LintasYogya | Cara Hosting Web di cPanel: Panduan Lengkap untuk Sobat Lintasyogya
Cara Hosting Web di cPanel: Panduan Lengkap untuk Sobat Lintasyogya

Cara Hosting Web di cPanel: Panduan Lengkap untuk Sobat Lintasyogya

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Jika kamu ingin membuat website atau blog, maka kamu membutuhkan hosting web. Ada banyak pilihan hosting web di luar sana, namun salah satu yang paling populer adalah cPanel. cPanel adalah platform hosting web yang sangat user-friendly dan mudah digunakan. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap cara hosting web di cPanel. Yuk, simak!

Persiapan Sebelum Meng-hosting Web di cPanel

  1. Memilih Paket Hosting yang Sesuai
  2. Sebelum kamu dapat meng-hosting web di cPanel, kamu perlu memilih paket hosting yang sesuai dengan kebutuhanmu. Ada banyak paket hosting yang ditawarkan oleh penyedia hosting, mulai dari paket hosting shared hingga VPS hosting. Pilihlah paket hosting yang sesuai dengan kebutuhanmu dan budgetmu.

  3. Mendaftar untuk Akun cPanel
  4. Jika kamu sudah memilih paket hosting, maka kamu perlu mendaftar untuk akun cPanel. Biasanya, penyedia hosting akan memberikan informasi tentang cara mendaftar untuk akun cPanel setelah kamu memilih paket hosting. Pastikan kamu mengikuti instruksi dengan teliti dan mengisi informasi yang dibutuhkan dengan benar.

  5. Mengumpulkan Informasi yang Dibutuhkan
  6. Sebelum kamu dapat meng-hosting web di cPanel, kamu perlu mengumpulkan informasi yang dibutuhkan. Informasi ini termasuk alamat IP server, nama domain, username dan password untuk akun cPanel, dan informasi lain yang dibutuhkan oleh penyedia hosting. Pastikan kamu mengumpulkan informasi ini dengan teliti dan menyimpannya di tempat yang aman.

Meng-hosting Web di cPanel

  1. Masuk ke Akun cPanel
  2. Setelah kamu mendaftar untuk akun cPanel, kamu dapat masuk ke akun tersebut menggunakan username dan password yang telah kamu buat. Setelah masuk, kamu akan melihat tampilan dashboard cPanel yang berisi berbagai fitur dan opsi.

  3. Mengatur Domain
  4. Sebelum kamu dapat meng-hosting web di cPanel, kamu perlu mengatur domain terlebih dahulu. Jika kamu sudah memiliki domain, kamu dapat menghubungkannya dengan cPanel menggunakan opsi “Addon Domains”. Jika kamu belum memiliki domain, kamu dapat membelinya melalui penyedia domain atau melalui cPanel menggunakan opsi “Register a New Domain”.

  5. Membuat Akun Email
  6. Selain meng-hosting web, kamu juga dapat membuat akun email di cPanel. Untuk melakukannya, kamu dapat menggunakan opsi “Email Accounts” di dashboard cPanel. Kamu dapat membuat akun email dengan domain yang sudah ditentukan dan mengatur quota dan password untuk setiap akun email.

  7. Instalasi CMS
  8. Jika kamu ingin membuat website atau blog, maka kamu perlu menginstal CMS (Content Management System) seperti WordPress atau Joomla. Untuk melakukannya, kamu dapat menggunakan opsi “Softaculous Apps Installer” di dashboard cPanel. Pilihlah CMS yang ingin kamu instal dan ikuti instruksi yang diberikan.

  9. Meng-upload File ke Server
  10. Setelah kamu menginstal CMS, kamu perlu meng-upload file-file website ke server. Kamu dapat melakukannya menggunakan opsi “File Manager” di dashboard cPanel. Pilihlah folder yang sesuai dan upload file-file website menggunakan opsi “Upload”.

  11. Mengatur Database
  12. Jika kamu menggunakan CMS seperti WordPress, maka kamu perlu mengatur database terlebih dahulu sebelum kamu dapat mengakses website. Untuk melakukannya, kamu dapat menggunakan opsi “MySQL Databases” di dashboard cPanel. Buatlah database baru dan berikan akses ke user yang sudah kamu buat sebelumnya.

  13. Mengatur DNS
  14. Jika kamu menghubungkan domain dengan cPanel, maka kamu perlu mengatur DNS terlebih dahulu. Untuk melakukannya, kamu dapat menggunakan opsi “Zone Editor” di dashboard cPanel. Pilihlah domain yang ingin kamu atur dan tambahkan atau ubah record DNS sesuai kebutuhanmu.

  15. Mengatur SSL
  16. Jika kamu ingin website kamu lebih aman, maka kamu perlu mengatur SSL (Secure Sockets Layer). Untuk melakukannya, kamu dapat menggunakan opsi “SSL/TLS” di dashboard cPanel. Kamu dapat membeli SSL dari penyedia SSL atau menggunakan SSL gratis yang disediakan oleh cPanel.

  17. Mengatur Backup
  18. Agar website kamu lebih aman dan terhindar dari kehilangan data, kamu perlu mengatur backup secara teratur. Untuk melakukannya, kamu dapat menggunakan opsi “Backup” di dashboard cPanel. Pilihlah opsi “Full Backup” atau “Partial Backup” sesuai kebutuhanmu dan atur jadwal backup yang sesuai.

Baca Juga :  Cara Hosting ke Github dengan Mudah

FAQ: Pertanyaan yang Sering Ditanyakan tentang Hosting Web di cPanel

Pertanyaan Jawaban
Bagaimana cara menghubungkan domain dengan cPanel? Kamu dapat menghubungkan domain dengan cPanel menggunakan opsi “Addon Domains” di dashboard cPanel. Masukkan nama domain dan atur pengaturan DNS sesuai dengan instruksi yang diberikan.
Apakah saya perlu membeli SSL? Tidak, kamu dapat menggunakan SSL gratis yang disediakan oleh cPanel. Namun, jika kamu ingin SSL yang lebih kuat dan terpercaya, kamu dapat membelinya dari penyedia SSL.
Bagaimana cara meng-upload file ke server? Kamu dapat meng-upload file ke server menggunakan opsi “File Manager” di dashboard cPanel. Pilihlah folder yang sesuai dan upload file-file website menggunakan opsi “Upload”.
Apakah saya perlu mengatur backup? Ya, kamu perlu mengatur backup secara teratur untuk menjaga keamanan dan integritas data website kamu. Kamu dapat mengatur backup menggunakan opsi “Backup” di dashboard cPanel.
Bagaimana cara menginstal CMS? Kamu dapat menginstal CMS menggunakan opsi “Softaculous Apps Installer” di dashboard cPanel. Pilihlah CMS yang ingin kamu instal dan ikuti instruksi yang diberikan.

Kesimpulan

Nah, itulah cara hosting web di cPanel. Dengan mengikuti panduan ini, kamu akan dapat meng-hosting web dengan mudah dan efisien. Ingatlah untuk selalu mengatur backup secara teratur dan menjaga keamanan website kamu agar terhindar dari masalah yang tidak diinginkan. Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.

Related video of Cara Hosting Web di cPanel: Panduan Lengkap untuk Sobat Lintasyogya