LintasYogya | Cara Membuat Hosting Free
Cara Membuat Hosting Free

Cara Membuat Hosting Free

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Pernahkah kamu berpikir untuk membuat hosting sendiri? Tapi, kamu tidak memiliki biaya untuk membeli hosting berbayar? Tenang saja, kini ada banyak layanan hosting gratis yang bisa kamu gunakan.

1. Pilih Platform

Sebelum membuat hosting, kamu harus memilih platform yang akan digunakan. Ada banyak platform seperti WordPress, Joomla, Drupal, dan lain-lain. Pilih platform yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

1.1 WordPress

WordPress adalah platform yang paling banyak digunakan. Kamu bisa membuat website atau blog dengan mudah menggunakan WordPress. Selain itu, WordPress juga memiliki banyak plugin dan tema yang bisa kamu gunakan untuk memperindah website atau blogmu.

1.2 Joomla

Joomla juga merupakan platform yang populer. Kamu bisa membuat website dengan tampilan yang profesional menggunakan Joomla. Namun, Joomla lebih sulit digunakan dibandingkan dengan WordPress.

2. Pilih Layanan Hosting Gratis

Setelah memilih platform, kamu harus mencari layanan hosting gratis yang bisa kamu gunakan. Berikut adalah beberapa layanan hosting gratis yang bisa kamu gunakan:

Layanan Hosting Gratis Kelebihan Kekurangan
000webhost Unlimited disk space, bandwidth, dan email Iklan yang cukup mengganggu
Freehostia 5 domain, 250 MB disk space, 6 GB bandwidth Server sering down
AwardSpace Unlimited disk space dan bandwidth Iklan yang cukup mengganggu

2.1 000webhost

000webhost adalah salah satu layanan hosting gratis yang paling populer. Kamu bisa mendapatkan unlimited disk space, bandwidth, dan email. Namun, iklan yang cukup mengganggu sering muncul di website atau blogmu.

2.2 Freehostia

Freehostia menyediakan 5 domain, 250 MB disk space, dan 6 GB bandwidth. Namun, server sering down sehingga website atau blogmu tidak bisa diakses oleh pengunjung.

2.3 AwardSpace

AwardSpace menyediakan unlimited disk space dan bandwidth. Namun, iklan yang cukup mengganggu juga sering muncul di website atau blogmu.

Baca Juga :  Mengapa vps hosting lebih mahal daripada shared hosting

3. Daftar dan Buat Akun

Setelah memilih layanan hosting gratis yang ingin kamu gunakan, kamu harus mendaftar dan membuat akun. Biasanya, kamu hanya perlu mengisi formulir pendaftaran dan verifikasi email.

3.1 Daftar di 000webhost

Jika kamu memilih 000webhost, kamu bisa daftar di website mereka dan membuat akun. Setelah itu, kamu bisa login ke cPanel dan membuat website atau blogmu.

3.2 Daftar di Freehostia

Untuk mendaftar di Freehostia, kamu harus mengisi formulir pendaftaran di website mereka. Setelah mendaftar, kamu bisa login ke cPanel dan membuat website atau blogmu.

3.3 Daftar di AwardSpace

Jika kamu memilih AwardSpace, kamu bisa mendaftar di website mereka dan membuat akun. Setelah itu, kamu bisa login ke cPanel dan membuat website atau blogmu.

4. Install Platform

Setelah membuat akun, kamu harus menginstall platform yang telah kamu pilih. Biasanya, layanan hosting gratis sudah menyediakan fitur auto installer untuk memudahkan kamu dalam menginstall platform.

4.1 Install WordPress di 000webhost

Jika kamu memilih WordPress, kamu bisa menginstallnya dengan mudah di 000webhost. Kamu hanya perlu mengakses cPanel dan memilih fitur auto installer untuk menginstall WordPress.

4.2 Install Joomla di Freehostia

Jika kamu memilih Joomla, kamu bisa menginstallnya dengan mudah di Freehostia. Kamu hanya perlu mengakses cPanel dan memilih fitur auto installer untuk menginstall Joomla.

4.3 Install Drupal di AwardSpace

Jika kamu memilih Drupal, kamu bisa menginstallnya dengan mudah di AwardSpace. Kamu hanya perlu mengakses cPanel dan memilih fitur auto installer untuk menginstall Drupal.

5. Buat Website atau Blog

Setelah menginstall platform, kamu bisa mulai membuat website atau blogmu. Kamu bisa memilih tema dan plugin yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Baca Juga :  Penjelasan Tentang Cloud Hosting Free Trial

5.1 Buat Website dengan WordPress

Jika kamu menggunakan WordPress, kamu bisa memilih tema dan plugin yang tersedia di WordPress.org atau membeli tema dan plugin premium.

5.2 Buat Website dengan Joomla

Jika kamu menggunakan Joomla, kamu bisa memilih tema dan extension yang tersedia di Joomla.org atau membeli tema dan extension premium.

5.3 Buat Website dengan Drupal

Jika kamu menggunakan Drupal, kamu bisa memilih tema dan module yang tersedia di Drupal.org atau membeli tema dan module premium.

6. Tambahkan Domain

Jika kamu ingin menggunakan domain sendiri, kamu bisa menambahkan domain yang sudah kamu miliki ke layanan hosting gratis yang kamu gunakan.

6.1 Tambahkan Domain di 000webhost

Jika kamu menggunakan 000webhost, kamu bisa menambahkan domain yang sudah kamu miliki dengan mengakses fitur add domain di cPanel.

6.2 Tambahkan Domain di Freehostia

Jika kamu menggunakan Freehostia, kamu bisa menambahkan domain yang sudah kamu miliki dengan mengakses fitur domain manager di cPanel.

6.3 Tambahkan Domain di AwardSpace

Jika kamu menggunakan AwardSpace, kamu bisa menambahkan domain yang sudah kamu miliki dengan mengakses fitur domain manager di cPanel.

7. Upload Konten

Setelah semuanya selesai, kamu bisa mulai upload konten ke website atau blogmu. Kamu bisa membuat artikel, gambar, video, atau konten lainnya yang sesuai dengan niche atau topik website atau blogmu.

7.1 Upload Konten di WordPress

Jika kamu menggunakan WordPress, kamu bisa membuat artikel atau konten lainnya dengan mudah di dashboard WordPress.

7.2 Upload Konten di Joomla

Jika kamu menggunakan Joomla, kamu bisa membuat artikel atau konten lainnya dengan mudah di dashboard Joomla.

7.3 Upload Konten di Drupal

Jika kamu menggunakan Drupal, kamu bisa membuat artikel atau konten lainnya dengan mudah di dashboard Drupal.

Baca Juga :  Google Free Website Hosting

FAQ

  1. Apakah layanan hosting gratis aman?

    Ya, layanan hosting gratis aman asalkan kamu memilih layanan yang terpercaya dan aman.

  2. Apakah layanan hosting gratis memiliki keterbatasan?

    Ya, layanan hosting gratis memiliki keterbatasan seperti disk space, bandwidth, dan fitur-fitur lainnya.

  3. Apakah saya bisa menghasilkan uang dari website atau blog yang menggunakan layanan hosting gratis?

    Ya, kamu bisa menghasilkan uang dari website atau blog yang menggunakan layanan hosting gratis seperti Google AdSense atau affiliate marketing.

Kesimpulan

Membuat hosting gratis tidak sulit dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Kamu hanya perlu memilih platform yang sesuai dengan kebutuhanmu dan layanan hosting gratis yang terpercaya. Selain itu, kamu juga harus memahami cara menginstall platform, membuat website atau blog, dan mengupload konten. Dengan hosting gratis, kamu bisa memulai bisnis online atau mengembangkan skillmu di bidang digital marketing.

Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.

Related video of Cara Membuat Hosting Free