LintasYogya | Cara Membuat Website di Jagoan Hosting
Cara Membuat Website di Jagoan Hosting

Cara Membuat Website di Jagoan Hosting

Hai, salam Sobat Lintasyogya! Di era digital seperti sekarang ini, memiliki website menjadi sangat penting. Website dapat digunakan sebagai media promosi, penjualan produk atau jasa, hingga menjadi wadah berbagi informasi. Jika Anda ingin memiliki website, Jagoan Hosting dapat menjadi pilihan yang tepat. Berikut ini adalah 20 langkah cara membuat website di Jagoan Hosting.

1. Pilih Paket Hosting

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan website Anda. Jagoan Hosting menyediakan berbagai pilihan paket hosting, mulai dari yang paling murah hingga yang paling mahal. Pilihlah paket yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

FAQ: Apakah saya bisa upgrade paket hosting jika kebutuhan website saya bertambah?

Tentu saja bisa. Jagoan Hosting menyediakan layanan upgrade paket hosting jika kebutuhan website Anda bertambah. Anda dapat menghubungi customer service Jagoan Hosting untuk informasi lebih lanjut.

2. Pilih Domain

Setelah memilih paket hosting, langkah berikutnya adalah memilih domain untuk website Anda. Pilihlah domain yang mudah diingat dan sesuai dengan nama website Anda. Jika domain yang Anda inginkan sudah diambil, Jagoan Hosting menyediakan fitur pencarian domain alternatif.

FAQ: Apakah saya bisa menggunakan domain yang sudah saya miliki sebelumnya?

Tentu saja bisa. Anda dapat melakukan transfer domain ke Jagoan Hosting atau mengatur DNS domain Anda untuk mengarahkan ke server Jagoan Hosting.

3. Login ke CPanel

Setelah memilih paket hosting dan domain, Anda akan mendapatkan informasi login ke CPanel. CPanel adalah kontrol panel yang digunakan untuk mengelola website Anda, seperti mengatur email, database, dan lain-lain.

FAQ: Bagaimana cara mengakses CPanel?

Anda dapat mengakses CPanel dengan menggunakan link yang diberikan oleh Jagoan Hosting atau dengan mengetikkan alamat website Anda diikuti dengan /cpanel (contoh: www.namawebsite.com/cpanel). Kemudian, masukkan username dan password yang diberikan oleh Jagoan Hosting.

4. Install CMS

CMS atau Content Management System adalah sistem yang digunakan untuk mengelola konten website Anda, seperti membuat halaman, menambahkan artikel, dan lain-lain. Jagoan Hosting menyediakan fitur install CMS seperti WordPress, Joomla, dan Drupal.

Baca Juga :  Cara Upload Kuitansi Home Credit dengan Mudah

FAQ: Apakah saya harus membayar untuk menggunakan CMS?

Tidak. CMS seperti WordPress, Joomla, dan Drupal dapat diunduh dan digunakan secara gratis.

5. Pilih Template

Setelah menginstall CMS, langkah selanjutnya adalah memilih template atau tema untuk website Anda. Template akan menentukan tampilan dan layout website Anda. Jagoan Hosting menyediakan berbagai pilihan template gratis dan premium.

FAQ: Apakah saya bisa mengubah template setelah website sudah online?

Tentu saja bisa. Anda dapat mengubah template website kapan saja melalui dashboard CMS yang Anda gunakan.

6. Buat Halaman

Setelah memilih template, langkah selanjutnya adalah membuat halaman untuk website Anda. Halaman dapat berisi informasi tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan, informasi kontak, dan lain-lain.

FAQ: Berapa banyak halaman yang bisa saya buat?

Tidak terbatas. Anda dapat membuat sebanyak mungkin halaman yang Anda butuhkan untuk website Anda.

7. Buat Artikel

Setelah membuat halaman, langkah selanjutnya adalah membuat artikel untuk website Anda. Artikel dapat berisi informasi atau tips yang berguna bagi pengunjung website Anda.

FAQ: Berapa banyak artikel yang sebaiknya saya buat?

Tidak ada jumlah pasti. Buatlah artikel sebanyak mungkin yang berguna bagi pengunjung website Anda. Namun, pastikan artikel yang Anda buat berkualitas dan bermanfaat.

8. Tambahkan Gambar

Untuk membuat website lebih menarik, Anda dapat menambahkan gambar pada halaman atau artikel. Jagoan Hosting menyediakan fitur upload gambar yang mudah digunakan.

FAQ: Apakah saya harus membayar untuk menyimpan gambar di hosting?

Tidak. Jagoan Hosting menyediakan space hosting yang cukup besar untuk menyimpan gambar dan file-file website Anda.

9. Aktifkan SSL

SSL adalah protokol keamanan yang digunakan untuk melindungi data pengunjung website Anda. Jagoan Hosting menyediakan fitur SSL gratis untuk semua paket hosting.

FAQ: Apakah SSL penting untuk website saya?

Sangat penting. SSL dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung dan juga meningkatkan ranking website Anda di mesin pencari.

10. Buat Email

Setelah aktivasi SSL, langkah selanjutnya adalah membuat email dengan domain Anda. Email dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pengunjung atau pelanggan Anda.

Baca Juga :  Cara Upload WordPress Hosting dengan Mudah dan Santai

FAQ: Berapa banyak email yang bisa saya buat?

Tidak terbatas. Anda dapat membuat sebanyak mungkin email yang Anda butuhkan.

11. Tambahkan Contact Form

Contact form adalah formulir yang digunakan untuk pengunjung website Anda mengirimkan pesan atau pertanyaan kepada Anda. Jagoan Hosting menyediakan fitur contact form yang mudah digunakan.

FAQ: Apakah saya bisa mengatur email penerima dari contact form?

Tentu saja bisa. Anda dapat mengatur email penerima dari contact form melalui dashboard CMS yang Anda gunakan.

12. Tambahkan Social Media Button

Social media button adalah tombol yang digunakan untuk mengarahkan pengunjung website Anda ke akun social media Anda. Jagoan Hosting menyediakan fitur social media button yang mudah digunakan.

FAQ: Apakah saya bisa mengatur tampilan social media button?

Tentu saja bisa. Anda dapat mengatur tampilan social media button melalui dashboard CMS yang Anda gunakan.

13. Aktifkan Google Analytics

Google Analytics adalah alat yang digunakan untuk melacak pengunjung website Anda. Dengan Google Analytics, Anda dapat mengetahui jumlah pengunjung, lokasi pengunjung, dan lain-lain. Jagoan Hosting menyediakan fitur Google Analytics yang mudah digunakan.

FAQ: Apakah saya harus membayar untuk menggunakan Google Analytics?

Tidak. Google Analytics dapat digunakan secara gratis.

14. Tambahkan SEO Plugin

SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik yang digunakan untuk meningkatkan ranking website Anda di mesin pencari. Jagoan Hosting menyediakan fitur SEO plugin seperti Yoast SEO dan All in One SEO Pack.

FAQ: Apakah saya harus membayar untuk menggunakan SEO plugin?

Tidak. SEO plugin seperti Yoast SEO dan All in One SEO Pack dapat digunakan secara gratis.

15. Backup Website Anda

Backup website Anda secara berkala sangat penting untuk menghindari kehilangan data. Jagoan Hosting menyediakan fitur backup website yang mudah digunakan.

FAQ: Berapa sering sebaiknya saya melakukan backup website?

Sebaiknya dilakukan setiap minggu atau setiap bulan, tergantung dari frekuensi update website Anda.

Baca Juga :  Cara Blok File Hosting dengan Mudah dan Santai untuk Sobat Lintasyogya

16. Tambahkan Fitur E-commerce

Jika Anda ingin menjual produk atau jasa melalui website Anda, Anda dapat menambahkan fitur e-commerce. Jagoan Hosting menyediakan fitur e-commerce seperti WooCommerce dan PrestaShop.

FAQ: Apakah saya harus membayar untuk menggunakan fitur e-commerce?

Tidak. Fitur e-commerce seperti WooCommerce dan PrestaShop dapat digunakan secara gratis.

17. Tambahkan Fitur Chat

Fitur chat dapat digunakan untuk berkomunikasi langsung dengan pengunjung website Anda. Jagoan Hosting menyediakan fitur chat yang mudah digunakan.

FAQ: Apakah saya harus membayar untuk menggunakan fitur chat?

Tidak. Jagoan Hosting menyediakan fitur chat gratis untuk semua paket hosting.

18. Monitor Website Anda

Setelah website Anda online, langkah selanjutnya adalah memonitor website Anda secara berkala. Jika terdapat masalah atau error, segera perbaiki agar tidak mengganggu pengunjung website Anda.

FAQ: Apakah Jagoan Hosting menyediakan layanan monitoring website?

Tidak. Namun, Anda dapat menggunakan layanan monitoring website seperti UptimeRobot atau Pingdom.

19. Update Website Anda

Update website Anda secara berkala dengan menambahkan artikel atau produk baru, atau mengubah tampilan website Anda. Dengan update yang rutin, Anda dapat meningkatkan traffic dan ranking website Anda di mesin pencari.

FAQ: Apakah saya harus membayar untuk update website saya?

Tidak. Anda dapat melakukan update website Anda secara gratis.

20. Promosikan Website Anda

Terakhir, promosikan website Anda melalui social media atau iklan online. Dengan promosi yang tepat, Anda dapat menarik pengunjung dan meningkatkan penjualan produk atau jasa Anda.

FAQ: Apakah Jagoan Hosting menyediakan layanan promosi website?

Tidak. Namun, Anda dapat menggunakan layanan promosi website seperti Google AdWords atau Facebook Ads.

Demikianlah 20 langkah cara membuat website di Jagoan Hosting. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin memiliki website. Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.

Related video of Cara Membuat Website di Jagoan Hosting