LintasYogya | Cara Install e-Rapor SMK di Hosting
Cara Install e-Rapor SMK di Hosting

Cara Install e-Rapor SMK di Hosting

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Bagi para guru di sekolah menengah kejuruan (SMK), e-Rapor merupakan suatu hal yang tidak asing lagi. e-Rapor adalah sistem informasi yang digunakan oleh guru dan sekolah untuk melaporkan hasil belajar siswa. Namun, tidak semua guru tahu cara menginstal e-Rapor di hosting. Oleh karena itu, pada artikel kali ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara install e-Rapor SMK di hosting. Yuk, simak!

Persyaratan Sistem

  1. Server Web Apache
  2. MySQL 5.7 atau MariaDB 10.2
  3. PHP 7.2 atau di atasnya
  4. IonCube Loader versi 10.2 atau di atasnya

Sebelum memulai proses instalasi, pastikan hosting Anda sudah memenuhi persyaratan sistem yang diperlukan. Jika masih kurang, Anda perlu memperbarui hosting terlebih dahulu.

Unduh e-Rapor SMK

  1. Buka situs resmi e-Rapor SMK
  2. Pilih menu “Download”
  3. Pilih versi e-Rapor yang sesuai dengan kebutuhan Anda
  4. Unduh e-Rapor SMK

Setelah persyaratan sistem terpenuhi, langkah selanjutnya adalah mengunduh e-Rapor SMK dari situs resmi. Pastikan Anda memilih versi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ekstrak dan Upload ke Hosting

  1. Ekstrak file yang telah Anda unduh
  2. Upload semua file e-Rapor ke direktori root hosting Anda

Setelah berhasil mengunduh e-Rapor SMK, langkah selanjutnya adalah mengekstrak file dan meng-uploadnya ke direktori root hosting Anda.

Membuat Database Baru

  1. Buka cPanel hosting Anda
  2. Pilih “MySQL Database Wizard”
  3. Buat database baru
  4. Buat pengguna baru dan berikan akses ke database

Untuk menggunakan e-Rapor SMK, Anda perlu membuat database baru dan pengguna baru dengan akses ke database tersebut. Pastikan Anda mengingat nama database, username, dan password yang telah Anda buat.

Konfigurasi e-Rapor

  1. Buka browser Anda dan masuk ke halaman instalasi e-Rapor (contoh: http://namadomain.com/install)
  2. Ikuti petunjuk instalasi dan masukkan informasi database yang telah Anda buat
  3. Setel konfigurasi e-Rapor sesuai kebutuhan Anda
Baca Juga :  Cara Upload 2 Akun Instagram

Setelah berhasil membuat database baru, langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasi e-Rapor sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan Anda mengisi informasi database dengan benar dan sesuai dengan yang telah Anda buat sebelumnya.

Selesai

Setelah mengikuti semua langkah di atas, e-Rapor SMK sudah berhasil diinstal di hosting Anda. Selanjutnya, Anda bisa mulai menggunakan e-Rapor untuk melaporkan hasil belajar siswa.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa itu e-Rapor SMK?

e-Rapor SMK adalah sistem informasi yang digunakan oleh guru dan sekolah untuk melaporkan hasil belajar siswa.

2. Apa persyaratan sistem untuk menginstal e-Rapor SMK di hosting?

Persyaratan sistem untuk menginstal e-Rapor SMK di hosting antara lain: Server Web Apache, MySQL 5.7 atau MariaDB 10.2, PHP 7.2 atau di atasnya, dan IonCube Loader versi 10.2 atau di atasnya.

3. Bagaimana cara mengunduh e-Rapor SMK?

Cara mengunduh e-Rapor SMK adalah dengan membuka situs resmi e-Rapor SMK, memilih menu “Download”, memilih versi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, dan mengunduh e-Rapor SMK.

4. Apa yang harus dilakukan setelah mengunduh e-Rapor SMK?

Setelah mengunduh e-Rapor SMK, langkah selanjutnya adalah mengekstrak file dan meng-uploadnya ke direktori root hosting Anda.

5. Bagaimana cara membuat database baru untuk e-Rapor SMK?

Cara membuat database baru untuk e-Rapor SMK adalah dengan membuka cPanel hosting Anda, memilih “MySQL Database Wizard”, membuat database baru, dan membuat pengguna baru dengan akses ke database tersebut.

6. Apa yang harus dilakukan setelah membuat database baru untuk e-Rapor SMK?

Setelah membuat database baru untuk e-Rapor SMK, langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasi e-Rapor sesuai dengan kebutuhan Anda.

7. Apa yang harus dilakukan jika e-Rapor SMK tidak bisa diinstal di hosting?

Jika e-Rapor SMK tidak bisa diinstal di hosting, Anda perlu memperbarui hosting Anda atau menghubungi penyedia hosting untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Baca Juga :  Cara Membuat Hosting di InfinityFree

8. Apa manfaat menggunakan e-Rapor SMK?

Manfaat menggunakan e-Rapor SMK antara lain: memudahkan proses pelaporan hasil belajar siswa, meminimalisir kesalahan dalam pengisian rapor, dan mempercepat proses pengolahan data siswa.

Kesimpulan

Demikianlah panduan lengkap tentang cara install e-Rapor SMK di hosting. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, diharapkan Anda dapat menginstal e-Rapor dengan mudah dan lancar. Jika Anda mengalami kendala atau memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi tim support Anda. Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.

Related video of Cara Install e-Rapor SMK di Hosting