LintasYogya | Cara Hosting WordPress Gratis, Santai dan Unik
Cara Hosting WordPress Gratis, Santai dan Unik

Cara Hosting WordPress Gratis, Santai dan Unik

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Kali ini kita akan membahas tentang cara hosting WordPress gratis. Tidak semua orang memiliki dana untuk membeli hosting dan domain. Oleh karena itu, hosting WordPress gratis bisa menjadi solusi yang tepat bagi mereka yang ingin membangun website atau blog.

1. Pilih Platform Hosting WordPress Gratis

Ada beberapa platform hosting WordPress gratis yang bisa kamu pilih. Beberapa di antaranya adalah:

  1. WordPress.com
  2. Blogger.com
  3. InfinityFree.net
  4. 000webhost.com

Kamu bisa memilih platform yang sesuai dengan kebutuhanmu. Namun, kami merekomendasikan WordPress.com karena telah teruji dan memiliki fitur yang lengkap.

2. Buat Akun di Platform Hosting WordPress Gratis

Setelah memilih platform hosting WordPress gratis, langkah selanjutnya adalah membuat akun. Kamu bisa mengunjungi situs web platform yang kamu pilih dan klik tombol “Sign Up” atau “Daftar”. Isi formulir pendaftaran dan lakukan verifikasi email.

3. Pilih Nama Domain

Setelah membuat akun, kamu harus memilih nama domain. Nama domain adalah alamat website atau blog yang akan kamu buat. Kamu bisa memilih nama domain yang unik dan mudah diingat.

4. Pilih Tema WordPress

Setelah memilih nama domain, kamu harus memilih tema WordPress. Tema WordPress adalah tampilan website atau blog kamu. Kamu bisa memilih tema yang sesuai dengan kebutuhanmu dan mudah digunakan.

5. Buat Konten di WordPress

Setelah memilih tema WordPress, kamu bisa mulai membuat konten. Kamu bisa menulis artikel, mengunggah gambar, atau membuat halaman. Pastikan konten yang kamu buat berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca.

6. Instal Plugin WordPress

Plugin WordPress adalah fitur tambahan yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan fungsionalitas website atau blog kamu. Kamu bisa menginstal plugin seperti Yoast SEO untuk meningkatkan SEO website atau blog kamu.

Baca Juga :  Penjelasan Cloud Storage Hosting

7. Pilih Fitur Tambahan

Beberapa platform hosting WordPress gratis menyediakan fitur tambahan seperti analisis trafik dan hosting video. Kamu bisa memilih fitur tambahan yang sesuai dengan kebutuhanmu.

8. Atur Pengaturan WordPress

Pengaturan WordPress adalah fitur yang sangat penting untuk meningkatkan fungsionalitas website atau blog kamu. Kamu bisa mengatur pengaturan seperti permalink dan komentar.

9. Backup Website atau Blog Kamu

Backup website atau blog kamu adalah tindakan yang sangat penting untuk menghindari kehilangan data. Kamu bisa menggunakan plugin seperti UpdraftPlus untuk membuat backup secara otomatis.

10. SEO Website atau Blog Kamu

SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik untuk meningkatkan peringkat website atau blog kamu di mesin pencari seperti Google. Kamu bisa menggunakan plugin seperti Yoast SEO untuk meningkatkan SEO website atau blog kamu.

11. Promosikan Website atau Blog Kamu

Setelah membuat website atau blog, kamu harus mempromosikannya agar bisa dikenal oleh banyak orang. Kamu bisa mempromosikan website atau blog kamu di media sosial atau forum.

12. Jaga Keamanan Website atau Blog Kamu

Keamanan website atau blog kamu adalah hal yang sangat penting. Kamu bisa menggunakan plugin seperti Wordfence Security untuk meningkatkan keamanan website atau blog kamu.

13. Perbarui Website atau Blog Kamu

Perbarui website atau blog kamu secara berkala untuk meningkatkan fungsionalitas dan keamanannya. Kamu bisa menginstal update WordPress dan plugin secara otomatis.

14. Gunakan CDN

CDN atau Content Delivery Network adalah layanan yang bisa membantu meningkatkan kecepatan website atau blog kamu. Kamu bisa menggunakan layanan CDN seperti Cloudflare.

15. Gunakan Google Analytics

Google Analytics adalah layanan yang bisa membantu kamu melacak trafik website atau blog kamu. Kamu bisa mengetahui jumlah pengunjung, sumber trafik, dan perilaku pengunjung.

Baca Juga :  Cara Upload 2 File di Elearning dengan Mudah

16. Gunakan Google Search Console

Google Search Console adalah layanan yang bisa membantu kamu melacak peringkat website atau blog kamu di mesin pencari seperti Google. Kamu bisa mengetahui jumlah kata kunci, tautan masuk, dan kesalahan crawl.

17. Gunakan Google AdSense

Google AdSense adalah layanan yang bisa membantu kamu menghasilkan uang dari website atau blog kamu. Kamu bisa menampilkan iklan pada website atau blog kamu dan mendapatkan penghasilan dari setiap klik iklan.

18. Buat Tabel Konten

Tabel konten adalah tampilan yang bisa membantu pembaca menavigasi artikel dengan mudah. Kamu bisa menggunakan plugin seperti Table of Contents Plus untuk membuat tabel konten.

19. Buat FAQ

FAQ atau Frequently Asked Questions adalah halaman yang berisi pertanyaan yang sering ditanyakan dan jawabannya. Kamu bisa membuat halaman FAQ untuk membantu pembaca mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

20. Kesimpulan

Hosting WordPress gratis bisa menjadi solusi yang tepat bagi mereka yang tidak memiliki dana untuk membeli hosting dan domain. Kamu bisa memilih platform hosting WordPress gratis yang sesuai dengan kebutuhanmu dan membuat website atau blog yang berkualitas dan bermanfaat. Jangan lupa untuk mempromosikan website atau blog kamu dan meningkatkan SEO dan keamanannya secara berkala.

Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.

Related video of Cara Hosting WordPress Gratis, Santai dan Unik