LintasYogya | Cara Mengunci Aplikasi di iPhone iOS 14
Cara Mengunci Aplikasi di iPhone iOS 14

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone iOS 14

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone iOS 14

Salam hangat untuk Sobat LintasYogya! Jika kamu sering meminjamkan iPhone-mu pada teman atau keluarga, pasti pernah merasa khawatir dengan privasi yang terganggu. Khususnya ketika ada aplikasi penting atau informasi pribadi yang terbuka begitu saja. Tenang, kini iOS 14 sudah dilengkapi dengan fitur untuk mengunci aplikasi sehingga hanya kamu yang bisa membukanya. Yuk, simak cara penggunaannya berikut ini!

Langkah 1: Aktifkan Layar Pengunci

Sebelum mengunci aplikasi, pastikan kamu telah mengaktifkan layar pengunci dengan kode atau sidik jari. Hal ini bertujuan agar tidak sembarang orang bisa membuka iPhone-mu dan mengakses aplikasi yang tidak seharusnya.

Langkah 2: Pilih Aplikasi yang Ingin Dikunci

Setelah layar pengunci aktif, kamu bisa memilih aplikasi yang ingin dikunci. Caranya, masuk ke Pengaturan (Settings) > Layar Beranda dan Tata Letak (Home Screen & Layouts) > Ketuk pada aplikasi yang ingin dikunci > Ketuk Ikon Edit (Edit Icon) > Pilih Lock (Kunci). Setelah itu, aplikasi tersebut akan terkunci dan hanya kamu yang bisa membukanya.

Langkah 3: Gunakan Face ID atau Touch ID

Selain kunci biasa, iOS 14 juga menyediakan fitur untuk membuka aplikasi dengan menggunakan Face ID atau Touch ID. Kamu bisa mengaktifkannya dengan cara masuk ke Pengaturan (Settings) > Face ID & Passcode atau Touch ID & Passcode > Geser ke bawah hingga menemukan pilihan Gunakan Face ID atau Gunakan Touch ID untuk Akses (Use Face ID / Use Touch ID For) > Pilih aplikasi yang ingin dikunci dengan fitur tersebut.

Langkah 4: Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika kamu ingin mengunci beberapa aplikasi sekaligus atau mengunci aplikasi secara lebih canggih, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti AppLocker, Lockdown, atau BioProtect. Aplikasi tersebut memiliki fitur yang lebih lengkap, seperti mengunci aplikasi berdasarkan waktu, lokasi, atau jaringan Wi-Fi yang digunakan.

Baca Juga :  Aplikasi Download Manager Tercepat Di Android

Langkah 5: Atur Kunci Otomatis

Agar tidak perlu mengunci aplikasi secara manual setiap kali keluar dari aplikasi tersebut, kamu bisa mengatur kunci otomatis dengan waktu yang diinginkan. Caranya, masuk ke Pengaturan (Settings) > Layar Beranda dan Tata Letak (Home Screen & Layouts) > Kunci Otomatis (Auto-Lock) > Pilih waktu yang diinginkan.

Langkah 6: Lepas Kunci Aplikasi

Jika suatu saat kamu ingin melepas kunci pada aplikasi yang telah dikunci, caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu masuk ke Pengaturan (Settings) > Layar Beranda dan Tata Letak (Home Screen & Layouts) > Ketuk pada aplikasi yang ingin dilepas kuncinya > Ketuk

continue
ChatGPT
Ikon Edit (Edit Icon) > Pilih Unlock (Lepas Kunci). Setelah itu, aplikasi tersebut akan kembali bisa diakses oleh siapa saja.

Kesimpulan

Dengan adanya fitur penguncian aplikasi pada iOS 14, kamu tidak perlu khawatir lagi dengan privasi yang terganggu ketika meminjamkan iPhone-mu pada orang lain. Kamu bisa memilih aplikasi yang ingin dikunci, mengaktifkan kunci dengan kode atau sidik jari, serta menggunakan fitur Face ID atau Touch ID untuk membuka aplikasi tersebut. Jika ingin mengunci aplikasi secara lebih canggih, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di App Store. Ingatlah untuk selalu menjaga privasi dan keamanan data pribadi di dalam iPhone-mu.

Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!

Terima kasih telah membaca artikel tentang cara mengunci aplikasi di iPhone iOS 14 ini. Semoga informasi yang telah disajikan dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang membutuhkannya. Jangan lupa untuk selalu mengikuti update terbaru seputar teknologi dan gadget hanya di LintasYogya. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Baca Juga :  8 Aplikasi Edit Foto Yang Direkomendasikan Bikin Mirip Dengan Artis Korea

continue
ChatGPT

Salam, Sobat LintasYogya