LintasYogya | Cara Upload File ke Hosting dengan Mudah dan Cepat
Cara Upload File ke Hosting dengan Mudah dan Cepat

Cara Upload File ke Hosting dengan Mudah dan Cepat

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Bagaimana kabar kalian hari ini? Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara upload file ke hosting dengan mudah dan cepat. Sebelum itu, apakah kalian sudah tahu apa itu hosting dan fungsinya?

Apa itu Hosting?

Hosting adalah sebuah layanan penyimpanan data atau file yang memungkinkan website dapat diakses secara online. Jadi, ketika kamu ingin memiliki website, kamu harus memiliki layanan hosting terlebih dahulu agar website yang kamu buat dapat diakses oleh pengunjung.

Bagaimana Cara Mendapatkan Layanan Hosting?

Untuk mendapatkan layanan hosting, kamu bisa membelinya dari provider hosting yang tersedia di internet seperti Hostinger, Niagahoster, dan lain sebagainya. Setelah itu, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukan upload file ke hosting.

Cara Upload File ke Hosting dengan Mudah

  1. Masuk ke Cpanel

  2. Setelah kamu membeli layanan hosting, kamu akan diberikan akses ke Cpanel. Cpanel adalah sebuah kontrol panel yang digunakan untuk mengatur layanan hosting yang kamu miliki. Masuklah ke Cpanel dengan memasukkan username dan password yang telah diberikan oleh provider hostingmu.

  3. Pilih File Manager

  4. Setelah kamu berhasil masuk ke Cpanel, pilihlah menu File Manager yang berada di bagian File Management.

  5. Pilih Folder Tujuan

  6. Setelah itu, pilihlah folder tujuan tempat kamu ingin mengupload file. Biasanya folder tujuan untuk website berada di public_html.

  7. Klik Upload

  8. Setelah kamu memilih folder tujuan, kliklah tombol Upload pada bagian atas halaman untuk mengupload file yang kamu inginkan.

  9. Pilih File yang Akan Diupload

  10. Pada halaman berikutnya, pilih file yang akan diupload dari komputer atau laptopmu. Kamu juga bisa mengupload file dengan menarik dan melepas file ke dalam kotak yang tersedia.

  11. Tunggu Proses Upload Selesai

  12. Setelah kamu memilih file yang akan diupload, tunggulah proses upload selesai. Proses upload akan tergantung dari ukuran dan jenis file yang kamu upload. Jangan tutup halaman upload sebelum proses upload selesai.

  13. Selesai!

  14. Setelah proses upload selesai, file yang kamu upload akan tersimpan di folder tujuan yang kamu pilih sebelumnya. Kamu sudah berhasil melakukan upload file ke hosting.

Baca Juga :  Cara Upload Komik di Webtoon Indonesia dengan Santai

Frequently Asked Questions (FAQ)

  1. Apakah saya bisa mengupload file dengan FTP?

  2. Ya, kamu bisa mengupload file dengan FTP. Namun, cara ini membutuhkan program FTP dan pengetahuan tentang penggunaan FTP. Jadi, cara upload file ke hosting dengan menggunakan File Manager lebih mudah dan cepat.

  3. Apakah saya bisa mengupload file dengan ukuran yang besar?

  4. Ya, kamu bisa mengupload file dengan ukuran yang besar. Namun, pastikan koneksi internetmu stabil agar proses upload berjalan lancar.

  5. Apakah saya bisa mengupload banyak file sekaligus?

  6. Ya, kamu bisa mengupload banyak file sekaligus dengan memilih file yang ingin diupload secara bersamaan pada saat proses upload.

  7. Apakah saya bisa menghapus file setelah diupload?

  8. Ya, kamu bisa menghapus file setelah diupload dengan cara memilih file yang ingin dihapus dan klik tombol Delete.

Kesimpulan

Demikianlah cara upload file ke hosting dengan mudah dan cepat. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu sudah bisa melakukan upload file ke hosting dengan mudah. Jika kamu memiliki pertanyaan atau masalah dalam proses upload file, jangan ragu untuk menghubungi provider hostingmu. Terimakasih telah membaca artikel ini, dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya dari Lintasyogya.com.

Related video of Cara Upload File ke Hosting dengan Mudah dan Cepat