LintasYogya | Cara Redirect Domain Tanpa Hosting dengan Mudah dan Cepat
Cara Redirect Domain Tanpa Hosting dengan Mudah dan Cepat

Cara Redirect Domain Tanpa Hosting dengan Mudah dan Cepat

Hai, salam Sobat Lintasyogya! Apakah kamu sedang mencari cara untuk redirect domain tanpa hosting? Jika iya, kamu berada di tempat yang tepat. Pada artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang bagaimana cara redirect domain tanpa hosting dengan mudah dan cepat. Tanpa perlu berlama-lama lagi, mari kita mulai!

Apa itu Redirect Domain?

Sebelum kita membahas tentang cara redirect domain tanpa hosting, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan redirect domain. Redirect domain adalah proses mengalihkan pengunjung dari satu alamat website ke alamat website yang lain. Proses ini dilakukan karena alasan tertentu, misalnya karena website lama sudah tidak digunakan lagi atau ingin mengalihkan pengunjung ke website baru.

Jenis-jenis Redirect Domain

  1. 301 Redirect
  2. 301 redirect adalah jenis redirect domain yang paling umum digunakan. Proses ini mengalihkan pengunjung secara permanen dari website lama ke website baru. Selain itu, 301 redirect juga memindahkan semua backlink dan peringkat SEO dari website lama ke website baru.

  3. 302 Redirect
  4. 302 redirect adalah jenis redirect domain yang bersifat sementara. Proses ini mengalihkan pengunjung dari website lama ke website baru untuk sementara waktu. Biasanya digunakan ketika website sedang dalam perbaikan atau maintenance.

  5. Meta Refresh
  6. Meta refresh adalah jenis redirect domain yang menggunakan tag meta refresh pada halaman website. Proses ini mengalihkan pengunjung dari website lama ke website baru setelah beberapa detik.

Cara Redirect Domain Tanpa Hosting dengan Cloudflare

Jika kamu tidak memiliki hosting, kamu masih dapat melakukan redirect domain menggunakan layanan CDN (Content Delivery Network) seperti Cloudflare. Berikut adalah panduan lengkap tentang cara redirect domain tanpa hosting menggunakan Cloudflare:

Baca Juga :  Cara Upload Short Video di YouTube PC

Step 1: Daftar Akun Cloudflare

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mendaftar akun Cloudflare. Kunjungi website resmi Cloudflare dan klik tombol “Sign Up” untuk membuat akun baru. Isi formulir pendaftaran dengan informasi yang dibutuhkan, kemudian klik tombol “Create Account”.

Step 2: Tambahkan Domain ke Cloudflare

Setelah berhasil membuat akun Cloudflare, tambahkan domain yang ingin kamu redirect ke Cloudflare. Klik tombol “Add Site” dan masukkan nama domain yang ingin kamu redirect. Cloudflare akan memproses domain tersebut dan memberikan informasi DNS yang harus kamu setting di domain registrar.

Step 3: Setting DNS pada Domain Registrar

Setelah mendapatkan informasi DNS dari Cloudflare, setting DNS tersebut pada domain registrar. Jika kamu tidak tahu bagaimana cara setting DNS pada domain registrar, kamu dapat menghubungi customer support dari domain registrar tersebut untuk mendapatkan bantuan.

Step 4: Buat Page Rule di Cloudflare

Setelah berhasil menghubungkan domain ke Cloudflare, buat page rule untuk melakukan redirect domain. Masuk ke dashboard Cloudflare dan pilih menu “Page Rules”. Klik tombol “Create Page Rule” dan masukkan informasi berikut:

Field Value
If the URL matches http://example.com/*
Then the settings are Forwarding URL (301)
To http://www.example.com/$1

Ganti “example.com” dengan nama domain yang ingin kamu redirect. Informasi di atas akan melakukan redirect dari domain non-www ke domain www. Jika kamu ingin melakukan redirect sebaliknya, ganti “www.example.com” dengan “example.com”.

Step 5: Selesai

Setelah berhasil membuat page rule, kamu telah berhasil melakukan redirect domain tanpa hosting menggunakan Cloudflare. Selamat!

Cara Redirect Domain Tanpa Hosting dengan Netlify

Selain Cloudflare, kamu juga dapat melakukan redirect domain tanpa hosting menggunakan layanan Netlify. Berikut adalah panduan lengkap tentang cara redirect domain tanpa hosting menggunakan Netlify:

Baca Juga :  Solusi Terbaik Untuk Website Anda

Step 1: Daftar Akun Netlify

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mendaftar akun Netlify. Kunjungi website resmi Netlify dan klik tombol “Sign Up” untuk membuat akun baru. Isi formulir pendaftaran dengan informasi yang dibutuhkan, kemudian klik tombol “Sign Up”.

Step 2: Tambahkan Domain ke Netlify

Setelah berhasil membuat akun Netlify, tambahkan domain yang ingin kamu redirect ke Netlify. Klik tombol “New Site from Git” dan pilih opsi “Connect to GitHub”. Ikuti instruksi untuk menghubungkan akun GitHub ke Netlify.

Step 3: Buat File _redirects

Buat file _redirects di root folder dari repository GitHub yang ingin kamu redirect. Masukkan informasi redirect berikut:

From To Type
/ http://www.example.com/ 301!

Ganti “example.com” dengan nama domain yang ingin kamu redirect. Informasi di atas akan melakukan redirect dari domain non-www ke domain www. Jika kamu ingin melakukan redirect sebaliknya, ganti “/ to” dengan “http://example.com/”.

Step 4: Deploy Site di Netlify

Setelah berhasil membuat file _redirects, deploy site di Netlify. Masuk ke dashboard Netlify dan pilih repository GitHub yang ingin kamu deploy. Ikuti instruksi untuk melakukan deploy site di Netlify.

Step 5: Selesai

Setelah berhasil melakukan deploy site di Netlify, kamu telah berhasil melakukan redirect domain tanpa hosting menggunakan Netlify. Selamat!

FAQ

  1. Apakah redirect domain berpengaruh pada SEO?
  2. Ya, redirect domain dapat berpengaruh pada SEO. Jika tidak dilakukan dengan benar, redirect domain dapat menyebabkan hilangnya backlink dan peringkat SEO dari website lama.

  3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan redirect domain?
  4. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan redirect domain tergantung pada layanan yang digunakan. Jika menggunakan layanan CDN seperti Cloudflare atau Netlify, waktu yang dibutuhkan hanya beberapa menit.

  5. Apakah redirect domain dapat dilakukan tanpa hosting?
  6. Ya, redirect domain dapat dilakukan tanpa hosting menggunakan layanan CDN seperti Cloudflare atau Netlify.

Baca Juga :  Apa Yang Dimaksud Dengan Web Hosting

Kesimpulan

Itulah panduan lengkap tentang cara redirect domain tanpa hosting dengan mudah dan cepat. Dari kedua layanan yang kami bahas di atas, Cloudflare dan Netlify, kamu dapat memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu. Jangan lupa untuk melakukan redirect domain dengan benar agar tidak berpengaruh pada backlink dan peringkat SEO dari website kamu. Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.

Related video of Cara Redirect Domain Tanpa Hosting dengan Mudah dan Cepat