LintasYogya | Cara Mengetahui Hosting Website dengan Mudah
Cara Mengetahui Hosting Website dengan Mudah

Cara Mengetahui Hosting Website dengan Mudah

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Bagi kamu yang baru saja memulai membuat website, pasti pernah mendengar kata hosting. Hosting adalah tempat penyimpanan website dan file-file yang diperlukan untuk menjalankan website. Dalam artikel ini, Lintasyogya akan membahas cara mengetahui hosting website dengan mudah. Yuk, simak selengkapnya!

1. Periksa di Panel Admin Website

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan memeriksa di panel admin website. Biasanya, di panel admin website kamu akan menemukan informasi tentang hosting yang digunakan. Caranya, login ke panel admin website lalu cari menu informasi website atau informasi teknis.

FAQ: Apa itu panel admin website?

Pertanyaan Jawaban
Apa itu panel admin website? Panel admin website adalah halaman yang digunakan untuk mengelola dan mengedit konten di website.

2. Cek Email Konfirmasi Pembelian Hosting

Jika kamu membeli hosting dari provider hosting tertentu, biasanya kamu akan mendapatkan email konfirmasi pembelian hosting. Di dalam email tersebut biasanya terdapat informasi tentang hosting yang kamu gunakan.

FAQ: Apa itu provider hosting?

Pertanyaan Jawaban
Apa itu provider hosting? Provider hosting adalah perusahaan yang menyediakan layanan hosting untuk website.

3. Gunakan Tool Pengetahuan Hosting

Terdapat banyak tool pengetahuan hosting yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui hosting website. Beberapa contohnya adalah Whois Lookup, WhatIsMyIP, dan lain sebagainya.

FAQ: Apa itu Whois Lookup?

Pertanyaan Jawaban
Apa itu Whois Lookup? Whois Lookup adalah tool untuk mengetahui informasi tentang domain dan hosting website.

4. Gunakan Tool Cek Hosting

Terdapat juga banyak tool cek hosting yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui hosting website. Beberapa contohnya adalah DomainTools, Netcraft, dan lain sebagainya.

FAQ: Apa itu Netcraft?

Pertanyaan Jawaban
Apa itu Netcraft? Netcraft adalah tool untuk mengetahui informasi tentang hosting website dan keamanannya.
Baca Juga :  Google Website Hosting

5. Gunakan Tool Cek DNS

Tool cek DNS juga bisa membantumu mengetahui hosting website. Beberapa contohnya adalah MX Lookup, DNSStuff, dan lain sebagainya.

FAQ: Apa itu DNS?

Pertanyaan Jawaban
Apa itu DNS? DNS adalah sistem yang digunakan untuk menghubungkan nama domain dengan alamat IP.

6. Hubungi Provider Hosting

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, kamu bisa mencoba untuk menghubungi provider hosting yang kamu gunakan. Biasanya, provider hosting akan memberikan informasi tentang hosting website yang kamu gunakan.

FAQ: Apa itu support provider hosting?

Pertanyaan Jawaban
Apa itu support provider hosting? Support provider hosting adalah tim yang siap membantu kamu jika terjadi masalah di website yang kamu kelola.

7. Cek Informasi di Whois

Whois adalah database yang menyimpan informasi tentang domain dan hosting website. Kamu bisa mencoba untuk mencari informasi tentang hosting website kamu di Whois.

FAQ: Apa itu Whois?

Pertanyaan Jawaban
Apa itu Whois? Whois adalah database yang menyimpan informasi tentang domain dan hosting website.

8. Cek Informasi di IP Address

IP address adalah alamat unik yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat di internet. Kamu bisa mencoba untuk mencari informasi tentang hosting website kamu berdasarkan IP address.

FAQ: Apa itu IP address?

Pertanyaan Jawaban
Apa itu IP address? IP address adalah alamat unik yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat di internet.

9. Gunakan Tool Cek Keamanan Website

Beberapa tool cek keamanan website juga bisa membantumu mengetahui hosting website. Beberapa contohnya adalah Sucuri SiteCheck, VirusTotal, dan lain sebagainya.

FAQ: Apa itu Sucuri SiteCheck?

Pertanyaan Jawaban
Apa itu Sucuri SiteCheck? Sucuri SiteCheck adalah tool untuk mengecek keamanan website dari serangan malware.
Baca Juga :  Cara Edit Website yang Sudah di Hosting dengan Mudah dan Santai

10. Cek di Google

Terakhir, kamu juga bisa mencoba untuk mencari informasi tentang hosting website kamu di Google. Biasanya, informasi tentang hosting website akan muncul di hasil pencarian Google.

FAQ: Apa itu Google?

Pertanyaan Jawaban
Apa itu Google? Google adalah mesin pencari yang paling populer di dunia.

Itulah 10 cara mengetahui hosting website dengan mudah. Kamu bisa mencoba salah satu atau beberapa cara di atas untuk menemukan informasi tentang hosting website kamu. Jika masih bingung atau memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi provider hosting atau mencari informasi di forum-forum diskusi tentang website.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu menemukan informasi tentang hosting website. Terima kasih telah membaca artikel Lintasyogya dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.

Related video of Cara Mengetahui Hosting Website dengan Mudah