LintasYogya | Cara Kerja Shared Web Hosting yang Benar
Cara Kerja Shared Web Hosting yang Benar

Cara Kerja Shared Web Hosting yang Benar

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara kerja shared web hosting yang benar. Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu shared web hosting.

Apa itu Shared Web Hosting?

Shared web hosting adalah salah satu jenis web hosting di mana beberapa website berbagi satu server dan sumber daya yang sama seperti ruang penyimpanan, bandwidth, dan CPU. Dalam shared web hosting, setiap website diberikan akses ke panel kontrol yang memungkinkan mereka mengelola website mereka.

Keuntungan dan Kerugian Shared Web Hosting

Keuntungan Shared Web Hosting

  1. Harga yang terjangkau
  2. Shared web hosting adalah pilihan yang paling terjangkau bagi bisnis kecil dan pemilik website pribadi.

  3. Mudah digunakan
  4. Shared web hosting dilengkapi dengan panel kontrol yang mudah digunakan, sehingga pemilik website tidak perlu memiliki pengetahuan teknis yang mendalam.

  5. Skalabilitas
  6. Shared web hosting memungkinkan pemilik website untuk memulai dengan sumber daya yang lebih sedikit dan kemudian meningkatkan sumber daya sesuai dengan kebutuhan website mereka.

  7. Perawatan server
  8. Perawatan server dan pembaruan dilakukan oleh penyedia web hosting, sehingga pemilik website tidak perlu khawatir tentang masalah teknis.

Kerugian Shared Web Hosting

  1. Keterbatasan sumber daya
  2. Karena beberapa website berbagi sumber daya yang sama, website dapat mengalami keterbatasan sumber daya jika website lain mengonsumsi terlalu banyak sumber daya.

  3. Kinerja yang lambat
  4. Jika beberapa website di server yang sama mengonsumsi terlalu banyak sumber daya, maka kinerja website yang lain bisa menjadi lambat.

  5. Keamanan
  6. Keamanan website dapat menjadi masalah jika satu website di server yang sama terkena serangan hacker atau malware.

  7. Keterbatasan kontrol
  8. Shared web hosting memberikan keterbatasan kontrol pada pemilik website dalam hal konfigurasi server dan aplikasi.

Baca Juga :  Cara Upload Web ke Hosting 000webhost untuk Pemula

Cara Kerja Shared Web Hosting

Setelah memahami keuntungan dan kerugian shared web hosting, mari kita bahas tentang cara kerja shared web hosting yang benar.

Pilih Penyedia Shared Web Hosting yang Terpercaya

Langkah pertama dalam memilih shared web hosting yang tepat adalah memilih penyedia web hosting yang terpercaya dan handal. Pastikan untuk membaca ulasan dan meneliti penyedia web hosting sebelum memilihnya.

Pilih Paket Shared Web Hosting yang Sesuai

Pilih paket shared web hosting yang sesuai dengan kebutuhan website Anda. Pastikan untuk memperkirakan lalu lintas website Anda dan memilih paket yang menawarkan sumber daya yang cukup.

Pilih Domain dan Tambahkan ke Akun Hosting Anda

Setelah memilih paket shared web hosting yang sesuai, pilih domain yang tepat dan tambahkan ke akun hosting Anda.

Upload File ke Server

Setelah memilih domain dan menambahkannya ke akun hosting Anda, upload file website Anda ke server dengan menggunakan FTP atau panel kontrol.

Konfigurasi DNS

Konfigurasikan DNS untuk mengarahkan nama domain ke server hosting Anda.

Atur Email dan Database

Atur email dan database pada panel kontrol hosting Anda.

Optimalkan Website Anda

Optimalkan website Anda dengan memperkecil ukuran file gambar, mengurangi jumlah plugin, dan memperbarui tema dan plugin secara teratur.

Monitor Kinerja Website Anda

Monitor kinerja website Anda secara teratur dengan menggunakan alat seperti Google Analytics atau plugin monitor kinerja.

Backup Data Anda

Backup data website Anda secara teratur untuk menghindari kehilangan data jika terjadi masalah teknis.

Upgrade ke Paket yang Lebih Tinggi

Jika website Anda berkembang, pertimbangkan untuk meningkatkan paket shared web hosting Anda atau beralih ke jenis web hosting yang lebih canggih.

Baca Juga :  Prinsip dan Cara Kerja Control Panel Hosting

FAQ Shared Web Hosting

Apa itu Shared Web Hosting?

Shared web hosting adalah jenis web hosting di mana beberapa website berbagi satu server dan sumber daya yang sama seperti ruang penyimpanan, bandwidth, dan CPU.

Bagaimana cara kerja Shared Web Hosting?

Di shared web hosting, beberapa website berbagi sumber daya yang sama pada satu server. Setiap website diberikan akses ke panel kontrol untuk mengelola website mereka.

Apa keuntungan shared web hosting?

Keuntungan shared web hosting meliputi harga yang terjangkau, mudah digunakan, skalabilitas, dan perawatan server oleh penyedia web hosting.

Apa kerugian shared web hosting?

Kerugian shared web hosting meliputi keterbatasan sumber daya, kinerja yang lambat, keamanan, dan keterbatasan kontrol pada pemilik website.

Bagaimana cara memilih paket shared web hosting yang sesuai?

Pilih paket shared web hosting yang sesuai dengan kebutuhan website Anda dan pastikan untuk memperkirakan lalu lintas website Anda dan memilih paket yang menawarkan sumber daya yang cukup.

Bagaimana cara backup data website?

Backup data website secara teratur untuk menghindari kehilangan data jika terjadi masalah teknis.

Kapan harus upgrade ke jenis web hosting yang lebih canggih?

Jika website Anda berkembang dan membutuhkan sumber daya yang lebih banyak, pertimbangkan untuk meningkatkan paket shared web hosting Anda atau beralih ke jenis web hosting yang lebih canggih.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan mengenai cara kerja shared web hosting yang benar. Penting untuk memilih penyedia web hosting yang terpercaya, memilih paket shared web hosting yang sesuai dengan kebutuhan website, dan memastikan website Anda dioptimalkan dan dimonitor secara teratur. Backup data website Anda secara teratur, dan pertimbangkan untuk meningkatkan paket shared web hosting atau beralih ke jenis web hosting yang lebih canggih jika website Anda berkembang dan membutuhkan sumber daya yang lebih banyak.

Baca Juga :  Cara Kerja Control Panel Hosting untuk Pemula

Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya!

Related video of Cara Kerja Shared Web Hosting yang Benar