera bokeh 2 megapiksel f/2.4.

Samsung juga hadir dengan banyak inovasi dan peningkatan sensor, sehingga foto dan video di ponsel Android murah ini akan lebih cerah dan lebih detail dalam kondisi yang berbeda.

Menariknya, kamera depan ini cocok bagi Anda untuk lebih mengekspresikan diri dengan selfie. Anda juga bisa membuat konten video dengan kualitas gambar yang jernih agar lebih menonjol di media sosial.

Sedangkan untuk perekaman video, resolusi 1080p 30 fps adalah resolusi puncak yang dapat dihasilkan.
resolusi seperti ini dapat di jangkau dengan kamera depan dan belakang
Sayangnya, untuk perekaman video di malam hari, ponsel ini masih cukup standar dalam hal hasil.

Lantas bagaimana dengan hasil gambarnya? Dari data di atas, Samsung Galaxy A04s dan A04S memiliki kamera utama yang lebih baik. Namun, untuk hasil yang lebih detail dan jelas, Samsung A04s lebih baik berkat chipset Exynos yang digunakan.

Menurut Jagatreview, hasil dari kamera depan Samsung A04 terasa natural dibandingkan dengan kamera utama. Namun, kamera depan memiliki sudut pandang yang sempit. Untuk hasil kamera terbaik, Anda memerlukan pencahayaan yang tepat.

Sementara itu, menurut kamera Afik, hasil kamera utama Samsung A04s dinilai cocok dari segi detail dan kecerahan warna.

5. Antarmuka inti OneUI yang berbeda

Untuk sistem operasi, keempat ponsel sudah menggunakan inti antarmuka pengguna, tetapi versinya berbeda. Sistem ini berbasis Android 12 dan memiliki banyak fitur yang memudahkan pengguna dalam melakukan aktivitas. Memilih sistem ini memastikan kinerja HP yang lebih cepat dan lebih sedikit lag.

Baca Juga :  kode cek hp realme

Samsung Galaxy A04, A04S dan A04e sudah menggunakan One UI Core versi 4.1.

Di inti One UI ini, Anda dapat menginstal aplikasi duplikat seperti WhatsApp, yang dapat mengedit tampilan sesuai dengan warna wallpaper untuk fungsi diagnostik perangkat keras.

One UI Core adalah sistem operasi Samsung yang dirancang khusus untuk ponsel entry-level atau mid-level Samsung. Akibatnya, akan ada beberapa fitur One UI yang tidak akan Anda temukan di satu inti UI. Namun, dari segi penampilan dan fungsi, tidak banyak perbedaan. Menariknya, Samsung berjanji akan menyediakan hingga 4 pembaruan sistem di masa mendatang.

6. Konektivitas

Keempat ponsel tersebut mendukung jenis koneksi yang serupa. Jaringan seluler 4G, Bluetooth 5.2, dan NFC sudah didukung. Namun, keempat ponsel dapat mendukung generasi WiFi yang sedikit berbeda.

Samsung Galaxy A04 dan A04s mendukung hingga WiFi 5, sedangkan Samsung Galaxy A04e hanya dapat menangkap sinyal WiFi 2.4 GHz.

7. Pengisian cepat 15W vs 10W

Seri Samsung Galaxy A04 hadir dengan baterai besar yang sama dengan kapasitas 5000 mAh. Ternyata baterainya cukup membuat ponsel menyala dari pagi hingga malam, apalagi ponsel ini hanya menggunakan layar HD+.

Bedanya, Samsung hanya menerapkan teknologi fast charging 10W standar di Samsung Galaxy A04 dan A04e. Namun, Samsung mengklaim bahwa Anda hanya perlu mengisi baterai ponsel ini sekali sehari. Ini karena Samsung telah membawa AI manajemen daya.

Sementara itu, Samsung Galaxy A04s dibekali teknologi fast charging 15W. Ponsel Samsung ini memiliki built-in charger dan waktu pengisian sekitar 1 jam 43 menit. Isi daya dengan kecepatan ini untuk mengisi penuh baterai yang habis.

8. Harga dan Ketersediaan

Saat resmi dirilis ke Indonesia, Samsung Galaxy A04s hadir dengan versi RAM berkapasitas 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB. Ada juga fitur RAM Plus hingga 4 GB, yang memungkinkan total kapasitas RAM 8 GB. Pasalnya, Rp 2.099.000.

Yang pertama adalah versi RAM 3 GB dengan penyimpanan 3 GB, tersedia secara eksklusif online mulai 19 Oktober 2022, dengan harga RR eceran Rp 1.499.000. Kedua, ada versi 4 GB dengan penyimpanan 64 GB seharga Rs 1,799,000. Versi ini akan tersedia secara online dan offline mulai 21 Oktober 2022.

Pada saat artikel ini ditulis, Samsung Galaxy A04e belum merilis harga resmi di Indonesia. Namun, melihat laman resmi Samsung, tidak menutup kemungkinan smartphone ini sudah resmi tersedia di Indonesia. Harga ponsel ini mungkin kurang dari Rp 2 juta.

akibat
Ketiga ponsel ini tampaknya mampu bersaing di level mereka. Keduanya terjangkau, dan spesifikasi kamera serta kapasitas baterai kedua smartphone cukup besar dibandingkan dengan smartphone lain dengan harga yang sama.

Namun, Samsung Galaxy A04s adalah smartphone yang mengungguli dua seri lainnya. Smartphone ini lebih berat karena memiliki lebih banyak fitur, terutama di bidang kamera dan fast charging.

Namun, jika Anda memiliki dana terbatas, Samsung Galaxy A04 dan Samsung Galaxy A04e bisa menjadi pilihan menarik. Jadi manakah dari ketiganya yang ingin Anda lakukan?