LintasYogya | Cara Pindah Domain dari Hosting Lama ke Hosting Baru
Cara Pindah Domain dari Hosting Lama ke Hosting Baru

Cara Pindah Domain dari Hosting Lama ke Hosting Baru

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Apakah Anda sedang mencari informasi mengenai cara pindah domain dari hosting lama ke hosting baru? Jika iya, maka artikel ini cocok untuk Anda. Pada artikel kali ini, kami akan membahas secara santai dan unik mengenai cara pindah domain dari hosting lama ke hosting baru. Simak terus artikel ini sampai selesai ya!

Kenapa Harus Pindah Domain?

Sebelum membahas mengenai cara pindah domain dari hosting lama ke hosting baru, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengapa harus pindah domain. Ada beberapa alasan mengapa seseorang harus pindah domain, di antaranya adalah:

  1. Hosting lama tidak memenuhi kebutuhan website Anda
  2. Hosting lama mengalami masalah teknis yang sulit diatasi
  3. Anda ingin meng-upgrade hosting Anda
  4. Anda ingin mengganti domain Anda dengan yang lebih baik

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pindah Domain

Sebelum melakukan pindah domain dari hosting lama ke hosting baru, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu, di antaranya:

  • Backup data website Anda
  • Pastikan domain baru sudah tersedia
  • Periksa kembali konfigurasi DNS domain Anda
  • Periksa kembali konfigurasi email Anda
  • Periksa kembali konfigurasi SSL Anda
  • Periksa kembali konfigurasi database Anda

Backup Data Website Anda

Sebelum melakukan pindah domain dari hosting lama ke hosting baru, pastikan Anda melakukan backup data website Anda terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar data website Anda tidak hilang atau rusak saat proses pindah domain.

Pastikan Domain Baru Sudah Tersedia

Pastikan domain baru sudah tersedia sebelum melakukan pindah domain dari hosting lama ke hosting baru. Hal ini dilakukan agar website Anda tidak down atau tidak dapat diakses oleh pengunjung.

Baca Juga :  Cara Cek Hosting dengan Mudah dan Santai

Periksa Konfigurasi DNS Domain Anda

Periksa kembali konfigurasi DNS domain Anda sebelum melakukan pindah domain dari hosting lama ke hosting baru. Hal ini dilakukan agar website Anda tidak mengalami masalah pada saat proses pindah domain.

Periksa Konfigurasi Email Anda

Periksa kembali konfigurasi email Anda sebelum melakukan pindah domain dari hosting lama ke hosting baru. Hal ini dilakukan agar email Anda tetap dapat berfungsi dengan baik setelah proses pindah domain.

Periksa Konfigurasi SSL Anda

Periksa kembali konfigurasi SSL Anda sebelum melakukan pindah domain dari hosting lama ke hosting baru. Hal ini dilakukan agar website Anda tetap aman dan terhindar dari serangan hacker.

Periksa Konfigurasi Database Anda

Periksa kembali konfigurasi database Anda sebelum melakukan pindah domain dari hosting lama ke hosting baru. Hal ini dilakukan agar database website Anda tidak rusak atau hilang pada saat proses pindah domain.

Cara Pindah Domain dari Hosting Lama ke Hosting Baru

Berikut ini adalah cara pindah domain dari hosting lama ke hosting baru:

  1. Persiapkan hosting baru Anda
  2. Upload data website Anda ke hosting baru
  3. Periksa kembali konfigurasi DNS domain Anda
  4. Periksa kembali konfigurasi email Anda
  5. Periksa kembali konfigurasi SSL Anda
  6. Periksa kembali konfigurasi database Anda
  7. Pindahkan domain Anda ke hosting baru
  8. Periksa kembali website Anda

Persiapkan Hosting Baru Anda

Sebelum melakukan pindah domain dari hosting lama ke hosting baru, pastikan Anda sudah memiliki hosting baru yang siap digunakan. Lakukan pendaftaran hosting baru dan sesuaikan paket hosting yang Anda butuhkan.

Upload Data Website Anda ke Hosting Baru

Setelah memiliki hosting baru, upload data website Anda ke hosting baru. Pastikan data website Anda sudah lengkap dan tidak ada yang hilang.

Baca Juga :  Cara Hosting Web di cPanel: Panduan Lengkap untuk Sobat Lintasyogya

Pindahkan Domain Anda ke Hosting Baru

Setelah data website Anda sudah diupload ke hosting baru, pindahkan domain Anda ke hosting baru. Caranya bisa dilakukan dengan mengubah DNS domain Anda ke DNS hosting baru. Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga proses propagasi DNS selesai dan website Anda sudah dapat diakses melalui domain baru Anda.

Periksa Kembali Konfigurasi DNS Domain Anda

Setelah pindah domain dari hosting lama ke hosting baru, periksa kembali konfigurasi DNS domain Anda. Pastikan DNS domain Anda sudah terhubung dengan DNS hosting baru.

Periksa Kembali Konfigurasi Email Anda

Setelah pindah domain dari hosting lama ke hosting baru, periksa kembali konfigurasi email Anda. Pastikan email Anda tetap dapat berfungsi dengan baik setelah proses pindah domain.

Periksa Kembali Konfigurasi SSL Anda

Setelah pindah domain dari hosting lama ke hosting baru, periksa kembali konfigurasi SSL Anda. Pastikan SSL website Anda tetap berfungsi dengan baik setelah proses pindah domain.

Periksa Kembali Konfigurasi Database Anda

Setelah pindah domain dari hosting lama ke hosting baru, periksa kembali konfigurasi database Anda. Pastikan database website Anda tetap berfungsi dengan baik setelah proses pindah domain.

Periksa Kembali Website Anda

Setelah proses pindah domain selesai, periksa kembali website Anda. Pastikan website Anda dapat diakses dengan baik dan tidak mengalami masalah teknis.

FAQ

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan mengenai cara pindah domain dari hosting lama ke hosting baru:

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pindah domain?

Waktu yang dibutuhkan untuk pindah domain tergantung pada kompleksitas data website Anda dan kecepatan hosting baru yang Anda gunakan. Biasanya waktu yang dibutuhkan antara 24-48 jam.

Baca Juga :  Berbagai macam jenis jenis hosting

2. Apakah data website saya akan hilang saat pindah domain?

Data website Anda tidak akan hilang saat pindah domain jika Anda melakukan backup data website Anda terlebih dahulu.

3. Apa yang harus dilakukan jika website saya down setelah pindah domain?

Jika website Anda down setelah pindah domain, coba periksa kembali konfigurasi DNS domain Anda atau hubungi provider hosting Anda untuk mendapatkan bantuan.

Kesimpulan

Demikianlah cara pindah domain dari hosting lama ke hosting baru yang dapat Anda lakukan. Pastikan Anda melakukan backup data website Anda dan memperhatikan hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pindah domain. Jangan lupa juga untuk periksa kembali konfigurasi DNS domain, email, SSL, dan database Anda agar website Anda tetap berfungsi dengan baik setelah proses pindah domain. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com.

Related video of Cara Pindah Domain dari Hosting Lama ke Hosting Baru