LintasYogya | Cara Instal eRapor di Hosting
Cara Instal eRapor di Hosting

Cara Instal eRapor di Hosting

Hai, salam untuk Sobat Lintasyogya! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara instal eRapor di hosting. eRapor adalah aplikasi yang digunakan oleh sekolah untuk mengelola data siswa, guru, dan nilai. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah instalasi eRapor di hosting dengan santai dan unik. Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Pilih Hosting Terbaik

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih hosting terbaik untuk eRapor. Pastikan hosting yang dipilih memiliki spesifikasi yang cukup untuk menjalankan aplikasi eRapor. Selain itu, perhatikan juga kecepatan akses dan keamanan hosting tersebut.

  • Spesifikasi hosting yang cukup
  • Kecepatan akses yang tinggi
  • Keamanan yang terjamin

2. Download eRapor

Setelah memilih hosting yang tepat, selanjutnya adalah mendownload aplikasi eRapor. Aplikasi eRapor dapat didownload dari website resmi eRapor atau dari sumber lain yang terpercaya.

  • Download eRapor dari website resmi atau sumber terpercaya

3. Upload eRapor ke Hosting

Setelah berhasil mendownload eRapor, selanjutnya adalah mengupload aplikasi tersebut ke hosting. Caranya adalah dengan menggunakan FTP client atau melalui panel kontrol hosting.

  • Gunakan FTP client atau panel kontrol hosting

4. Ekstrak File eRapor

Setelah berhasil mengupload eRapor ke hosting, selanjutnya adalah mengekstrak file eRapor tersebut. Caranya adalah dengan menggunakan file manager atau melalui SSH.

  • Gunakan file manager atau SSH

5. Buat Database eRapor

Setelah berhasil mengekstrak file eRapor, selanjutnya adalah membuat database eRapor. Caranya adalah dengan menggunakan panel kontrol hosting atau melalui PHPMyAdmin.

  • Gunakan panel kontrol hosting atau PHPMyAdmin

6. Konfigurasi eRapor

Setelah berhasil membuat database eRapor, selanjutnya adalah melakukan konfigurasi eRapor. Caranya adalah dengan mengedit file konfigurasi pada folder aplikasi eRapor.

  • Edit file konfigurasi pada folder aplikasi eRapor
Baca Juga :  Apa itu google cloud hosting free

7. Import Data Siswa dan Guru

Setelah berhasil melakukan konfigurasi eRapor, selanjutnya adalah mengimport data siswa dan guru. Caranya adalah dengan menggunakan fitur import pada aplikasi eRapor.

  • Gunakan fitur import pada aplikasi eRapor

8. Atur Hak Akses Pengguna

Setelah berhasil mengimport data siswa dan guru, selanjutnya adalah mengatur hak akses pengguna. Caranya adalah dengan menggunakan fitur pengaturan hak akses pada aplikasi eRapor.

  • Gunakan fitur pengaturan hak akses pada aplikasi eRapor

9. Tambahkan Nilai Siswa

Setelah berhasil mengatur hak akses pengguna, selanjutnya adalah menambahkan nilai siswa. Caranya adalah dengan menggunakan fitur penambahan nilai pada aplikasi eRapor.

  • Gunakan fitur penambahan nilai pada aplikasi eRapor

10. Cetak Laporan Nilai

Setelah berhasil menambahkan nilai siswa, selanjutnya adalah mencetak laporan nilai. Caranya adalah dengan menggunakan fitur cetak laporan pada aplikasi eRapor.

  • Gunakan fitur cetak laporan pada aplikasi eRapor

11. Backup Data eRapor

Setelah berhasil menggunakan aplikasi eRapor, selanjutnya adalah melakukan backup data eRapor. Caranya adalah dengan menggunakan fitur backup pada aplikasi eRapor atau dengan menggunakan FTP client.

  • Gunakan fitur backup pada aplikasi eRapor atau FTP client

12. Update Aplikasi eRapor

Setelah menggunakan aplikasi eRapor dalam jangka waktu yang lama, selanjutnya adalah melakukan update aplikasi eRapor. Caranya adalah dengan mendownload versi terbaru dari website resmi eRapor atau dari sumber terpercaya.

  • Download versi terbaru dari website resmi atau sumber terpercaya

13. Upload Aplikasi eRapor Terbaru

Setelah berhasil mendownload versi terbaru dari aplikasi eRapor, selanjutnya adalah mengupload aplikasi tersebut ke hosting. Caranya adalah dengan menggunakan FTP client atau melalui panel kontrol hosting.

  • Gunakan FTP client atau panel kontrol hosting
Baca Juga :  Cara Upload Website ke Hosting untuk Sobat Lintasyogya

14. Ekstrak File eRapor Terbaru

Setelah berhasil mengupload aplikasi eRapor terbaru ke hosting, selanjutnya adalah mengekstrak file eRapor tersebut. Caranya adalah dengan menggunakan file manager atau melalui SSH.

  • Gunakan file manager atau SSH

15. Konfigurasi eRapor Terbaru

Setelah berhasil mengekstrak file eRapor terbaru, selanjutnya adalah melakukan konfigurasi eRapor terbaru. Caranya adalah dengan mengedit file konfigurasi pada folder aplikasi eRapor.

  • Edit file konfigurasi pada folder aplikasi eRapor

16. Import Data Siswa dan Guru Terbaru

Setelah berhasil melakukan konfigurasi eRapor terbaru, selanjutnya adalah mengimport data siswa dan guru terbaru. Caranya adalah dengan menggunakan fitur import pada aplikasi eRapor.

  • Gunakan fitur import pada aplikasi eRapor

17. Atur Hak Akses Pengguna Terbaru

Setelah berhasil mengimport data siswa dan guru terbaru, selanjutnya adalah mengatur hak akses pengguna terbaru. Caranya adalah dengan menggunakan fitur pengaturan hak akses pada aplikasi eRapor.

  • Gunakan fitur pengaturan hak akses pada aplikasi eRapor

18. Tambahkan Nilai Siswa Terbaru

Setelah berhasil mengatur hak akses pengguna terbaru, selanjutnya adalah menambahkan nilai siswa terbaru. Caranya adalah dengan menggunakan fitur penambahan nilai pada aplikasi eRapor.

  • Gunakan fitur penambahan nilai pada aplikasi eRapor

19. Cetak Laporan Nilai Terbaru

Setelah berhasil menambahkan nilai siswa terbaru, selanjutnya adalah mencetak laporan nilai terbaru. Caranya adalah dengan menggunakan fitur cetak laporan pada aplikasi eRapor.

  • Gunakan fitur cetak laporan pada aplikasi eRapor

20. Selesai

Selamat, kamu sudah berhasil menginstal eRapor di hosting! Dengan menggunakan aplikasi eRapor, sekolah bisa lebih mudah mengelola data siswa, guru, dan nilai. Jangan lupa untuk selalu melakukan backup data eRapor secara berkala dan melakukan update aplikasi eRapor jika ada versi terbaru. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya dari Lintasyogya.com!

Baca Juga :  Cara Hosting Laravel di Niagahoster dengan Mudah untuk Sobat Lintasyogya

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang cara instal eRapor di hosting dengan santai dan unik. Langkah-langkah instalasi eRapor di hosting meliputi pemilihan hosting terbaik, download eRapor, upload eRapor ke hosting, ekstrak file eRapor, membuat database eRapor, konfigurasi eRapor, import data siswa dan guru, mengatur hak akses pengguna, menambahkan nilai siswa, mencetak laporan nilai, backup data eRapor, dan update aplikasi eRapor. Dengan mengikuti langkah-langkah instalasi eRapor di hosting, sekolah bisa lebih mudah mengelola data siswa, guru, dan nilai. Selamat mencoba!

FAQ

  1. Apa itu eRapor?
  2. eRapor adalah aplikasi yang digunakan oleh sekolah untuk mengelola data siswa, guru, dan nilai.

  3. Bagaimana cara mendownload eRapor?
  4. eRapor dapat didownload dari website resmi eRapor atau dari sumber lain yang terpercaya.

  5. Bagaimana cara mengupload eRapor ke hosting?
  6. eRapor dapat diupload ke hosting menggunakan FTP client atau melalui panel kontrol hosting.

  7. Bagaimana cara membuat database eRapor?
  8. Database eRapor dapat dibuat menggunakan panel kontrol hosting atau melalui PHPMyAdmin.

  9. Bagaimana cara mengatur hak akses pengguna?
  10. Hak akses pengguna bisa diatur menggunakan fitur pengaturan hak akses pada aplikasi eRapor.

Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.

Related video of Cara Instal eRapor di Hosting