LintasYogya | Cara Kerja Shared Hosting
Cara Kerja Shared Hosting

Cara Kerja Shared Hosting

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Pasti kamu pernah mendengar istilah shared hosting ya? Nah kali ini kita akan membahas tentang cara kerja shared hosting secara lengkap dan mudah dipahami. Yuk simak artikel berikut ini!

Apa itu Shared Hosting?

Sebelum membahas tentang cara kerja shared hosting, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu shared hosting. Shared hosting adalah layanan web hosting di mana satu server digunakan oleh banyak pelanggan untuk menyimpan website mereka. Artinya, server tersebut dibagi-bagi menjadi beberapa akun hosting. Setiap akun hosting memiliki akses terbatas terhadap sumber daya server seperti CPU, RAM, dan disk space.

Bagaimana Cara Kerja Shared Hosting?

1. Server

Server merupakan dasar dari layanan shared hosting. Server yang digunakan biasanya menggunakan sistem operasi Linux atau Windows. Setiap server memiliki sumber daya yang terbatas seperti CPU, RAM, dan disk space. Sumber daya ini dibagi-bagi untuk melayani pelanggan yang menggunakan layanan shared hosting.

2. Control Panel

Setelah kamu membeli layanan shared hosting, kamu akan mendapatkan akses ke control panel. Control panel adalah tempat di mana kamu dapat mengatur dan mengelola akun hosting kamu. Beberapa control panel yang biasa digunakan adalah cPanel dan Plesk.

3. Domain Name System (DNS)

DNS adalah sistem yang menghubungkan nama domain dengan alamat IP server yang digunakan. Setiap situs web memiliki alamat IP unik yang terhubung ke server tempat situs web tersebut di-hosting. Proses ini memungkinkan pengguna untuk mengakses situs web dengan mengetikkan nama domain alih-alih alamat IP server.

4. Website

Setelah semua konfigurasi selesai dilakukan, kamu dapat meng-upload website kamu ke server. Website kamu akan disimpan di dalam folder yang telah kamu atur di control panel hosting.

Baca Juga :  Google Cloud Hosting Free

5. Sumber Daya Terbatas

Karena sumber daya server dibagi-bagi untuk melayani banyak pelanggan, maka kamu akan memiliki sumber daya terbatas. Hal ini harus kamu perhatikan agar tidak terjadi kelebihan penggunaan sumber daya yang dapat mengganggu kinerja server.

Keuntungan Menggunakan Shared Hosting

1. Harga Terjangkau

Harga layanan shared hosting biasanya lebih terjangkau dibandingkan dengan layanan hosting lainnya seperti VPS atau dedicated hosting.

2. Mudah Digunakan

Shared hosting sangat mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun. Kamu tidak perlu memiliki pengetahuan teknis yang mendalam untuk mengelola akun hosting kamu.

3. Dukungan Teknis

Provider shared hosting biasanya menyediakan dukungan teknis untuk membantu kamu dalam mengatasi masalah yang muncul.

Kerugian Menggunakan Shared Hosting

1. Kinerja Terbatas

Kinerja situs web kamu tergantung pada sumber daya server yang tersedia. Jika server sedang overload, maka kinerja situs web kamu akan terganggu.

2. Keamanan

Karena server digunakan oleh banyak pelanggan, maka ada kemungkinan situs web yang di-hosting di dalam server tersebut terkena serangan malware atau hack. Hal ini dapat memengaruhi keamanan situs web kamu.

3. Sumber Daya Terbatas

Kamu harus memperhitungkan penggunaan sumber daya server dengan baik agar tidak terjadi kelebihan penggunaan sumber daya yang dapat mengganggu kinerja server.

FAQ

1. Apakah shared hosting cocok untuk pemula?

Ya, shared hosting sangat cocok untuk pemula karena mudah digunakan dan harga terjangkau.

2. Apakah shared hosting aman?

Karena server digunakan oleh banyak pelanggan, maka ada kemungkinan situs web yang di-hosting di dalam server tersebut terkena serangan malware atau hack. Namun, kamu dapat mengamankan situs web kamu dengan melakukan backup secara berkala dan menginstal plugin keamanan.

Baca Juga :  VPS atau Cloud Hosting

3. Apakah sumber daya server dibagi-bagi secara adil?

Ya, provider shared hosting biasanya membagi sumber daya server secara adil untuk melayani semua pelanggan dengan baik.

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah paham kan tentang cara kerja shared hosting? Shared hosting sangat cocok untuk pemula yang ingin memiliki situs web dengan harga terjangkau dan mudah digunakan. Namun, kamu harus memperhatikan penggunaan sumber daya server agar tidak terjadi kelebihan penggunaan yang dapat mengganggu kinerja server. Semoga artikel ini bermanfaat ya! Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.

Related video of Cara Kerja Shared Hosting