LintasYogya | Cara Mengetahui IP Server Hosting dengan Santai dan Unik
Cara Mengetahui IP Server Hosting dengan Santai dan Unik

Cara Mengetahui IP Server Hosting dengan Santai dan Unik

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara mengetahui IP server hosting dengan santai dan unik. Sebelum kita mulai, mari kita bahas sedikit tentang apa itu IP dan server hosting.

Apa itu IP dan Server Hosting?

  1. IP
  2. IP adalah kepanjangan dari Internet Protocol. IP adalah alamat unik yang diberikan untuk setiap perangkat yang terhubung ke internet. Dengan menggunakan IP, perangkat dapat berkomunikasi satu sama lain melalui internet.

  3. Server Hosting
  4. Server hosting adalah komputer yang menyimpan data dan file website. Ketika seseorang mengakses website, permintaan tersebut dikirim ke server hosting dan server hosting akan mengirimkan balik data yang diminta.

Cara Mengetahui IP Server Hosting

  1. Menggunakan Command Prompt
  2. Caranya cukup mudah, buka command prompt pada PC atau laptop Anda. Kemudian ketik “ping namadomain.com”, lalu tekan enter. Setelah itu, akan muncul informasi IP address dari server hosting.

  3. Menggunakan Situs Online
  4. Ada banyak situs yang menyediakan layanan untuk mengetahui IP server hosting. Salah satu situs yang bisa digunakan adalah whatismyip.com. Caranya cukup kunjungi situs tersebut, dan IP server hosting akan terlihat di halaman utama.

  5. Menggunakan Plugin
  6. Untuk pengguna browser seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox, bisa menggunakan plugin untuk mengetahui IP server hosting. Salah satu plugin yang bisa digunakan adalah “What’s My IP Address”. Setelah plugin terpasang, cukup klik ikon plugin tersebut untuk mengetahui IP server hosting.

  7. Menggunakan Command SSH
  8. Untuk pengguna VPS atau server, bisa menggunakan command SSH untuk mengetahui IP server hosting. Caranya cukup buka terminal atau PuTTY, lalu ketik “hostname -I”. Setelah itu, informasi IP server hosting akan muncul.

  9. Melihat Informasi DNS
  10. Jika Anda memiliki akses ke DNS server, maka bisa melihat informasi IP server hosting melalui DNS. Caranya cukup buka DNS manager, lalu cari domain yang ingin dilihat IP server hosting-nya. Setelah itu, informasi IP server hosting akan terlihat di sana.

Baca Juga :  Penjelasan Pengertian dedicated hosting server

FAQ (Frequently Asked Questions)

  1. Apakah IP server hosting selalu sama?
  2. Tidak selalu. IP server hosting dapat berubah tergantung dari beberapa faktor seperti pengaturan jaringan atau perubahan server hosting.

  3. Apakah ada cara lain untuk mengetahui IP server hosting?
  4. Ya, ada banyak cara lain seperti menggunakan aplikasi atau layanan online yang menyediakan fitur tersebut.

  5. Apakah IP server hosting penting?
  6. Sangat penting. IP server hosting dibutuhkan untuk mengakses website dan juga untuk memastikan keamanan dan stabilitas website.

  7. Apakah IP server hosting dapat diubah?
  8. Ya, IP server hosting dapat diubah oleh penyedia hosting atau administrator server.

  9. Apakah IP server hosting sama dengan IP publik?
  10. Tidak selalu. IP server hosting dapat berbeda dengan IP publik yang digunakan untuk mengakses internet.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara mengetahui IP server hosting dengan santai dan unik. Ada banyak cara yang bisa digunakan, seperti menggunakan command prompt, situs online, plugin, command SSH, dan melihat informasi DNS. IP server hosting sangat penting untuk mengakses website dan juga untuk memastikan keamanan dan stabilitas website. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Sobat Lintasyogya. Terimakasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.

Related video of Cara Mengetahui IP Server Hosting dengan Santai dan Unik