LintasYogya | Cara Instal CMS Sekolahku di Hosting
Cara Instal CMS Sekolahku di Hosting

Cara Instal CMS Sekolahku di Hosting

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara instal CMS Sekolahku di hosting. CMS Sekolahku adalah sebuah aplikasi web berbasis PHP yang dirancang khusus untuk memudahkan pengelolaan data pada sekolah. Dengan CMS Sekolahku, pengguna dapat mengelola data siswa, guru, kelas, mata pelajaran, jadwal pelajaran, dan masih banyak lagi.CMS Sekolahku dapat diinstal pada berbagai macam platform hosting, seperti XAMPP, WAMP, dan LAMP. Namun, pada artikel kali ini, kita akan membahas cara instal CMS Sekolahku di hosting menggunakan cPanel. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Unduh CMS Sekolahku

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh CMS Sekolahku dari situs resminya. CMS Sekolahku dapat diunduh secara gratis di http://www.sekolahku.com. Setelah selesai mengunduh, ekstrak file zip yang telah diunduh dan simpan di folder lokal komputer.

Langkah 2: Buat Database dan User di cPanel

Setelah selesai mengunduh CMS Sekolahku, langkah selanjutnya adalah membuat database dan user di cPanel. Untuk membuat database dan user di cPanel, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke cPanel.
  2. Pilih ikon MySQL Database Wizard.
  3. Buat database baru dengan mengisi nama database dan klik Create Database.
  4. Buat user baru dengan mengisi username dan password dan klik Create User.
  5. Tambahkan user ke database dengan memberikan hak akses dan klik Add User to Database.

Langkah 3: Upload CMS Sekolahku ke Hosting

Langkah selanjutnya adalah mengupload CMS Sekolahku ke hosting menggunakan File Manager di cPanel. Untuk mengupload CMS Sekolahku, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke cPanel.
  2. Pilih ikon File Manager.
  3. Pilih folder public_html dan klik Upload.
  4. Pilih file zip CMS Sekolahku yang telah diekstrak sebelumnya dan klik Open.
  5. Tunggu hingga proses upload selesai.
Baca Juga :  Tentang Aplikasi Download Tercepat di Android

Langkah 4: Ekstrak CMS Sekolahku

Setelah selesai mengupload CMS Sekolahku, langkah selanjutnya adalah mengekstrak file zip CMS Sekolahku. Untuk mengekstrak file zip CMS Sekolahku, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih file zip CMS Sekolahku yang telah diupload dan klik Extract.
  2. Pilih folder tempat Anda ingin mengekstrak CMS Sekolahku dan klik Extract File(s).
  3. Tunggu hingga proses ekstraksi selesai.

Langkah 5: Konfigurasi Database

Setelah selesai mengekstrak CMS Sekolahku, langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi database. Untuk melakukan konfigurasi database, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka file config.php yang terdapat pada folder CMS Sekolahku yang telah diekstrak sebelumnya.
  2. Masukkan informasi database, seperti nama database, username, password, dan host.
  3. Simpan file config.php.

Langkah 6: Akses CMS Sekolahku

Setelah selesai melakukan konfigurasi database, langkah terakhir adalah mengakses CMS Sekolahku melalui browser. Untuk mengakses CMS Sekolahku, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka browser dan ketikkan alamat website Anda.
  2. Klik link CMS Sekolahku.
  3. Masukkan username dan password yang telah Anda buat saat instalasi.
  4. Tunggu hingga proses login selesai.

Selamat, Anda telah berhasil melakukan instalasi CMS Sekolahku di hosting. Selanjutnya, Anda dapat mulai mengelola data pada sekolah Anda dengan mudah menggunakan CMS Sekolahku.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Q: Apakah CMS Sekolahku gratis?A: Ya, CMS Sekolahku dapat diunduh dan digunakan secara gratis.Q: Apa saja fitur yang terdapat pada CMS Sekolahku?A: CMS Sekolahku memiliki fitur untuk mengelola data siswa, guru, kelas, mata pelajaran, jadwal pelajaran, dan masih banyak lagi.Q: Apakah CMS Sekolahku dapat diinstal pada semua jenis hosting?A: Ya, CMS Sekolahku dapat diinstal pada berbagai macam platform hosting, seperti XAMPP, WAMP, dan LAMP.Q: Bagaimana cara mengupdate CMS Sekolahku?A: Untuk mengupdate CMS Sekolahku, Anda dapat mengunduh versi terbaru dari situs resminya dan melakukan instalasi ulang pada hosting.

Baca Juga :  Kesimpulan

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang cara instal CMS Sekolahku di hosting menggunakan cPanel. Langkah-langkah yang harus dilakukan antara lain: mengunduh CMS Sekolahku, membuat database dan user di cPanel, mengupload CMS Sekolahku ke hosting, mengekstrak CMS Sekolahku, melakukan konfigurasi database, dan mengakses CMS Sekolahku melalui browser. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat dengan mudah mengelola data pada sekolah Anda menggunakan CMS Sekolahku. Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.

Related video of Cara Instal CMS Sekolahku di Hosting