LintasYogya | Cara Install OJS 3 di Hosting
Cara Install OJS 3 di Hosting

Cara Install OJS 3 di Hosting

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan tutorial tentang cara install OJS 3 di hosting dengan mudah dan cepat. OJS atau Open Journal Systems adalah platform open source yang digunakan untuk mengelola jurnal ilmiah secara online. Dalam tutorial ini, kami akan membahas langkah-langkah untuk menginstal OJS 3 di hosting dengan mudah dan cepat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Persyaratan yang Diperlukan

  1. Hosting yang mendukung PHP 7.2 atau lebih tinggi
  2. Database MySQL 5.5 atau lebih tinggi
  3. OJS 3 yang dapat diunduh dari situs web resmi OJS

Langkah 1 – Unduh OJS 3

Langkah pertama adalah mengunduh OJS 3 dari situs web resminya. Anda dapat mengunduhnya di https://pkp.sfu.ca/ojs/ojs_download/. Setelah berhasil mengunduhnya, ekstrak file zip tersebut.

Langkah 2 – Upload OJS 3 ke Hosting

Setelah berhasil mengekstrak file zip, selanjutnya adalah mengupload OJS 3 ke hosting. Anda dapat menggunakan FTP atau file manager di cPanel untuk mengupload file tersebut ke direktori root hosting Anda.

Langkah 3 – Buat Database MySQL

Setelah berhasil mengupload OJS 3 ke hosting, selanjutnya adalah membuat database MySQL untuk OJS 3. Anda dapat membuatnya melalui cPanel hosting Anda. Pastikan Anda telah membuat pengguna dan memberikan izin akses ke database tersebut.

Langkah 4 – Konfigurasi OJS 3

Setelah berhasil membuat database MySQL, selanjutnya adalah mengkonfigurasi OJS 3. Anda dapat melakukannya dengan membuka browser Anda dan mengetikkan URL domain Anda diikuti dengan “/ojs3”. Misalnya, “http://contohdomain.com/ojs3”. Selanjutnya, klik tombol “Create New Installation”.

Langkah 5 – Pilih Bahasa

Pada langkah ini, Anda akan diminta untuk memilih bahasa yang akan digunakan dalam OJS 3. Pilihlah bahasa yang Anda inginkan dan klik tombol “Save and Continue”.

Langkah 6 – Konfigurasi Database

Pada langkah ini, Anda akan diminta untuk mengkonfigurasi database MySQL yang telah Anda buat sebelumnya. Masukkan nama database, nama pengguna, kata sandi, dan host database. Klik tombol “Test Connection” untuk memastikan koneksi ke database berhasil. Setelah itu, klik tombol “Save and Continue”.

Baca Juga :  Cara Hosting Gratis dengan Santai dan Unik

Langkah 7 – Konfigurasi Administrator

Pada langkah ini, Anda akan diminta untuk mengkonfigurasi akun administrator untuk OJS 3. Masukkan nama lengkap, alamat email, nama pengguna, dan kata sandi. Klik tombol “Save and Continue”.

Langkah 8 – Konfigurasi Situs

Pada langkah ini, Anda akan diminta untuk mengkonfigurasi situs OJS 3 Anda. Anda dapat memilih tema, mengatur logo, memasukkan deskripsi, dan mengatur bahasa situs. Setelah selesai, klik tombol “Save and Continue”.

Langkah 9 – Konfigurasi Email

Pada langkah ini, Anda akan diminta untuk mengkonfigurasi email untuk OJS 3. Anda dapat memilih metode pengiriman email dan mengatur pengaturan SMTP. Setelah selesai, klik tombol “Save and Continue”.

Langkah 10 – Selesai

Congratulations! Anda telah berhasil menginstal OJS 3 di hosting Anda. Sekarang Anda dapat mulai mengelola jurnal ilmiah Anda secara online.

FAQ

1. Apakah OJS 3 gratis?

Ya, OJS 3 adalah platform open source yang dapat digunakan secara gratis.

2. Apakah OJS 3 sulit untuk diinstal?

Tidak, OJS 3 sangat mudah untuk diinstal jika Anda mengikuti langkah-langkah yang tepat.

3. Apakah OJS 3 cocok untuk mengelola jurnal ilmiah?

Ya, OJS 3 dirancang khusus untuk mengelola jurnal ilmiah secara online.

4. Apakah OJS 3 dapat diintegrasikan dengan layanan pihak ketiga?

Ya, OJS 3 dapat diintegrasikan dengan layanan pihak ketiga seperti CrossRef, DOAJ, dan ORCID.

5. Apakah OJS 3 aman untuk digunakan?

Ya, OJS 3 memiliki fitur keamanan yang cukup untuk melindungi data jurnal Anda dari ancaman keamanan.

Terima kasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.

Related video of Cara Install OJS 3 di Hosting