LintasYogya | Cara Konfigurasi Control Panel Hosting EHCP
Cara Konfigurasi Control Panel Hosting EHCP

Cara Konfigurasi Control Panel Hosting EHCP

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Jika kamu baru saja membeli hosting dan ingin mengelola website kamu sendiri, kamu memerlukan sebuah control panel. Salah satu control panel yang populer adalah EHCP (Easy Hosting Control Panel). Dalam artikel ini, kami akan membahas cara konfigurasi EHCP secara lengkap dan mudah dipahami. Yuk, simak!

Persiapan Sebelum Konfigurasi EHCP

Sebelum melakukan konfigurasi EHCP, kamu perlu mempersiapkan beberapa hal berikut:

  1. Username dan password root server
  2. Akses ke panel kontrol server
  3. Domain yang akan di-hosting

Langkah-langkah Konfigurasi EHCP

1. Login ke Panel Kontrol Server

Pertama-tama, kamu perlu login ke panel kontrol server menggunakan username dan password root. Setelah berhasil login, kamu akan diarahkan ke halaman utama panel kontrol server.

2. Download File EHCP

Setelah login ke panel kontrol server, kamu perlu download file EHCP. Kamu bisa mendownload file ini melalui website resmi EHCP atau melalui terminal dengan menjalankan perintah:

wget https://github.com/aaPanel/aaPanel/raw/master/install.sh

3. Install EHCP

Setelah berhasil mendownload file EHCP, kamu perlu menjalankan perintah untuk menginstall EHCP:

bash install.sh

Tunggu hingga proses instalasi selesai. Setelah selesai, kamu bisa mengakses EHCP melalui browser dengan mengetikkan alamat IP server diikuti dengan port 8080. Contohnya: http://192.168.0.1:8080

4. Konfigurasi EHCP

4.1. Login ke EHCP

Setelah berhasil mengakses EHCP, kamu akan diminta untuk login menggunakan username dan password. Masukkan username dan password yang telah kamu buat saat menginstall EHCP.

4.2. Tambahkan Domain

Setelah berhasil login ke EHCP, kamu perlu menambahkan domain yang akan di-hosting. Klik tombol “Add Domain” dan masukkan nama domain serta alamat email yang akan digunakan sebagai admin akun domain.

4.3. Tambahkan Database

Jika kamu memerlukan database untuk website kamu, kamu bisa menambahkan database dengan klik tombol “Add Database” dan mengisi form yang tersedia.

Baca Juga :  Cara Kerja Web Hosting: Memahami Dasar-dasar Hosting untuk Website Anda

4.4. Tambahkan Email

Jika kamu ingin membuat email dengan domain yang kamu hosting, kamu bisa menambahkan email dengan klik tombol “Add Email” dan mengisi form yang tersedia.

4.5. Tambahkan FTP

Jika kamu ingin mengakses file website kamu menggunakan FTP, kamu bisa menambahkan akun FTP dengan klik tombol “Add FTP” dan mengisi form yang tersedia.

4.6. Konfigurasi DNS

Setelah menambahkan domain, kamu perlu mengkonfigurasi DNS domain tersebut. Kamu bisa menambahkan record DNS dengan klik tombol “Add DNS” dan mengisi form yang tersedia.

4.7. Konfigurasi SSL

Jika kamu ingin menggunakan SSL untuk website kamu, kamu bisa mengkonfigurasi SSL dengan klik tombol “SSL” dan mengisi form yang tersedia.

5. Selesai

Selamat, kamu sudah berhasil melakukan konfigurasi EHCP. Sekarang kamu sudah bisa mengelola website kamu dengan mudah menggunakan EHCP. Jika kamu mengalami masalah atau kesulitan dalam menggunakan EHCP, kamu bisa melihat FAQ di bawah ini atau menghubungi tim support hosting kamu.

FAQ

1. Apa itu EHCP?

EHCP (Easy Hosting Control Panel) adalah salah satu control panel hosting yang populer dan mudah digunakan.

2. Bagaimana cara mengakses EHCP?

Kamu bisa mengakses EHCP melalui browser dengan mengetikkan alamat IP server diikuti dengan port 8080. Contohnya: http://192.168.0.1:8080

3. Apa saja fitur yang tersedia di EHCP?

Di EHCP, kamu bisa menambahkan domain, database, email, FTP, dan mengkonfigurasi DNS dan SSL.

4. Apakah EHCP gratis?

Ya, EHCP gratis dan open-source.

5. Apakah EHCP mendukung semua jenis server?

EHCP lebih cocok digunakan pada server berbasis Linux.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas cara konfigurasi EHCP secara lengkap dan mudah dipahami. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah kami jelaskan, kamu sudah bisa mengelola website kamu dengan mudah menggunakan EHCP. Jangan lupa untuk menghubungi tim support hosting kamu jika mengalami masalah atau kesulitan dalam menggunakan EHCP. Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.

Baca Juga :  Cara Blok File Hosting dengan Mudah dan Santai untuk Sobat Lintasyogya

Related video of Cara Konfigurasi Control Panel Hosting EHCP