LintasYogya | Cara Upload Sebuah Website ke Hosting Web Server
Cara Upload Sebuah Website ke Hosting Web Server

Cara Upload Sebuah Website ke Hosting Web Server

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara upload sebuah website ke hosting web server. Proses ini memang bisa terasa sedikit rumit bagi pemula, namun dengan panduan yang tepat, kamu akan dapat melakukannya dengan mudah.

Persiapan Sebelum Upload

  1. Pilih Hosting Provider dan Domain Name
  2. Sebelum memulai proses upload, kamu harus memilih hosting provider dan domain name terlebih dahulu. Ada banyak pilihan hosting provider yang tersedia di internet, seperti Hostinger, GoDaddy, Bluehost, dan masih banyak lagi. Kamu juga harus memilih domain name yang sesuai dengan website yang ingin kamu upload.

  3. Siapkan File Website
  4. Sebelum memulai proses upload, pastikan kamu telah menyiapkan file website yang ingin kamu upload. File website ini biasanya berupa file HTML, CSS, dan JavaScript. Kamu juga bisa menggunakan CMS seperti WordPress jika ingin membuat website dengan lebih mudah.

  5. Siapkan FTP Client
  6. Untuk melakukan proses upload, kamu akan membutuhkan FTP client. FTP client berguna untuk menghubungkan komputer kamu dengan server hosting. Beberapa FTP client yang populer adalah FileZilla, Cyberduck, dan WinSCP.

Cara Upload Website ke Hosting Web Server

  1. Hubungkan Komputer dengan Server Hosting
  2. Pertama-tama, kamu harus menghubungkan komputer kamu dengan server hosting. Untuk melakukan hal ini, kamu harus membuka FTP client dan memasukkan informasi login FTP yang diberikan oleh hosting provider kamu.

  3. Buat Folder untuk Website
  4. Setelah berhasil terhubung dengan server hosting, buatlah folder baru untuk website kamu di dalam direktori root. Biasanya, direktori root terletak di folder public_html atau www.

  5. Upload File Website
  6. Setelah berhasil membuat folder baru, kamu bisa langsung melakukan proses upload file website kamu ke dalam folder tersebut. Kamu bisa menggunakan fitur drag and drop di FTP client untuk memudahkan proses upload.

  7. Periksa Website di Browser
  8. Setelah proses upload selesai, periksalah website kamu di browser untuk memastikan bahwa website telah terupload dengan benar. Jika website telah muncul di browser, maka proses upload telah berhasil dilakukan.

Baca Juga :  Cara Upload Excel ke Google Drive dengan Mudah

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah saya bisa upload website tanpa menggunakan FTP client? Ya, kamu bisa menggunakan fitur file manager yang disediakan oleh hosting provider untuk melakukan proses upload. Namun, menggunakan FTP client biasanya lebih mudah dan efisien.
Apakah saya bisa upload file website dalam format selain HTML, CSS, dan JavaScript? Ya, kamu bisa mengupload file website dalam berbagai format, seperti PHP, ASP, dan lain-lain. Namun, pastikan hosting provider kamu mendukung format tersebut.
Apakah saya bisa membuat website tanpa menggunakan CMS seperti WordPress? Tentu saja. Kamu bisa membuat website menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript tanpa menggunakan CMS. Namun, menggunakan CMS seperti WordPress bisa memudahkan proses pembuatan website.

Kesimpulan

Demikianlah cara upload sebuah website ke hosting web server. Dengan panduan yang tepat, kamu bisa melakukannya dengan mudah. Pastikan kamu memilih hosting provider dan domain name yang tepat, serta menyiapkan file website dan FTP client sebelum memulai proses upload. Jangan lupa juga untuk memeriksa website kamu di browser setelah proses upload selesai dilakukan. Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.

Related video of Cara Upload Sebuah Website ke Hosting Web Server