LintasYogya | Cara Kerja Shared Hosting untuk Pemula
Cara Kerja Shared Hosting untuk Pemula

Cara Kerja Shared Hosting untuk Pemula

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Apakah kamu baru memulai bisnis online atau ingin membangun situs pribadi? Jika iya, kamu pasti membutuhkan hosting untuk menampung situsmu. Salah satu jenis hosting yang paling populer adalah shared hosting. Namun, apa itu shared hosting dan bagaimana cara kerjanya? Artikel ini akan membahasnya secara santai dan unik. Mari kita mulai!

Apa itu Shared Hosting?

Shared hosting adalah jenis hosting di mana beberapa situs web dapat berbagi satu server fisik yang sama. Setiap situs web memiliki bagian dari ruang penyimpanan, sumber daya, dan bandwidth server. Ini membuat shared hosting menjadi pilihan yang paling terjangkau bagi pemilik situs web yang baru memulai dan tidak memerlukan sumber daya server yang besar.

Bagaimana Cara Kerja Shared Hosting?

1. Pembagian Sumber Daya

Server shared hosting membagi sumber daya seperti RAM, CPU, dan ruang penyimpanan di antara beberapa situs web. Setiap situs web memiliki batasan terhadap penggunaan sumber daya ini. Jika satu situs web menggunakan terlalu banyak sumber daya, ini bisa memengaruhi situs web lain yang berbagi server.

2. Pengaturan Panel Kontrol

Pengaturan panel kontrol digunakan untuk mengelola situs web dan akun hosting. Panel kontrol umumnya menyediakan fitur seperti manajemen file, manajemen database, dan konfigurasi email. Panel kontrol juga memungkinkan pengguna untuk menginstal aplikasi web seperti WordPress atau Joomla dengan cepat dan mudah.

3. Keamanan

Keamanan adalah faktor penting dalam hosting. Server shared hosting harus dilindungi dari serangan dan malware yang dapat merusak situs web dan server. Host juga harus menyediakan alat keamanan seperti perlindungan DDoS, firewall, dan sistem deteksi intrusi.

4. Backup Data

Backup data adalah proses membuat salinan data situs web dan menyimpannya di server atau penyimpanan cloud. Backup dapat membantu pemilik situs web mengembalikan situs web ke kondisi awal jika terjadi kerusakan atau kehilangan data yang tidak terduga.

Baca Juga :  Cara Koneksi Filezilla ke Hosting dengan Mudah

5. Penyedia Layanan Hosting

Penyedia layanan hosting memainkan peran penting dalam shared hosting. Mereka harus menyediakan dukungan teknis yang tepat waktu dan responsif, uptime yang baik, dan perangkat keras berkualitas tinggi untuk server.

FAQ

1. Siapa yang Cocok untuk Shared Hosting?

Shared hosting cocok untuk pemilik situs web yang baru memulai atau tidak memerlukan sumber daya server yang besar. Ini juga cocok untuk situs web dengan lalu lintas rendah hingga menengah.

2. Apakah Shared Hosting Aman untuk Bisnis Online?

Ya, shared hosting aman untuk bisnis online jika host menyediakan alat keamanan yang cukup dan pemilik situs web mengikuti praktik keamanan yang baik.

3. Apa Keuntungan Menggunakan Shared Hosting?

Keuntungan menggunakan shared hosting adalah biaya yang rendah, mudah digunakan, dan menyediakan dukungan teknis yang responsif.

4. Apa Kekurangan Menggunakan Shared Hosting?

Kekurangan menggunakan shared hosting adalah keterbatasan sumber daya dan kinerja situs web tergantung pada situs web lain yang berbagi server.

5. Apakah Saya Bisa Mengupgrade dari Shared Hosting ke Hosting Lain?

Ya, sebagian besar penyedia layanan hosting menyediakan opsi untuk mengupgrade dari shared hosting ke VPS hosting atau dedicated hosting jika situs web berkembang dan memerlukan sumber daya server yang lebih besar.

Kesimpulan

Itulah penjelasan tentang cara kerja shared hosting. Shared hosting adalah pilihan hosting yang paling terjangkau bagi pemilik situs web yang baru memulai atau tidak memerlukan sumber daya server yang besar. Namun, pemilik situs web harus memilih host yang tepat dan memastikan situs web mereka aman dan terlindungi. Terimakasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa kembali di info terbaru dari Lintasyogya.com!

Baca Juga :  Penjelasan Cara Hosting Di Google Drive

Related video of Cara Kerja Shared Hosting untuk Pemula