LintasYogya | Cara Upload KTP Prakerja Lewat Galeri
Cara Upload KTP Prakerja Lewat Galeri

Cara Upload KTP Prakerja Lewat Galeri

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Prakerja adalah program bantuan dari pemerintah untuk masyarakat yang ingin meningkatkan keterampilan dan mendapatkan peluang kerja baru. Salah satu syarat untuk mendaftar program Prakerja adalah dengan mengunggah KTP. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara mengunggah KTP Prakerja lewat galeri. Oleh karena itu, pada artikel kali ini, kami akan memberikan panduan lengkap bagaimana cara mengunggah KTP Prakerja lewat galeri. Yuk, simak pembahasannya!

Persiapkan KTP dan Smartphone Anda

Persiapan utama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan KTP dan Smartphone yang akan digunakan. Pastikan KTP sudah tersedia dan dalam keadaan baik, serta Smartphone sudah terhubung dengan jaringan internet. Selain itu, pastikan aplikasi galeri pada Smartphone sudah terinstall dan berfungsi dengan baik.

Buka Aplikasi Galeri

Langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi galeri pada Smartphone. Aplikasi galeri biasanya sudah tersedia pada Smartphone dan dapat diakses dengan mudah. Cari ikon galeri pada layar Smartphone dan klik untuk membuka aplikasinya.

Pilih Folder KTP

Setelah membuka aplikasi galeri, langkah selanjutnya adalah memilih folder KTP. Biasanya KTP akan tersimpan dalam folder dokumen atau folder lainnya. Cari folder KTP dan klik untuk membukanya. Jika folder KTP tidak tersedia, pastikan KTP sudah tersimpan pada Smartphone dan pindahkan ke folder yang tepat.

Pilih KTP yang Akan Diunggah

Setelah memilih folder KTP, langkah selanjutnya adalah memilih KTP yang akan diunggah. Biasanya KTP tersimpan dalam format gambar seperti JPEG atau PNG. Cari KTP yang diinginkan dan klik untuk memilihnya.

Klik Tombol Bagikan atau Bagikan KTP

Setelah memilih KTP, langkah selanjutnya adalah klik tombol Bagikan atau Bagikan KTP. Tombol ini biasanya terletak di bagian bawah layar Smartphone dan berbentuk ikon persegi dengan tanda panah ke atas. Klik tombol ini untuk memulai proses mengunggah KTP.

Baca Juga :  Cara Menggunakan Hosting dengan Santai dan Unik

Pilih Opsi Unggah KTP atau Kirim KTP

Setelah klik tombol Bagikan atau Bagikan KTP, biasanya akan muncul beberapa opsi seperti Unggah KTP atau Kirim KTP. Pilih opsi Unggah KTP untuk mengunggah KTP ke laman Prakerja atau Kirim KTP untuk mengirim KTP ke nomor WhatsApp Prakerja.

Masukkan Nomor Handphone

Jika memilih opsi Kirim KTP, langkah selanjutnya adalah memasukkan nomor handphone yang terdaftar pada laman Prakerja. Pastikan nomor handphone sudah benar dan dapat dihubungi. Setelah memasukkan nomor handphone, klik tombol Kirim untuk mengirimkan KTP.

Masukkan Email dan Kata Sandi

Jika memilih opsi Unggah KTP, langkah selanjutnya adalah memasukkan email dan kata sandi yang terdaftar pada laman Prakerja. Pastikan email dan kata sandi sudah benar dan dapat diakses. Setelah memasukkan email dan kata sandi, klik tombol Masuk untuk masuk ke laman Prakerja.

Pilih Menu Unggah Dokumen

Setelah masuk ke laman Prakerja, langkah selanjutnya adalah memilih menu Unggah Dokumen. Menu Unggah Dokumen biasanya terletak di bagian atas laman Prakerja dan berbentuk ikon dokumen atau kertas. Klik ikon ini untuk membuka menu Unggah Dokumen.

Pilih Opsi KTP

Setelah membuka menu Unggah Dokumen, langkah selanjutnya adalah memilih opsi KTP. Opsi KTP biasanya terletak di antara opsi lainnya seperti KTP, KK, dan lain sebagainya. Pilih opsi KTP untuk mengunggah KTP ke laman Prakerja.

Pilih File KTP

Setelah memilih opsi KTP, langkah selanjutnya adalah memilih file KTP yang sudah diunggah ke aplikasi galeri. Klik ikon folder atau tombol Unggah untuk membuka aplikasi galeri dan memilih file KTP. Setelah memilih file KTP, klik tombol Simpan atau Unggah untuk mengunggah KTP ke laman Prakerja.

Baca Juga :  Cara Menambahkan Domain ke Hosting Niagahoster

Isi Formulir Data Diri

Setelah mengunggah KTP, langkah selanjutnya adalah mengisi formulir data diri. Formulir data diri biasanya terdiri dari nama, alamat, pendidikan, dan lain sebagainya. Pastikan mengisi formulir data diri dengan benar dan sesuai dengan data yang tertera pada KTP.

Simpan Perubahan

Setelah mengisi formulir data diri, langkah selanjutnya adalah menyimpan perubahan. Klik tombol Simpan atau Submit untuk menyimpan perubahan dan mengirimkan data diri ke laman Prakerja.

Tunggu Konfirmasi

Setelah mengirimkan data diri, tunggu konfirmasi dari pihak Prakerja. Konfirmasi biasanya dikirimkan melalui email atau nomor handphone yang terdaftar pada laman Prakerja. Jika sudah mendapatkan konfirmasi, langkah selanjutnya adalah mengikuti tahapan selanjutnya pada program Prakerja.

Table: Syarat Mengunggah KTP Prakerja Lewat Galeri

No Syarat Keterangan
1 KTP KTP harus tersedia dan dalam keadaan baik
2 Smartphone Smartphone harus terhubung dengan jaringan internet
3 Aplikasi Galeri Aplikasi galeri harus terinstall dan berfungsi dengan baik

FAQ: Pertanyaan Seputar Cara Upload KTP Prakerja Lewat Galeri

  1. Apakah bisa mengunggah KTP lewat WhatsApp?

    Ya, bisa. Prakerja menyediakan nomor WhatsApp khusus untuk mengirimkan KTP. Namun, pastikan nomor handphone sudah terdaftar pada laman Prakerja.

  2. Bagaimana jika KTP tidak tersedia atau rusak?

    Jika KTP tidak tersedia atau rusak, segera mengurus penggantian KTP pada dinas kependudukan terdekat. KTP baru dapat digunakan untuk mengunggah KTP Prakerja.

  3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengunggah KTP?

    Waktu yang dibutuhkan untuk mengunggah KTP tergantung pada kecepatan jaringan internet dan ukuran file KTP. Biasanya waktu yang dibutuhkan tidak lebih dari 5 menit.

  4. Berapa kali bisa mengunggah KTP?

    Bisa mengunggah KTP sebanyak-banyaknya. Namun, pastikan KTP yang diunggah merupakan KTP yang terbaru dan masih berlaku.

  5. Bagaimana jika ada kesalahan pada data diri?

    Jika ada kesalahan pada data diri, segera menghubungi pihak Prakerja untuk memperbaiki data diri yang salah.

Baca Juga :  Cara Hosting Node JS dengan Santai dan Unik

Kesimpulan

Itulah panduan lengkap bagaimana cara mengunggah KTP Prakerja lewat galeri. Dengan mengunggah KTP, masyarakat dapat mendaftar program Prakerja dan mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan keterampilan dan mendapatkan peluang kerja baru. Pastikan mengunggah KTP dengan benar dan sesuai dengan syarat yang telah ditentukan. Terimakasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya dari Lintasyogya.com!

Related video of Cara Upload KTP Prakerja Lewat Galeri