LintasYogya | Ganti CPU Laptop Dalam 7 Langkah

Ganti CPU Laptop Dalam 7 Langkah

Perkiraan waktu: 60 menit; Tingkat kesulitan: Sulit

Apakah Anda memiliki prosesor lama dan lambat di laptop Anda? Merobek dan memasukkan yang baru dapat secara signifikan meningkatkan kecepatan. Misalnya, meningkatkan dari 1, 66 GHz ke 2 GHz Core 2 Duo Duo T7200 meningkatkan skor WorldBench laptop 6 dari 57 menjadi 68. Tetapi peningkatan ini tidak sesederhana kebanyakan peningkatan laptop kami yang lain.

Pastikan CPU yang Anda beli berfungsi dengan laptop Anda. Bahkan, beberapa laptop memiliki prosesor solder yang tidak dapat dipertukarkan.

Jika prosesor dapat diupgrade, Anda harus menemukan pengganti yang kompatibel. Seperti halnya peningkatan kartu grafis laptop, cara terbaik adalah melihat prosesor mana yang dijual laptop dengan laptop selama masa manfaatnya dengan mencari di Google “[model laptop Anda] CPU”. Kami membeli Intel T7200 2 GHz dari pengecer online khusus (kami tidak dapat menemukan vendor laptop yang menjual prosesor baru kepada kami).

LintasYogya | Ganti CPU Laptop Dalam 7 Langkah

Sebelum Anda mencoba menyalakan PC Anda, pastikan untuk memeriksa manual servis untuk laptop Anda (yang dapat Anda unduh dari halaman dukungan pabrikan). Selain itu, saat menangani komponen internal apa pun, pastikan untuk melindungi perangkat keras Anda dari kemungkinan pelepasan muatan listrik statis dengan mengenakan tali pergelangan tangan antistatik.

Langkah 1: Perbarui BIOS

Sebelum melepas sekrup pertama, penting untuk memutakhirkan BIOS ke versi terbaru. Produsen sering memperbarui BIOS untuk mengaktifkan dukungan untuk prosesor yang lebih baru. Jika Anda meningkatkan ke chip yang lebih baru dari yang diizinkan BIOS, laptop tidak akan boot sama sekali. Periksa bagian dukungan situs web produsen untuk pembaruan BIOS untuk laptop Anda.

Proses upgrade prosesor biasanya hampir sama dengan upgrade graphics board. Untuk Inspiron E1505, prosesor terletak langsung di bawah dudukan kartu video, sehingga instruksi penghapusan untuk bagian ini persis sama dengan bagian ini.

Baca Juga :  cek spek komputer

Langkah 2: Hapus Semua Penutup

Laptop bervariasi dalam desain, tetapi proses peningkatan biasanya dimulai dengan melepas penutup engsel: mengobrak-abrik semua penutup engsel plastik dan menariknya keluar dari kasing. Hindari menggunakan terlalu banyak tenaga, karena menarik terlalu keras dapat merusak bagian plastik.

LintasYogya | Ganti CPU Laptop Dalam 7 Langkah

Langkah 3: Putuskan Sambungan Keyboard

Lepaskan keyboard dengan melepas sekrup di bawah penutup engsel yang mengencangkan keyboard, mengangkat keyboard, lalu mencabut konektor. Pada beberapa laptop, kait sederhana memungkinkan Anda untuk menghapus keyboard tanpa membuka apa pun.

(Catatan: dalam pekerjaan seperti itu, penting untuk melacak asal setiap sekrup.) Cara yang baik untuk menjaga semuanya tetap rapi adalah dengan menggunakan cangkir kertas untuk memperbaiki sekrup – satu untuk setiap tahap pembongkaran – dan tandai masing-masing dengan jelas.

Langkah 4: Hapus Elemen Tampilan

Lepaskan rakitan monitor (seluruh perangkat layar) dengan melepas sekrup di bagian bawah dan belakang laptop dan lepaskan kabel video dan antena Wi-Fi seperti yang ditunjukkan.Setelah itu, tarik drive optik; Ini biasanya berarti menekan kait di bagian bawah laptop dan menggeser drive ke samping.

Langkah 5: Hapus shell

Lepaskan casing atas dengan melepas sekrup yang menahan casing dari bagian bawah komputer. Saat mengangkat kasing dari kasing, pastikan tidak ada sasis yang dipasang di bagian bawah kasing atau pada motherboard. Jika rasanya Anda perlu mendorong dengan keras, mungkin sekrupnya masih terpasang, atau klipnya belum dipoles. Sebelum melanjutkan, kembali dan periksa kembali manual layanan Anda untuk mengidentifikasi sekrup tersembunyi yang mungkin tidak Anda temukan.

Langkah 6: Lepaskan Kartu Grafis

Sekarang kita telah sampai pada bagian peningkatan yang pada dasarnya melibatkan penumpangan tangan untuk menempatkan komponen sistem penting, jadi pastikan Anda mengenakan gelang anti-statis yang diarde dengan baik sebelum melanjutkan. Tentunya, Anda harus berhati-hati saat menangani komponen apa pun yang Anda sentuh. Di laptop kami, langkah-langkah sebelumnya memberi kami akses ke komponen kartu video, yang kami lepaskan dengan melepaskan dua sekrup. Prosesor terletak di bawah kartu.

Baca Juga :  2 Cara mengatur ulang Windows 10 tanpa kehilangan data

Langkah 7: Lepaskan Heatsink

Ketika kartu video dikecualikan, kami melepas empat sekrup lagi untuk mematikan heatsink dan mengekspos prosesor itu sendiri, diamankan di soketnya dengan satu sekrup pengunci.

LintasYogya | Ganti CPU Laptop Dalam 7 Langkah

Langkah 8: Ganti CPU

Putar sekrup pengunci soket CPU berlawanan arah jarum jam hingga berhenti, lalu angkat CPU lurus ke atas dan ke luar laptop. Masukkan prosesor baru, tetapi jangan mendorongnya (jika tampaknya perlu untuk mendorongnya, itu tidak selaras dengan benar). Putar sekrup searah jarum jam untuk menguncinya. CATATAN: Beberapa sistem menggunakan tuas pengunci alih-alih sekrup.