LintasYogya | Cara Hosting Laravel di Hostinger
Cara Hosting Laravel di Hostinger

Cara Hosting Laravel di Hostinger

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Apakah kamu sedang mencari cara hosting Laravel di Hostinger? Jika iya, kamu berada di tempat yang tepat. Pada artikel kali ini, kami akan membahas secara lengkap cara hosting Laravel di Hostinger dengan santai dan unik. Yuk, simak penjelasannya!

1. Persiapan Sebelum Memulai

Sebelum memulai, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan. Hal-hal yang perlu kamu persiapkan adalah:

  1. Domain untuk website Laravel.
  2. Akun hosting di Hostinger.
  3. File Laravel yang sudah dikompress menjadi zip.
  4. FTP Client seperti FileZilla atau WinSCP.

2. Membuat Database di Hostinger

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat database di Hostinger. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke cPanel Hostinger.
  2. Pilih menu MySQL Databases.
  3. Buat database baru dengan mengisi nama database, username, dan password.
  4. Klik Create Database.

Setelah database berhasil dibuat, kamu akan mendapatkan informasi seperti hostname, username, dan password yang akan digunakan pada saat menghubungkan Laravel dengan database.

3. Upload File Laravel ke Hosting Hostinger

Setelah membuat database, selanjutnya adalah mengupload file Laravel ke hosting Hostinger. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka FTP Client yang sudah kamu install sebelumnya.
  2. Masukkan informasi login FTP Hostinger seperti hostname, username, dan password.
  3. Masuk ke folder public_html.
  4. Upload file Laravel yang sudah dikompress menjadi zip ke folder public_html.
  5. Extract file Laravel yang sudah diupload ke folder public_html.

4. Konfigurasi File .env

Setelah file Laravel berhasil diupload, selanjutnya adalah melakukan konfigurasi pada file .env. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka file .env yang ada di folder Laravel.
  2. Ganti DB_HOST dengan hostname database Hostinger yang sudah kamu dapatkan sebelumnya.
  3. Ganti DB_DATABASE dengan nama database yang sudah kamu buat sebelumnya.
  4. Ganti DB_USERNAME dengan username database yang sudah kamu buat sebelumnya.
  5. Ganti DB_PASSWORD dengan password database yang sudah kamu buat sebelumnya.
  6. Simpan perubahan pada file .env.
Baca Juga :  Cara Install Odoo di Hosting dengan Mudah

5. Setting Virtual Host

Setelah melakukan konfigurasi pada file .env, selanjutnya adalah melakukan setting pada virtual host. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka cPanel Hostinger.
  2. Pilih menu Apache Configuration.
  3. Pilih menu Add New Domain.
  4. Isi domain yang akan kamu gunakan untuk website Laravel.
  5. Pilih folder public_html/laravel/public.
  6. Klik Add Domain.

6. Selesai!

Setelah melakukan semua langkah di atas, website Laravel sudah bisa diakses melalui domain yang sudah kamu daftarkan. Kamu bisa mengakses website Laravel dengan mengetikkan domain yang sudah kamu daftarkan pada browser. Selamat mencoba!

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kamu sudah belajar cara hosting Laravel di Hostinger dengan santai dan unik. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam menghosting website Laravel. Jangan lupa untuk selalu melakukan backup data secara berkala dan selalu mengupdate sistem keamanan website agar terhindar dari serangan cyber.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah bisa hosting Laravel di Hostinger? Iya, bisa.
Apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum memulai hosting Laravel di Hostinger? Domain untuk website Laravel, akun hosting di Hostinger, file Laravel yang sudah dikompress menjadi zip, dan FTP Client seperti FileZilla atau WinSCP.
Bagaimana cara membuat database di Hostinger? Masuk ke cPanel Hostinger, pilih menu MySQL Databases, buat database baru dengan mengisi nama database, username, dan password, dan klik Create Database.
Bagaimana cara mengupload file Laravel ke hosting Hostinger? Buka FTP Client, masukkan informasi login FTP Hostinger, masuk ke folder public_html, upload file Laravel yang sudah dikompress menjadi zip ke folder public_html, dan extract file Laravel yang sudah diupload ke folder public_html.
Bagaimana cara melakukan konfigurasi pada file .env? Buka file .env yang ada di folder Laravel, ganti DB_HOST dengan hostname database Hostinger yang sudah kamu dapatkan sebelumnya, ganti DB_DATABASE dengan nama database yang sudah kamu buat sebelumnya, ganti DB_USERNAME dengan username database yang sudah kamu buat sebelumnya, ganti DB_PASSWORD dengan password database yang sudah kamu buat sebelumnya, dan simpan perubahan pada file .env.
Bagaimana cara melakukan setting pada virtual host? Buka cPanel Hostinger, pilih menu Apache Configuration, pilih menu Add New Domain, isi domain yang akan kamu gunakan untuk website Laravel, pilih folder public_html/laravel/public, dan klik Add Domain.
Baca Juga :  Cara Hosting Gratis WordPress dengan Mudah dan Santai

Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.

Related video of Cara Hosting Laravel di Hostinger