LintasYogya | Cara Membuat Hosting dan Domain Gratis
Cara Membuat Hosting dan Domain Gratis

Cara Membuat Hosting dan Domain Gratis

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Apakah kalian ingin membuat website, tapi masih bingung dengan proses pembuatan hosting dan domain? Jangan khawatir, artikel ini akan membahas cara membuat hosting dan domain gratis dengan mudah. Yuk, simak langkah-langkahnya!

1. Pilih Platform Hosting Gratis

Langkah pertama adalah memilih platform hosting gratis yang akan digunakan. Beberapa platform hosting gratis yang populer adalah 000webhost, InfinityFree, dan Freehostia. Pastikan memilih platform yang memiliki fitur yang dibutuhkan untuk website Anda.

1.1. 000webhost

000webhost adalah platform hosting gratis yang menawarkan fitur seperti cPanel, MySQL, dan PHP. Selain itu, mereka juga menyediakan SSL gratis untuk meningkatkan keamanan website Anda.

Kelebihan:

  • Gratis
  • Fitur cPanel, MySQL, dan PHP
  • SSL gratis

Kekurangan:

  • Adanya iklan pada website
  • Performa website kurang stabil

1.2. InfinityFree

InfinityFree adalah platform hosting gratis yang menawarkan fitur seperti unlimited disk space dan bandwidth. Mereka juga menyediakan fitur seperti cPanel, PHP, dan MySQL.

Kelebihan:

  • Gratis
  • Unlimited disk space dan bandwidth
  • Fitur cPanel, PHP, dan MySQL

Kekurangan:

  • Adanya batasan penggunaan CPU
  • Performa website kurang stabil

1.3. Freehostia

Freehostia adalah platform hosting gratis yang menawarkan fitur seperti 250 MB disk space dan 6 GB bandwidth. Mereka juga menyediakan fitur seperti PHP, MySQL, dan email hosting.

Kelebihan:

  • Gratis
  • Fitur PHP, MySQL, dan email hosting
  • Performa website stabil

Kekurangan:

  • Batasan disk space dan bandwidth yang rendah
  • Adanya iklan pada website

2. Daftar dan Buat Akun

Setelah memilih platform hosting gratis yang akan digunakan, langkah selanjutnya adalah mendaftar dan membuat akun. Pastikan mengisi data-data dengan benar dan lengkap agar proses pendaftaran lancar.

3. Pilih dan Daftarkan Domain Gratis

Setelah membuat akun hosting gratis, langkah selanjutnya adalah memilih dan mendaftarkan domain gratis. Beberapa platform hosting gratis seperti 000webhost dan InfinityFree menyediakan domain gratis yang dapat dipilih.

Baca Juga :  Cara Hosting Web Sendiri dengan Mudah dan Santai

4. Konfigurasi DNS

Setelah mendapatkan domain gratis, langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasi DNS. Caranya adalah dengan mengubah nameserver domain menjadi nameserver yang disediakan oleh platform hosting gratis yang digunakan.

5. Upload File Website

Setelah konfigurasi DNS selesai, langkah selanjutnya adalah mengupload file website ke dalam server hosting gratis. Caranya adalah dengan menggunakan FTP client seperti FileZilla.

6. Testing Website

Setelah file website diupload, langkah terakhir adalah melakukan testing website. Pastikan website dapat diakses dengan baik dan tidak ada masalah pada tampilan maupun fungsionalitasnya.

FAQ

1. Apa saja platform hosting gratis yang populer?

Beberapa platform hosting gratis yang populer adalah 000webhost, InfinityFree, dan Freehostia.

2. Apa saja fitur yang harus diperhatikan saat memilih platform hosting gratis?

Beberapa fitur yang harus diperhatikan saat memilih platform hosting gratis adalah disk space, bandwidth, cPanel, PHP, MySQL, email hosting, dan SSL.

3. Bagaimana cara mengkonfigurasi DNS?

Caranya adalah dengan mengubah nameserver domain menjadi nameserver yang disediakan oleh platform hosting gratis yang digunakan.

4. Bagaimana cara mengupload file website ke dalam server hosting gratis?

Caranya adalah dengan menggunakan FTP client seperti FileZilla.

5. Apa yang harus dilakukan jika ada masalah pada website?

Jika ada masalah pada website, coba periksa kembali konfigurasi DNS dan file website yang diupload. Jika masih ada masalah, hubungi customer support dari platform hosting gratis yang digunakan.

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat hosting dan domain gratis dengan mudah. Pastikan memilih platform hosting gratis yang sesuai dengan kebutuhan website Anda dan melakukan testing website sebelum dipublikasikan. Selamat mencoba!

Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.

Baca Juga :  Cara Membuat Domain dan Hosting Gratis

Related video of Cara Membuat Hosting dan Domain Gratis