LintasYogya | Cara Membuat VPS untuk Hosting
Cara Membuat VPS untuk Hosting

Cara Membuat VPS untuk Hosting

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat VPS untuk hosting. VPS atau Virtual Private Server adalah sebuah teknologi yang memungkinkan kita untuk memiliki server virtual yang dapat diakses dari mana saja. Nah, jika kamu ingin membuat website atau aplikasi yang membutuhkan server khusus, maka VPS ini bisa jadi solusi yang tepat.

Persiapan Awal

  1. Pilih Layanan VPS
  2. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih layanan VPS yang akan kamu gunakan. Ada banyak layanan VPS yang tersedia di pasaran seperti Amazon Web Services, Digital Ocean, Vultr, dan sebagainya. Pilihlah layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu.

  3. Pilih Sistem Operasi
  4. Setelah memilih layanan VPS, selanjutnya kamu harus memilih sistem operasi yang akan digunakan di VPS kamu. Sistem operasi yang umum digunakan untuk VPS adalah Linux seperti Ubuntu, CentOS, atau Debian. Pilihlah sistem operasi yang kamu kuasai atau yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu.

  5. Siapkan SSH Client
  6. Untuk mengakses VPS kamu, kamu memerlukan SSH client. SSH client adalah sebuah software yang digunakan untuk mengakses VPS melalui koneksi internet. Beberapa SSH client yang umum digunakan adalah PuTTY dan OpenSSH.

  7. Buat Akun di Layanan VPS
  8. Setelah semuanya siap, buatlah akun di layanan VPS yang kamu pilih. Isi data yang diminta dengan benar dan lengkap.

Langkah-langkah Membuat VPS

  1. Buat VPS di Layanan yang Dipilih
  2. Setelah memiliki akun di layanan VPS, kamu bisa membuat VPS dengan mengikuti tutorial yang tersedia di website layanan VPS tersebut. Pastikan kamu memilih spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

  3. Akses VPS dengan SSH Client
  4. Setelah VPS berhasil dibuat, selanjutnya kamu bisa mengakses VPS dengan SSH client. Masukkan IP address, username, dan password VPS kamu ke dalam SSH client.

  5. Update dan Upgrade Sistem Operasi
  6. Setelah berhasil masuk ke VPS, langkah selanjutnya adalah melakukan update dan upgrade sistem operasi. Jalankan perintah berikut di terminal:

    sudo apt-get update && sudo apt-get upgrade

  7. Install Web Server
  8. Setelah sistem operasi diupdate, selanjutnya kamu bisa menginstal web server seperti Apache atau Nginx. Jalankan perintah berikut di terminal:

    • Apache
    • sudo apt-get install apache2

    • Nginx
    • sudo apt-get install nginx

  9. Install PHP dan MySQL
  10. Setelah web server terinstal, kamu juga memerlukan PHP dan MySQL untuk menjalankan website atau aplikasi kamu. Jalankan perintah berikut di terminal:

    • PHP
    • sudo apt-get install php libapache2-mod-php php-mysql

    • MySQL
    • sudo apt-get install mysql-server

  11. Setup Firewall
  12. Setelah semuanya terinstal, kamu juga perlu mengatur firewall untuk melindungi VPS kamu dari serangan hacker. Jalankan perintah berikut di terminal:

    • UFW
    • sudo ufw allow ssh

      sudo ufw allow http

      sudo ufw allow https

      sudo ufw enable

    • iptables
    • sudo iptables -A INPUT -p tcp --dport ssh -j ACCEPT

      sudo iptables -A INPUT -p tcp --dport http -j ACCEPT

      sudo iptables -A INPUT -p tcp --dport https -j ACCEPT

      sudo iptables -A INPUT -j DROP

  13. Deploy Website atau Aplikasi
  14. Setelah semuanya siap, kamu bisa deploy website atau aplikasi kamu ke VPS yang sudah kamu buat. Kamu bisa mengupload file-file website atau aplikasi kamu melalui FTP atau menggunakan Git.

  15. Pengaturan DNS
  16. Setelah website atau aplikasi kamu sudah dideploy, selanjutnya kamu bisa mengatur DNS agar website kamu bisa diakses melalui domain yang kamu miliki. Kamu bisa mengatur DNS di dashboard layanan domain yang kamu miliki.

  17. Backup Data
  18. Terakhir, jangan lupa untuk melakukan backup data secara teratur agar data kamu tetap aman dan terhindar dari kehilangan data.

Baca Juga :  Cara Hosting Web PHP Gratis dengan Santai dan Unik

FAQ

  1. Apa itu VPS?
  2. VPS atau Virtual Private Server adalah sebuah teknologi yang memungkinkan kita untuk memiliki server virtual yang dapat diakses dari mana saja.

  3. Bagaimana cara memilih layanan VPS yang tepat?
  4. Pilihlah layanan VPS yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu.

  5. Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum membuat VPS?
  6. Kamu harus mempersiapkan SSH client, memilih sistem operasi, dan membuat akun di layanan VPS.

  7. Apa saja yang harus diinstal di VPS?
  8. Kamu harus menginstal web server seperti Apache atau Nginx, PHP, MySQL, dan firewall.

  9. Bagaimana cara mengakses VPS?
  10. Kamu bisa mengakses VPS dengan SSH client.

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah tahu cara membuat VPS untuk hosting. Dengan VPS, kamu bisa memiliki server khusus untuk website atau aplikasi kamu. Selamat mencoba!

Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.

Related video of Cara Membuat VPS untuk Hosting