LintasYogya | Cara Upload ke Hosting dengan Mudah dan Santai
Cara Upload ke Hosting dengan Mudah dan Santai

Cara Upload ke Hosting dengan Mudah dan Santai

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Kali ini kita akan membahas cara upload ke hosting dengan mudah dan santai. Upload ke hosting merupakan salah satu langkah penting dalam membuat website atau blog. Agar website atau blog dapat diakses oleh banyak pengunjung, kita harus menguploadnya ke hosting. Berikut adalah cara upload ke hosting dengan mudah dan santai.

Persiapan sebelum Upload

  1. Memilih Hosting yang Tepat
  2. Sebelum mengupload website atau blog, kita harus memilih hosting yang tepat. Pilihlah hosting yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kita. Ada banyak hosting yang tersedia, seperti shared hosting, VPS hosting, dan dedicated hosting.

  3. Mengatur Domain
  4. Setelah memilih hosting, kita harus mengatur domain. Domain adalah alamat website atau blog kita yang dapat diakses oleh pengunjung. Kita bisa membeli domain dari penyedia domain atau menggunakan domain gratis yang disediakan oleh hosting.

  5. Membuat Database
  6. Jika website atau blog kita menggunakan CMS seperti WordPress, Joomla, atau Drupal, maka kita harus membuat database terlebih dahulu. Database berfungsi untuk menyimpan konten website atau blog kita.

Cara Upload ke Hosting

  1. Mengakses cPanel
  2. Setelah persiapan selesai, kita bisa mengakses cPanel. cPanel adalah kontrol panel yang digunakan untuk mengelola hosting. cPanel dapat diakses melalui browser dengan alamat http://namadomain.com/cpanel atau http://IPaddress/cpanel.

  3. Mengupload File dengan File Manager
  4. Setelah masuk ke cPanel, kita bisa mengupload file menggunakan File Manager. File Manager adalah fitur yang digunakan untuk mengelola file di hosting. Kita bisa mengupload file dengan mengklik tombol “Upload” di bagian atas File Manager.

  5. Mengupload File dengan FTP
  6. Selain menggunakan File Manager, kita juga bisa mengupload file dengan FTP. FTP adalah protokol yang digunakan untuk mentransfer file dari komputer ke hosting. Kita bisa menggunakan program FTP seperti FileZilla atau WinSCP untuk mengupload file dengan FTP.

  7. Mengupload Database
  8. Jika website atau blog kita menggunakan CMS, maka kita harus mengupload database. Kita bisa mengupload database dengan menggunakan fitur phpMyAdmin yang terdapat di cPanel. Kita bisa mengupload database dengan mengklik tombol “Import” di phpMyAdmin.

  9. Menyambungkan Domain dengan Hosting
  10. Setelah file dan database diupload, kita harus menyambungkan domain dengan hosting. Kita bisa menyambungkan domain dengan hosting dengan mengubah nameserver atau mengatur DNS. Kita bisa mengubah nameserver atau mengatur DNS melalui panel kontrol domain.

Baca Juga :  Cara Usaha Hosting yang Santai dan Unik

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah hosting gratis? Tidak semua hosting gratis. Ada hosting gratis dan hosting berbayar. Hosting gratis biasanya memiliki keterbatasan fitur dan kapasitas.
Bagaimana cara memilih hosting yang tepat? Kita harus memilih hosting yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kita. Pilihlah hosting yang memiliki fitur dan kapasitas yang sesuai dengan website atau blog kita.
Apakah domain harus dibeli? Tidak harus. Kita bisa menggunakan domain gratis yang disediakan oleh hosting. Namun, domain gratis biasanya memiliki nama domain yang kurang menarik.
Apakah CMS harus dibuat? Tidak harus. Kita bisa membuat website atau blog tanpa menggunakan CMS. Namun, menggunakan CMS memudahkan kita dalam mengelola konten website atau blog.
Apakah website atau blog dapat diakses setelah diupload? Tidak langsung. Kita harus menyambungkan domain dengan hosting terlebih dahulu agar website atau blog dapat diakses.

Kesimpulan

Itulah cara upload ke hosting dengan mudah dan santai. Persiapan sebelum upload sangat penting agar proses upload berjalan lancar. Ada dua cara untuk mengupload file, yaitu menggunakan File Manager dan FTP. Jangan lupa untuk mengupload database jika website atau blog menggunakan CMS. Setelah file dan database diupload, jangan lupa untuk menyambungkan domain dengan hosting. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat Lintasyogya yang ingin mengupload website atau blog. Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.

Related video of Cara Upload ke Hosting dengan Mudah dan Santai