LintasYogya | Cara Menjadi Host Airbnb untuk Pemula
Cara Menjadi Host Airbnb untuk Pemula

Cara Menjadi Host Airbnb untuk Pemula

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Airbnb menjadi salah satu platform terbaik bagi para traveller untuk mencari tempat menginap selama liburan. Bagi kamu yang memiliki rumah atau apartemen yang tidak terpakai, menjadi host Airbnb bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Namun, menjadi host Airbnb tidak semudah yang dibayangkan. Kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang agar tamu merasa nyaman selama menginap di tempatmu. Berikut adalah 20 tips cara menjadi host Airbnb untuk pemula.

1. Tentukan Tujuanmu Menjadi Host Airbnb

Sebelum memutuskan menjadi host Airbnb, kamu harus menentukan tujuanmu terlebih dahulu. Apakah kamu ingin mendapatkan penghasilan tambahan atau hanya ingin berbagi pengalaman menginap di tempatmu dengan tamu-tamu dari berbagai negara?

2. Buat Akun Airbnb

Langkah pertama untuk menjadi host Airbnb adalah membuat akun. Kamu bisa mendaftar melalui aplikasi Airbnb atau website resminya. Setelah itu, lengkapi profil dan informasi mengenai tempatmu yang akan disewakan.

3. Pilih Jenis Akomodasi

Tentukan jenis akomodasi yang akan kamu sewakan di Airbnb. Apakah itu kamar kosong, apartemen, atau rumah lengkap. Setiap jenis akomodasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhanmu.

4. Persiapkan Tempatmu

  • Bersihkan tempatmu dengan baik sebelum tamu datang.
  • Siapkan semua peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan oleh tamu.
  • Periksa ketersediaan air, listrik, dan fasilitas lainnya.
  • Tambahkan sedikit dekorasi agar tamu merasa lebih nyaman.

5. Tentukan Harga Sewa

Tentukan harga sewa yang sesuai dengan fasilitas dan lokasi tempatmu. Jangan terlalu murah atau terlalu mahal.

6. Buat Deskripsi yang Menarik

Buat deskripsi yang menarik mengenai tempatmu. Jangan lupa sertakan foto-foto yang jelas dan terbaru. Deskripsi dan foto yang menarik akan membuat tamu tertarik untuk menginap di tempatmu.

Baca Juga :  Cara Konfigurasi Control Panel Hosting Debian 9

7. Terima Reservasi dengan Baik

Terima reservasi dengan baik dan pastikan kamu selalu merespon pesan dari tamu dengan cepat. Jangan biarkan tamu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan jawaban darimu.

8. Siapkan Kontrak Sewa

Buat kontrak sewa yang jelas dan terperinci agar tidak terjadi kesalahpahaman antara kamu dan tamu. Sertakan juga informasi mengenai aturan dan kebijakan di tempatmu.

9. Sediakan Informasi Lokal

Sediakan informasi lokal mengenai tempat wisata, restoran, atau toko-toko terdekat. Tamu akan sangat menghargai informasi tersebut.

10. Berikan Pelayanan yang Baik

Berikan pelayanan yang baik kepada tamu. Pastikan mereka merasa nyaman selama menginap di tempatmu. Jangan biarkan mereka mengalami masalah selama menginap di tempatmu.

11. Ikuti Aturan Airbnb

Ikuti aturan Airbnb dengan baik. Pastikan kamu memperhatikan hal-hal seperti kebersihan, keamanan, dan kenyamanan di tempatmu.

12. Jangan Melanggar Hukum

Jangan melanggar hukum dalam menjalankan bisnis Airbnb. Pastikan kamu memiliki izin yang diperlukan dari pihak berwenang.

13. Bekerja Sama dengan Tetangga

Bekerja sama dengan tetangga agar mereka tidak merasa terganggu dengan keberadaan tamu di tempatmu. Berikan informasi yang jelas mengenai jumlah tamu yang akan menginap di tempatmu.

14. Lakukan Promosi

Lakukan promosi agar tempatmu lebih dikenal oleh banyak orang. Kamu bisa mempromosikan tempatmu melalui media sosial atau website pribadi.

15. Gunakan Sistem Keamanan yang Baik

Gunakan sistem keamanan yang baik di tempatmu. Pasang CCTV atau sistem keamanan lainnya untuk memastikan tamu merasa aman selama menginap di tempatmu.

16. Sediakan Sarana Hiburan

Sediakan sarana hiburan di tempatmu. Kamu bisa memasang TV, DVD player, atau permainan lainnya untuk menghibur tamu selama menginap di tempatmu.

Baca Juga :  Cara Hosting Web di Github

17. Berikan Diskon untuk Tamu Setia

Berikan diskon khusus untuk tamu yang sudah menginap di tempatmu sebelumnya. Hal ini akan membuat mereka merasa dihargai dan akan kembali menginap di tempatmu suatu saat nanti.

18. Jangan Menjadi Host yang Terlalu Ramah

Jangan menjadi host yang terlalu ramah. Terkadang tamu akan memanfaatkan kebaikanmu dengan meminta hal-hal yang tidak sesuai dengan aturan atau membuat keributan di tempatmu.

19. Siapkan Solusi untuk Masalah yang Muncul

Siapkan solusi untuk masalah yang muncul di tempatmu. Terkadang tamu akan mengalami masalah seperti kerusakan peralatan atau kehilangan kunci. Pastikan kamu memiliki solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

20. Terima Masukan dan Kritik dari Tamu

Terima masukan dan kritik dari tamu dengan baik. Hal ini akan membantumu untuk memperbaiki layanan yang kamu berikan di tempatmu.

FAQ

1. Apakah saya harus memiliki rumah atau apartemen untuk menjadi host Airbnb?

Ya, kamu harus memiliki rumah atau apartemen yang bisa disewakan di Airbnb.

2. Bagaimana cara mendaftar sebagai host Airbnb?

Kamu bisa mendaftar melalui aplikasi Airbnb atau website resminya.

3. Apakah saya harus selalu ada di tempat saat tamu menginap?

Tidak harus, namun pastikan kamu memberikan informasi yang jelas mengenai aturan dan kebijakan di tempatmu kepada tamu.

4. Apakah saya bisa menentukan harga sewa yang saya inginkan?

Ya, kamu bisa menentukan harga sewa yang sesuai dengan fasilitas dan lokasi tempatmu.

5. Apakah saya harus membayar biaya pendaftaran untuk menjadi host Airbnb?

Tidak, pendaftaran sebagai host Airbnb gratis.

6. Apakah saya bisa membatalkan reservasi tamu?

Ya, namun pastikan kamu memberikan alasan yang jelas dan mengikuti aturan Airbnb dalam membatalkan reservasi tamu.

Baca Juga :  Cara Hosting Laravel di InfinityFree

7. Apakah saya harus memberikan sarapan untuk tamu?

Tidak harus, namun pastikan kamu menyediakan informasi mengenai tempat makan terdekat di sekitar tempatmu.

Kesimpulan

Menjadi host Airbnb bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Namun, kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang agar tamu merasa nyaman selama menginap di tempatmu. Ikuti aturan Airbnb dengan baik dan berikan pelayanan yang baik kepada tamu. Terima masukan dan kritik dari tamu agar kamu bisa memperbaiki layanan yang kamu berikan di tempatmu. Semoga tips cara menjadi host Airbnb untuk pemula di atas bisa membantu kamu untuk memulai bisnis di Airbnb.

Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.

Related video of Cara Menjadi Host Airbnb untuk Pemula