LintasYogya | Cara Upload XAMPP ke Hosting dengan Mudah
Cara Upload XAMPP ke Hosting dengan Mudah

Cara Upload XAMPP ke Hosting dengan Mudah

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Kali ini kita akan membahas tentang cara upload XAMPP ke hosting. XAMPP merupakan sebuah software yang digunakan untuk membuat sebuah website pada komputer lokal. Sedangkan hosting merupakan layanan penyimpanan data online yang digunakan untuk menyimpan website agar bisa diakses dari mana saja. Nah, jika kamu sudah membuat website di XAMPP dan ingin menguploadnya ke hosting, artikel ini akan memberikan panduan lengkap untuk kamu. Yuk, simak!

Persiapan yang Perlu Dilakukan

  1. Mempersiapkan file website
  2. Pertama-tama, pastikan kamu sudah mempersiapkan file website yang ingin diupload ke hosting. File tersebut berupa folder yang berisi file HTML, CSS, JavaScript, dan gambar-gambar yang dibutuhkan. Setelah itu, kamu bisa mengkompresnya menjadi file ZIP untuk memudahkan proses upload.

  3. Mendapatkan akses ke hosting
  4. Untuk dapat mengupload website ke hosting, kamu harus memiliki akses ke akun hosting terlebih dahulu. Jika kamu belum memiliki akun hosting, kamu bisa mencarinya di internet dan melakukan pendaftaran. Setelah itu, kamu akan mendapatkan akses FTP untuk mengupload website.

  5. Mengunduh software FTP
  6. Software FTP (File Transfer Protocol) digunakan untuk mengupload file dari komputer lokal ke hosting. Kamu bisa mengunduh software FTP seperti FileZilla atau WinSCP untuk memudahkan proses upload.

Cara Upload XAMPP ke Hosting

  1. Membuka software FTP
  2. Setelah kamu mengunduh software FTP, buka software tersebut dan masukkan informasi akses FTP yang kamu dapatkan dari hosting. Informasi tersebut berisi alamat server, username, dan password.

  3. Masuk ke dalam folder hosting
  4. Setelah kamu berhasil masuk ke software FTP, kamu akan melihat tampilan folder hosting di dalam software tersebut. Kamu bisa masuk ke dalam folder hosting dengan mengklik folder tersebut.

  5. Upload file website
  6. Setelah masuk ke dalam folder hosting, kamu bisa mengupload file website dari komputer lokal ke hosting dengan cara men-drag and drop file ZIP website ke dalam folder hosting di software FTP. Setelah selesai, kamu bisa mengekstrak file ZIP tersebut di dalam folder hosting.

  7. Import database website
  8. Jika website yang kamu upload menggunakan database, kamu juga harus mengimport database tersebut ke dalam hosting. Kamu bisa melakukan hal ini dengan cara membuat database baru di hosting dan mengimport file SQL database dari XAMPP ke dalam database tersebut menggunakan software phpMyAdmin.

  9. Uji coba website
  10. Setelah semua file dan database berhasil diupload ke hosting, kamu bisa mencoba mengakses website tersebut melalui browser. Jika website dapat diakses dengan baik, berarti proses upload XAMPP ke hosting sudah berhasil dilakukan.

Baca Juga :  Cara Upload Tugas di Google Drive dengan Santai dan Mudah

FAQ (Frequently Asked Questions)

No Pertanyaan Jawaban
1 Apakah XAMPP bisa digunakan sebagai hosting? Tidak, XAMPP hanya digunakan untuk membuat website pada komputer lokal. Untuk dapat mengakses website dari mana saja, kamu harus mengupload website tersebut ke hosting.
2 Apakah harus menggunakan software FTP untuk mengupload file ke hosting? Ya, software FTP dibutuhkan untuk mengupload file dari komputer lokal ke hosting dengan cepat dan mudah.
3 Bagaimana cara mengimport database website ke hosting? Kamu bisa membuat database baru di hosting dan mengimport file SQL database dari XAMPP ke dalam database tersebut menggunakan software phpMyAdmin.

Kesimpulan

Itulah cara upload XAMPP ke hosting dengan mudah. Dengan mengikuti panduan di atas, kamu bisa mengupload website dari XAMPP ke hosting dengan cepat dan mudah. Jangan lupa untuk mempersiapkan file website, mendapatkan akses ke hosting, dan mengunduh software FTP untuk memudahkan proses upload. Selamat mencoba!

Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.

Related video of Cara Upload XAMPP ke Hosting dengan Mudah