LintasYogya | Cara Upload Web ke Hosting 000webhost untuk Pemula
Cara Upload Web ke Hosting 000webhost untuk Pemula

Cara Upload Web ke Hosting 000webhost untuk Pemula

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Apakah kamu sedang mencari hosting gratis untuk website-mu? Jika iya, kamu bisa mencoba 000webhost. Hosting ini menawarkan berbagai fitur gratis seperti domain gratis, SSL gratis, dan lain-lain. Namun, jika kamu baru pertama kali menggunakan hosting, kamu mungkin merasa sedikit kebingungan tentang cara upload web ke hosting 000webhost. Tenang saja, karena dalam artikel ini, kita akan membahasnya secara detail dan mudah dipahami.

Persiapan Awal

  1. Daftar akun hosting di 000webhost
  2. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mendaftarkan akun hosting di 000webhost. Kamu bisa masuk ke situs 000webhost.com dan klik tombol “Daftar”. Kemudian, isi formulir pendaftaran dan klik “Daftar Sekarang”.

  3. Pilih jenis hosting yang sesuai
  4. Setelah mendaftar, kamu akan melihat pilihan untuk memilih jenis hosting. Ada dua jenis hosting yang bisa kamu pilih, yaitu “Free” dan “Premium”. Jika kamu ingin mencoba hosting gratis, pilih opsi “Free”.

  5. Siapkan file website
  6. Sebelum mengupload website ke hosting, pastikan kamu sudah menyiapkan file website yang akan diupload. File website bisa berupa file HTML, CSS, JavaScript, dan file-file pendukung lainnya.

  7. Siapkan FTP client
  8. FTP client adalah software yang digunakan untuk menghubungkan website-mu dengan hosting. Kamu bisa menggunakan FTP client seperti FileZilla atau Cyberduck.

Upload Web ke Hosting dengan FTP

  1. Unduh FTP client
  2. Unduh FTP client seperti FileZilla atau Cyberduck, lalu instal di komputer-mu.

  3. Hubungkan FTP client dengan hosting
  4. Buka FTP client, lalu masukkan informasi login hosting-mu seperti alamat FTP, username, dan password. Informasi ini bisa kamu dapatkan di akun hosting-mu.

  5. Upload file website
  6. Setelah terhubung dengan hosting, kamu bisa mengupload file website dengan men-drag dan drop file-file tersebut ke dalam folder hosting-mu.

  7. Verifikasi website
  8. Setelah selesai mengupload, kamu perlu memverifikasi website-mu dengan mengakses alamat website-mu di browser. Jika website-mu sudah terlihat, maka kamu berhasil mengupload website ke hosting.

Baca Juga :  Cek Versi PHP di Hosting dengan Mudah

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah hosting 000webhost gratis? Ya, hosting 000webhost menawarkan layanan gratis dan premium.
Apakah ada batasan untuk hosting gratis? Ya, hosting gratis memiliki batasan ruang disk, bandwidth, dan fitur lainnya.
Bagaimana cara menghubungkan website dengan hosting? Kamu bisa menggunakan FTP client seperti FileZilla atau Cyberduck untuk menghubungkan website-mu dengan hosting.
Bagaimana cara memverifikasi website setelah diupload? Kamu bisa memverifikasi website dengan mengakses alamat website-mu di browser.
Apakah ada risiko menggunakan hosting gratis? Tergantung pada hosting-mu. Namun, umumnya hosting gratis memiliki risiko keamanan dan keterbatasan fitur.

Kesimpulan

Upload web ke hosting 000webhost sebenarnya mudah dan bisa dilakukan dalam beberapa langkah saja. Namun, kamu perlu mempersiapkan file website, login informasi hosting, dan memverifikasi website setelah diupload. Jika kamu mengalami kesulitan, kamu bisa menghubungi dukungan pelanggan hosting-mu untuk meminta bantuan.

Terima kasih telah mengikuti informasi terbaru dari Lintasyogya.com. Sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya!

Related video of Cara Upload Web ke Hosting 000webhost untuk Pemula