LintasYogya | Cara menghubungkan laptop ke TV pintar tanpa kabel

Cara menghubungkan laptop ke TV pintar tanpa kabel

Selama pandemi COVID-19, banyak tempat hiburan, pusat perbelanjaan, bioskop, dan restoran telah ditutup. Selain itu, pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang menyebabkan hampir semua orang yang perlu tinggal di rumah, membuat kita menciptakan suasana baru agar tidak bosan di rumah. Oleh karena itu, banyak sekali orang yang mencoba melakukan berbagai aktivitas untuk menyegarkan pikiran sejenak bahkan di rumah, salah satunya menonton film. Apakah Anda sudah tahu cara menghubungkan laptop ke TV pintar tanpa kabel?

Dengan kemajuan teknologi dan Internet saat ini, Anda dapat mengakses film yang ingin Anda tonton. Anda juga dapat berlangganan berbagai platform sehingga Anda dapat menonton film yang Anda inginkan. Bagi sebagian orang, menonton film di laptop mungkin terdengar kurang seru karena layarnya yang begitu kecil.

Apalagi jika Anda menonton film bersama keluarga, menonton film dengan laptop menjadi tidak nyaman. Tapi tenang! Karena saat ini, Pin dapat dengan mudah menghubungkan laptop ke TV tanpa menggunakan kabel saat menonton film atau ingin membuat presentasi di depan penonton melalui layar TV. Apabila anda belum meng caranya, simak penjelasannya di bawah ini!

Pelajari apa itu Smart TV

LintasYogya | Cara menghubungkan laptop ke TV pintar tanpa kabel

Smart TV adalah TV yang memiliki sistem operasi khusus dalam pengoperasiannya. Smart TV ini biasanya dilengkapi dengan sistem operasi seperti Linux, Android TV, webOS, Tizen dan HomeOS. Sistem operasi ini memungkinkan Anda untuk menjalankan berbagai aplikasi seperti YouTube, Netflix, dan banyak lagi. Namun ingat bahwa menggunakan smart TV ini membutuhkan Internet yang bisa dilakukan dengan menggunakan kabel WiFi atau port Internet.

Sayangnya, tidak semua smart TV hadir dengan kemampuan untuk mengakses seluruh aplikasi. Maka Anda perlu menghubungkan laptop ke TV sehingga Anda dapat menunjukkan platform spesifik yang ingin Anda akses. Laptop yang ingin kamu sambungkan untuk menampilkan layar laptop biasanya membutuhkan kabel HDMI atau perangkat tertentu. Tetapi hari ini Anda dapat menghubungkannya ke TV tanpa bantuan kabel. Selain sangat mudah, cara menghubungkan laptop ke smart TV tanpa kabel membuat rumah lebih aman. Pasalnya, kabel yang berserakan dapat membahayakan tempat tidur dan membuat rumah terlihat berantakan. Ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan laptop ke TV pintar tanpa kabel.

Baca Juga :  cek ip komputer

Cara menghubungkan laptop ke Smart TV tanpa kabel

Sebelum Anda mulai menghubungkan laptop ke TV, Anda harus terlebih dahulu memastikan bahwa Windows ada di laptop Anda, dan TV yang akan dihubungkan adalah Smart TV (Android TV). Menghubungkan laptop Anda ke TV pintar adalah solusi sempurna, karena Anda tidak perlu khawatir tentang kabel yang mengganggu dan dapat membuat rumah terlihat ramai. Cara menghubungkan laptop ke smart TV tanpa kabel juga sangat praktis, cukup siapkan perangkat streaming media, salah satunya Google Chromecast. Meskipun dengan menghubungkan laptop ke smart TV tanpa kabel, harganya lebih mahal dari kabel HDMI, karena TV yang digunakan adalah Android TV, namun perangkat ini sangat memudahkan spike untuk ditampilkan di TV.

Berikut cara menghubungkan laptop ke Smart TV menggunakan Google Chromecast.

  1. Pastikan TV dan laptop terhubung ke Internet. Kemudian buka aplikasi Google Chrome dan situs web atau platform yang Anda buka.
  2. Klik “Lainnya” di sudut kanan atas Google Chrome lalu klik “Batal…” Atau “siaran”. Pilih nama jenis TV yang ingin Anda sambungkan.
  3. Kemudian layar jendela Google Chrome akan muncul di TV. Anda dapat melanjutkan ke halaman yang ingin Anda akses dengan mengaktifkannya menggunakan laptop.

Caranya sangat mudah, bukan? Hanya dengan tiga cara ini Anda dapat menikmati film di TV yang terhubung melalui laptop. Tentunya hal ini membuat Anda dan keluarga merasa lebih nyaman saat menonton. Tidak hanya itu, pin juga dapat menampilkan hal-hal yang ingin ditampilkan melalui Google Chrome.

Kekurangan Google Chromecast

Menggunakan Google Chromecast memiliki kelemahan yang dapat Anda pertimbangkan. Ya, tidak seperti menggunakan kabel, dengan Google Chromecast, Anda hanya dapat menghubungkan windows dari Google Chrome, bukan layar laptop secara keseluruhan. Ini adalah kerugian yang harus Anda pertimbangkan jika Anda memerlukan lebih banyak akses untuk melihat dokumen lain.

Baca Juga :  Google Cloud Hosting

Anda dapat menggunakan cara lain, seperti menggunakan kabel HDMI yang terhubung dari laptop ke TV, menghubungkan PC seluler Anda ke TV menggunakan kabel VGA, dan menggunakan USB-C jika laptop dan TV Anda sama-sama memiliki port USB-C. Namun saat ini, cara yang paling praktis dan mudah digunakan adalah menghubungkan laptop ke Smart TV tanpa kabel.

Inilah cara menghubungkan laptop ke Smart TV tanpa kabel dengan mudah di rumah. Jangan lupa untuk membersihkan TV secara rutin dan mematikannya saat tidak digunakan, agar TV lebih awet.