LintasYogya | Cara Mengetahui Hosting yang Digunakan Website
Cara Mengetahui Hosting yang Digunakan Website

Cara Mengetahui Hosting yang Digunakan Website

Hai, Salam Sobat Lintasyogya. Apakah kamu ingin mengetahui hosting apa yang digunakan oleh sebuah website? Mungkin kamu ingin tahu karena kamu ingin membuat website sendiri dan ingin memilih hosting yang terbaik. Atau mungkin karena kamu ingin mengetahui performa website yang serupa dengan websitemu.

1. Cek Whois

Whois adalah sebuah layanan yang digunakan untuk mengetahui informasi tentang domain, seperti siapa pemilik domain dan kapan domain tersebut didaftarkan. Di Whois, kamu juga bisa mengetahui informasi tentang hosting yang digunakan oleh website tersebut.

Contoh:

Website Hosting
lintasyogya.com Google Cloud
kompas.com Amazon Web Services
detik.com PT. Detik Ini Jaya

2. Gunakan Layanan Online

Kamu bisa menggunakan layanan online seperti WhoIsHostingThis atau HostAdvice untuk menemukan informasi tentang hosting yang digunakan oleh sebuah website. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu memasukkan URL website tersebut ke dalam kolom yang disediakan.

3. Gunakan Ekstensi Chrome

Kamu bisa menginstal ekstensi Chrome seperti Wappalyzer atau BuiltWith untuk mengetahui hosting yang digunakan oleh sebuah website. Ekstensi-ekstensi tersebut akan menampilkan informasi tentang teknologi dan platform apa yang digunakan oleh website tersebut, termasuk hostingnya.

4. Cek Kecepatan Website

Salah satu faktor yang mempengaruhi kecepatan website adalah hosting. Jadi jika kamu ingin mengetahui hosting yang digunakan oleh sebuah website, kamu bisa cek kecepatan website tersebut menggunakan layanan seperti Google PageSpeed Insights atau GTmetrix. Di sana, kamu akan menemukan informasi tentang hosting yang digunakan oleh website tersebut.

5. Cek di Bagian Footer

Banyak website yang mencantumkan informasi tentang hosting yang digunakan di bagian footer. Kamu bisa cek di sana untuk menemukan informasi tentang hosting yang digunakan oleh website tersebut.

Baca Juga :  Cara Hosting Web Laravel dengan Mudah dan Santai

6. Cek di Halaman Tentang Kami

Halaman Tentang Kami biasanya mencantumkan informasi tentang perusahaan atau organisasi yang memiliki website tersebut. Di sana, kamu bisa menemukan informasi tentang hosting yang digunakan oleh website tersebut.

7. Cek di Halaman Kontak Kami

Halaman Kontak Kami biasanya mencantumkan informasi tentang alamat perusahaan atau organisasi yang memiliki website tersebut. Kamu bisa mencari informasi tentang hosting yang digunakan di alamat tersebut.

8. Cek di Halaman Karir

Halaman Karir biasanya mencantumkan informasi tentang perusahaan atau organisasi yang memiliki website tersebut. Di sana, kamu bisa menemukan informasi tentang hosting yang digunakan oleh website tersebut.

9. Cek di Halaman FAQ

Banyak website yang memiliki halaman FAQ atau Halaman Pertanyaan yang Sering Diajukan. Di sana, kamu bisa menemukan informasi tentang hosting yang digunakan oleh website tersebut.

10. Cek di Halaman Blog

Jika website tersebut memiliki halaman blog, kamu bisa mencari informasi tentang hosting yang digunakan di postingan-postingan blog tersebut. Banyak website yang mencantumkan informasi tentang teknologi dan platform apa yang digunakan di postingan-postingan blog mereka.

11. Cek di Social Media

Banyak perusahaan atau organisasi yang memiliki website juga memiliki akun social media. Kamu bisa mencari informasi tentang hosting yang digunakan di akun social media mereka.

12. Gunakan Layanan WhoIs

Layanan WhoIs juga bisa digunakan untuk mengetahui informasi tentang hosting yang digunakan oleh sebuah website. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu memasukkan domain website tersebut ke dalam kolom yang disediakan.

13. Cek di Google

Kamu bisa mencari informasi tentang hosting yang digunakan oleh sebuah website di Google. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu memasukkan nama hosting atau nama perusahaan hosting ke dalam kolom pencarian Google.

Baca Juga :  Hosting Google Cloud

14. Cek di Forum Diskusi

Banyak forum diskusi yang membahas tentang hosting. Kamu bisa mencari informasi tentang hosting yang digunakan oleh sebuah website di forum-forum diskusi tersebut.

15. Tanya ke Pemilik Website

Jika kamu ingin mengetahui hosting apa yang digunakan oleh sebuah website, kamu bisa langsung tanya ke pemilik website tersebut. Mereka biasanya akan dengan senang hati memberikan informasi tentang hosting yang mereka gunakan.

16. Cek di Layanan Web Hosting Checker

Ada banyak layanan web hosting checker yang bisa digunakan untuk mengetahui hosting yang digunakan oleh sebuah website. Layanan-layanan tersebut biasanya gratis dan mudah digunakan.

17. Cek di Layanan WhoIs Lookup

Layanan WhoIs Lookup juga bisa digunakan untuk mengetahui informasi tentang hosting yang digunakan oleh sebuah website. Kamu hanya perlu memasukkan domain website tersebut ke dalam kolom yang disediakan.

18. Cek di Layanan DNS Checker

Layanan DNS Checker juga bisa digunakan untuk mengetahui informasi tentang hosting yang digunakan oleh sebuah website. Kamu hanya perlu memasukkan domain website tersebut ke dalam kolom yang disediakan.

19. Cek di Layanan IP Lookup

Layanan IP Lookup juga bisa digunakan untuk mengetahui informasi tentang hosting yang digunakan oleh sebuah website. Kamu hanya perlu memasukkan IP address website tersebut ke dalam kolom yang disediakan.

20. Cek di Layanan Web Hosting Directory

Ada banyak web hosting directory yang bisa digunakan untuk mencari informasi tentang hosting yang digunakan oleh sebuah website. Kamu bisa mencari informasi tentang hosting yang digunakan di web hosting directory tersebut.

Kesimpulan

Itulah 20 cara untuk mengetahui hosting yang digunakan oleh sebuah website. Dari ke-20 cara tersebut, kamu bisa memilih salah satu yang paling mudah dan nyaman untuk digunakan. Ingatlah bahwa hosting adalah salah satu faktor penting dalam keberhasilan sebuah website, jadi pastikan kamu memilih hosting yang terbaik untuk websitemu.

Baca Juga :  Control Panel Hosting: Cara Mudah Akses untuk Pengguna

Pertanyaan Umum

  1. Apakah semua website mencantumkan informasi tentang hosting yang digunakan?
  2. Tidak semua website mencantumkan informasi tentang hosting yang digunakan. Namun, banyak website yang mencantumkan informasi tersebut di bagian footer atau halaman Tentang Kami.

  3. Apakah ada layanan yang bisa digunakan untuk mengetahui hosting yang digunakan secara gratis?
  4. Ya, ada banyak layanan yang bisa digunakan untuk mengetahui hosting yang digunakan secara gratis.

  5. Apakah memilih hosting yang terbaik sangat penting?
  6. Ya, memilih hosting yang terbaik sangat penting karena hosting adalah salah satu faktor penting dalam keberhasilan sebuah website.

Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.

Related video of Cara Mengetahui Hosting yang Digunakan Website