LintasYogya | Cara Upload Laravel ke Hosting Niagahoster dengan Mudah
Cara Upload Laravel ke Hosting Niagahoster dengan Mudah

Cara Upload Laravel ke Hosting Niagahoster dengan Mudah

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Bagi kamu yang sedang mencari cara upload Laravel ke hosting Niagahoster, kamu berada di tempat yang tepat. Pada artikel kali ini, kami akan membahas langkah-langkah untuk meng-upload Laravel ke Niagahoster dengan mudah dan praktis. Simak baik-baik ya!

1. Persiapan Sebelum Upload

  1. Memiliki akun hosting Niagahoster
  2. Memiliki aplikasi Laravel yang sudah di-develop
  3. FTP client seperti FileZilla atau software sejenisnya
  4. Informasi login FTP yang diberikan oleh Niagahoster
  5. Akses ke cPanel hosting

Sebelum melakukan upload, pastikan kamu sudah memenuhi persyaratan di atas ya.

2. Memilih Direktori Hosting

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih direktori hosting di mana kamu ingin meng-upload aplikasi Laravel. Untuk memudahkan akses nantinya, disarankan untuk membuat direktori baru khusus untuk aplikasi Laravel kamu.

Setelah itu, kamu dapat mengakses FTP client dan memasukkan informasi login FTP yang diberikan oleh Niagahoster untuk mengakses server hosting.

3. Meng-upload Aplikasi Laravel ke Hosting

Setelah berhasil masuk ke server hosting, langkah selanjutnya adalah meng-upload aplikasi Laravel kamu ke direktori hosting yang sudah dipilih sebelumnya. Kamu dapat melakukan drag and drop file aplikasi Laravel dari komputer kamu ke direktori hosting di FTP client.

Pastikan semua file dan folder dari aplikasi Laravel kamu berhasil di-upload ke server hosting.

4. Konfigurasi Database

Setelah aplikasi Laravel berhasil di-upload ke server hosting, kamu perlu melakukan konfigurasi database agar aplikasi dapat terhubung dengan database di server.

Untuk melakukan konfigurasi database, kamu dapat mengakses cPanel hosting dan masuk ke bagian “MySQL Databases”. Di sini, kamu dapat membuat database baru dan user baru untuk aplikasi Laravel kamu.

Setelah database dan user baru berhasil dibuat, kamu perlu mengisi informasi database dengan benar pada file “.env” di aplikasi Laravel kamu. Pastikan konfigurasi database sudah benar agar aplikasi dapat berjalan dengan lancar.

Baca Juga :  Cara Upload TikTok Foto Slide

5. Menjalankan Aplikasi Laravel

Setelah semua konfigurasi selesai dilakukan, kamu dapat menjalankan aplikasi Laravel kamu dengan mengakses URL aplikasi di browser kamu.

Apabila aplikasi berjalan dengan lancar, berarti kamu berhasil meng-upload aplikasi Laravel ke hosting Niagahoster dengan sukses.

FAQ

1. Apakah saya harus membayar tambahan untuk meng-upload aplikasi Laravel ke hosting Niagahoster?

Tidak, kamu tidak perlu membayar tambahan untuk meng-upload aplikasi Laravel ke hosting Niagahoster. Semua fitur hosting Niagahoster dapat digunakan untuk meng-hosting aplikasi Laravel.

2. Apakah saya perlu memiliki pengetahuan khusus untuk meng-upload aplikasi Laravel ke hosting Niagahoster?

Iya, kamu perlu memiliki pengetahuan dasar tentang penggunaan FTP client dan konfigurasi database untuk dapat meng-upload aplikasi Laravel ke hosting Niagahoster. Namun, tutorial ini akan membantu kamu untuk memahami langkah-langkahnya dengan mudah.

3. Apakah aplikasi Laravel dapat di-hosting di Niagahoster?

Iya, aplikasi Laravel dapat di-hosting di Niagahoster. Niagahoster menyediakan hosting yang mendukung bahasa pemrograman PHP dan MySQL, sehingga kamu dapat meng-hosting aplikasi yang dibuat dengan bahasa pemrograman tersebut.

4. Apakah saya dapat meng-upload aplikasi Laravel ke hosting Niagahoster dengan versi PHP yang berbeda?

Iya, kamu dapat meng-upload aplikasi Laravel ke hosting Niagahoster dengan versi PHP yang berbeda. Namun, pastikan aplikasi Laravel kamu dapat berjalan di versi PHP yang telah disediakan oleh Niagahoster.

5. Bagaimana jika terjadi masalah saat meng-upload aplikasi Laravel ke hosting Niagahoster?

Jika terjadi masalah saat meng-upload aplikasi Laravel ke hosting Niagahoster, kamu dapat menghubungi tim support Niagahoster untuk mendapatkan bantuan.

Kesimpulan

Itulah langkah-langkah untuk meng-upload aplikasi Laravel ke hosting Niagahoster dengan mudah. Pastikan kamu memenuhi persyaratan sebelum meng-upload dan melakukan konfigurasi database dengan benar agar aplikasi dapat berjalan dengan lancar. Jika masih terdapat kendala, jangan ragu untuk menghubungi tim support Niagahoster untuk mendapatkan bantuan. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa di artikel atau info menarik lainnya di Lintasyogya.com.

Baca Juga :  Cara Hosting Laravel 9 untuk Sobat Lintasyogya

Related video of Cara Upload Laravel ke Hosting Niagahoster dengan Mudah