LintasYogya | Cara Menambahkan Domain ke Hosting Niagahoster
Cara Menambahkan Domain ke Hosting Niagahoster

Cara Menambahkan Domain ke Hosting Niagahoster

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Apakah kamu sudah memiliki domain dan ingin menampilkannya di website kamu? Jika sudah, kamu hanya perlu menambahkan domain tersebut ke hosting yang kamu gunakan. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara menambahkan domain ke hosting Niagahoster. Simak baik-baik ya!

Persiapan Sebelum Menambahkan Domain

  1. Memiliki domain
  2. Sebelum menambahkan domain ke hosting Niagahoster, pastikan kamu sudah memiliki domain terlebih dahulu. Jika kamu belum memiliki domain, kamu bisa membelinya di Niagahoster atau penyedia domain lainnya.

  3. Memiliki akun hosting Niagahoster
  4. Untuk menambahkan domain ke hosting Niagahoster, pastikan kamu sudah memiliki akun hosting di Niagahoster. Jika belum, kamu bisa daftar terlebih dahulu di website Niagahoster.

  5. Menyiapkan alamat nameserver
  6. Sebelum menambahkan domain, pastikan kamu sudah menyiapkan alamat nameserver yang diberikan oleh Niagahoster. Biasanya, alamat nameserver ini terdiri dari dua buah dan bisa kamu dapatkan di akun hosting Niagahoster.

Tahap-tahap Menambahkan Domain ke Hosting Niagahoster

Langkah 1: Masuk ke Akun Hosting Niagahoster

Langkah pertama adalah masuk ke akun hosting Niagahoster yang kamu miliki. Setelah masuk, klik menu “Hosting” dan pilih website yang ingin kamu tambahkan domainnya.

Langkah 2: Masuk ke cPanel

Setelah memilih website yang ingin ditambahkan domainnya, kamu akan diarahkan ke halaman cPanel. Klik menu “Domain” dan pilih “Addon Domains”.

Langkah 3: Isi Formulir Addon Domain

Setelah masuk ke halaman “Addon Domains”, kamu akan diminta untuk mengisi formulir tambahan domain. Berikut adalah informasi yang perlu diisi:

  1. New Domain Name: Masukkan nama domain baru yang ingin kamu tambahkan.
  2. Subdomain/FTP Username: Isi dengan nama subdomain atau username FTP yang ingin kamu gunakan. Kamu bisa memilih untuk menggunakan nama yang sama dengan domain atau membuat nama baru.
  3. Password: Masukkan password untuk subdomain atau FTP yang baru.
  4. Document Root: Isi dengan direktori utama dari website kamu. Biasanya, direktori ini akan diisi otomatis.
Baca Juga :  Cara Mengetahui Website Menggunakan Hosting Apa

Setelah selesai mengisi formulir, klik tombol “Add Domain” untuk menambahkan domain baru ke hosting Niagahoster.

Langkah 4: Konfigurasi DNS

Setelah menambahkan domain ke hosting Niagahoster, langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasi DNS agar domain dapat terhubung dengan website yang sudah ada di hosting. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke akun domain: Masuk ke akun domain yang kamu miliki dan cari menu “DNS Management” atau “Nameservers”.
  2. Ubah nameserver: Ubah alamat nameserver dengan alamat nameserver yang diberikan oleh Niagahoster. Biasanya, kamu hanya perlu mengganti dua buah alamat nameserver.
  3. Tunggu beberapa saat: Setelah mengubah nameserver, tunggu beberapa saat hingga perubahan tersebut berhasil terupdate.

Setelah selesai mengkonfigurasi DNS, kamu sudah berhasil menambahkan domain ke hosting Niagahoster dan domain tersebut dapat terhubung dengan website kamu.

FAQ tentang Menambahkan Domain ke Hosting Niagahoster

1. Apa itu domain?

Domain adalah alamat website yang digunakan untuk memudahkan pengguna dalam mengakses website. Contoh domain adalah www.niagahoster.co.id.

2. Apa itu hosting?

Hosting adalah layanan penyimpanan data website dan memungkinkan website dapat diakses melalui internet.

3. Apa itu nameserver?

Nameserver adalah server yang berfungsi untuk mengarahkan domain ke alamat IP hosting yang digunakan.

4. Apa itu cPanel?

cPanel adalah control panel yang digunakan untuk mengelola website dan hosting.

5. Apa itu DNS?

DNS (Domain Name System) adalah sistem yang digunakan untuk menghubungkan domain dengan alamat IP hosting yang digunakan.

6. Apa yang harus dilakukan jika gagal menambahkan domain ke hosting?

Jika gagal menambahkan domain ke hosting, pastikan semua informasi yang diisi sudah benar dan sesuai. Jika masih gagal, hubungi tim support Niagahoster untuk mendapatkan bantuan.

Baca Juga :  Solusi Terbaik Untuk Menghemat Biaya Website

7. Apakah bisa menambahkan lebih dari satu domain ke hosting Niagahoster?

Ya, kamu bisa menambahkan lebih dari satu domain ke hosting Niagahoster.

Kesimpulan

Menambahkan domain ke hosting Niagahoster sangat mudah dan hanya membutuhkan beberapa langkah saja. Pastikan kamu sudah memiliki domain, akun hosting Niagahoster, dan alamat nameserver sebelum melakukan proses ini. Jangan lupa juga untuk mengkonfigurasi DNS agar domain dapat terhubung dengan website yang sudah ada di hosting. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu!

Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.

Related video of Cara Menambahkan Domain ke Hosting Niagahoster