LintasYogya | Cara Hosting Web Laravel dengan Mudah dan Santai
Cara Hosting Web Laravel dengan Mudah dan Santai

Cara Hosting Web Laravel dengan Mudah dan Santai

Hai, Sobat Lintasyogya! Apakah kamu sedang mencari cara hosting web Laravel yang mudah dan santai? Jangan khawatir, karena dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara hosting web Laravel dengan mudah dan santai. Simak terus artikel ini, ya!

Persiapan Sebelum Hosting Web Laravel

  1. Membeli Domain

    Langkah pertama sebelum hosting web Laravel adalah dengan membeli domain terlebih dahulu. Pilihlah domain yang sesuai dengan nama bisnis atau brand kamu. Kamu bisa membeli domain di provider domain terpercaya seperti Niagahoster, DomaiNesia, atau Rumahweb.

  2. Memilih Hosting Terbaik

    Selanjutnya, kamu perlu memilih hosting terbaik untuk web Laravel kamu. Pilihlah hosting yang memiliki fitur lengkap dan performa yang baik. Beberapa provider hosting terbaik di Indonesia adalah Niagahoster, Hostinger, dan Dewaweb.

  3. Menginstall Laravel

    Langkah terakhir sebelum hosting web Laravel adalah dengan menginstall Laravel terlebih dahulu. Kamu bisa menginstall Laravel menggunakan composer atau dengan mengunduh file zip dari situs Laravel. Pastikan kamu menginstall Laravel dengan benar agar tidak terjadi masalah saat hosting.

Cara Hosting Web Laravel dengan Mudah

  1. Memilih Paket Hosting

    Setelah persiapan selesai, kamu bisa memilih paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan web Laravel kamu. Pilihlah paket hosting yang memiliki fitur lengkap dan sesuai dengan budget kamu. Beberapa provider hosting terbaik di Indonesia memiliki paket hosting khusus untuk web Laravel.

  2. Mendaftar Hosting

    Setelah memilih paket hosting, kamu bisa mendaftar hosting dengan mengisi formulir pendaftaran. Pastikan kamu mengisi data dengan benar dan lengkap agar tidak terjadi masalah saat proses hosting.

  3. Menyiapkan Domain dan DNS

    Setelah mendaftar hosting, kamu perlu menyiapkan domain dan DNS untuk web Laravel kamu. Kamu bisa menghubungi provider domain kamu untuk mengatur DNS atau bisa mengatur sendiri melalui cPanel hosting.

  4. Mengupload File Laravel ke Hosting

    Langkah selanjutnya adalah dengan mengupload file Laravel yang sudah kamu install ke hosting. Kamu bisa mengupload file Laravel menggunakan FTP atau File Manager di cPanel hosting.

  5. Menyesuaikan Konfigurasi Laravel

    Setelah mengupload file Laravel, kamu perlu menyesuaikan konfigurasi Laravel dengan konfigurasi hosting kamu. Kamu bisa menyesuaikan konfigurasi Laravel di file .env dan file konfigurasi lainnya.

  6. Menambahkan Database

    Langkah terakhir adalah dengan menambahkan database untuk web Laravel kamu. Kamu bisa menambahkan database di cPanel hosting atau menggunakan command line di terminal.

Baca Juga :  Cara Download Software Eclipse

Frequently Asked Questions (FAQ)

No. Pertanyaan Jawaban
1 Apakah saya perlu menginstall Laravel sebelum hosting? Ya, kamu perlu menginstall Laravel terlebih dahulu sebelum hosting.
2 Bagaimana cara mengupload file Laravel ke hosting? Kamu bisa mengupload file Laravel menggunakan FTP atau File Manager di cPanel hosting.
3 Apakah saya perlu menyesuaikan konfigurasi Laravel dengan konfigurasi hosting? Ya, kamu perlu menyesuaikan konfigurasi Laravel dengan konfigurasi hosting kamu.
4 Bagaimana cara menambahkan database untuk web Laravel? Kamu bisa menambahkan database di cPanel hosting atau menggunakan command line di terminal.

Kesimpulan

Hosting web Laravel sebenarnya tidak sulit asalkan kamu tahu cara dan persiapannya. Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap tentang cara hosting web Laravel dengan mudah dan santai. Ikuti langkah-langkah yang kami berikan dan pastikan kamu mengikuti FAQ yang telah kami sediakan. Jangan lupa untuk memilih provider hosting terbaik dan terpercaya agar web Laravel kamu bisa berjalan dengan baik. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya dari Lintasyogya.com.

Related video of Cara Hosting Web Laravel dengan Mudah dan Santai