LintasYogya | Cara Upload Web Localhost ke Hosting
Cara Upload Web Localhost ke Hosting

Cara Upload Web Localhost ke Hosting

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana caranya mengupload web localhost ke hosting. Mungkin kamu sudah paham betul tentang apa itu localhost dan hosting, namun demikian, kami akan jelaskan sedikit tentang keduanya agar lebih jelas.

Apa itu Localhost?

Localhost adalah sebuah istilah yang biasa digunakan dalam dunia pemrograman dan pengembangan website. Localhost ini merupakan sebuah server web yang dijalankan pada komputer lokal. Jadi, dengan localhost kita bisa membuat website secara lokal dan dapat diakses melalui browser.

Apa itu Hosting?

Hosting atau web hosting adalah sebuah layanan yang menyediakan ruang server untuk menyimpan file-file website. Dengan hosting, website yang kita buat dapat diakses melalui internet dengan mudah. Ada banyak layanan hosting yang tersedia, seperti shared hosting, VPS, dan dedicated server.

Kenapa Harus Mengupload Web Localhost ke Hosting?

Ada beberapa alasan mengapa kita harus mengupload web localhost ke hosting, di antaranya:

  1. Agar website kita dapat diakses oleh orang lain melalui internet.
  2. Agar website kita lebih cepat dan stabil.
  3. Agar website kita lebih aman dan terhindar dari serangan hacker.

Langkah-langkah Mengupload Web Localhost ke Hosting

Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengupload web localhost ke hosting:

1. Persiapkan File yang Akan Diupload

Persiapkan semua file yang menjadi bagian dari website, termasuk file HTML, CSS, JavaScript, dan gambar. Pastikan semua file sudah berada dalam satu folder yang sama.

2. Siapkan Akun Hosting

Jika kamu belum memiliki akun hosting, maka kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Pilihlah layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhan website kamu dan lakukan pendaftaran. Setelah itu, kamu akan mendapatkan informasi mengenai akun hosting yang baru saja kamu buat.

Baca Juga :  Cara Upload Story IG HD dengan Mudah dan Cepat

3. Upload File ke Hosting

Setelah memiliki akun hosting, kamu harus mengupload semua file website ke dalam server hosting. Ada beberapa cara untuk mengupload file, di antaranya melalui FTP atau file manager yang disediakan oleh penyedia hosting. Pilihlah cara yang paling mudah dan nyaman untuk kamu.

4. Konfigurasi Database

Jika website kamu menggunakan database, maka kamu harus membuat database terlebih dahulu di dalam akun hosting. Setelah itu, kamu harus mengubah konfigurasi database pada file website agar dapat terhubung dengan database yang sudah dibuat.

5. Test Website

Setelah semua file sudah diupload dan konfigurasi sudah diatur, maka kamu dapat mencoba mengakses website di browser. Pastikan semua halaman website dapat diakses dengan baik dan tidak terjadi error.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering muncul terkait dengan mengupload web localhost ke hosting:

1. Apakah harus mengupload semua file website ke hosting?

Ya, semua file website harus diupload ke dalam server hosting agar website dapat berjalan dengan baik.

2. Apa yang harus dilakukan jika website tidak dapat diakses setelah diupload ke hosting?

Periksa kembali konfigurasi database dan pastikan semua file sudah diupload dengan benar. Jika masih tidak dapat diakses, coba hubungi tim support dari penyedia hosting.

3. Apakah ada cara lain untuk mengupload website ke hosting selain melalui FTP?

Ya, ada beberapa penyedia hosting yang menyediakan file manager yang dapat digunakan untuk mengupload file. Selain itu, ada juga beberapa layanan cloud hosting yang dapat digunakan untuk mengupload website.

4. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengupload website ke hosting?

Waktu yang dibutuhkan tergantung pada ukuran file website dan kecepatan koneksi internet. Namun demikian, biasanya tidak memakan waktu terlalu lama.

Baca Juga :  Elastic Hosting

5. Apakah harus mengubah konfigurasi website setelah diupload ke hosting?

Ya, kamu harus mengubah konfigurasi website agar dapat terhubung dengan server hosting dan database yang sudah dibuat.

6. Apakah ada risiko kehilangan data saat mengupload website ke hosting?

Tidak, asalkan kamu mengupload semua file website dengan benar dan tidak melakukan kesalahan saat mengubah konfigurasi website.

Kesimpulan

Sekian artikel tentang cara mengupload web localhost ke hosting. Mengupload website ke hosting memang membutuhkan sedikit usaha, namun demikian, hal ini sangat penting agar website kita dapat diakses oleh orang lain dan lebih cepat serta aman. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam mengupload website ke hosting. Terimakasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya dari Lintasyogya.com.

Related video of Cara Upload Web Localhost ke Hosting