LintasYogya | Cara Hosting Laravel di Cpanel
Cara Hosting Laravel di Cpanel

Cara Hosting Laravel di Cpanel

Hai, Salam Sobat Lintasyogya! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara hosting Laravel di Cpanel. Laravel merupakan salah satu framework PHP yang paling populer dan banyak digunakan. Namun, untuk meng-hosting sebuah website Laravel memerlukan beberapa konfigurasi khusus agar website tersebut dapat berjalan dengan baik di server. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Membuat akun hosting

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun hosting terlebih dahulu. Untuk membuat akun hosting, Anda dapat memilih provider hosting terpercaya yang menyediakan layanan Cpanel. Setelah akun hosting berhasil dibuat, Anda akan diberikan akses ke Cpanel.

1.1 Apa itu Cpanel?

Cpanel adalah sebuah kontrol panel web hosting yang digunakan untuk mengelola dan mengatur website Anda. Dengan Cpanel, Anda dapat melakukan banyak hal seperti mengelola email, database, dan file website.

2. Menginstall Laravel

Setelah Anda memiliki akun hosting dan akses ke Cpanel, langkah selanjutnya adalah menginstall Laravel. Untuk menginstall Laravel, Anda dapat menggunakan beberapa cara seperti menggunakan Composer atau Softaculous.

2.1 Apa itu Composer?

Composer adalah sebuah tool manajemen paket PHP yang digunakan untuk mengelola dependencies pada proyek PHP. Composer dapat membantu Anda untuk menginstall Laravel dengan mudah.

2.2 Apa itu Softaculous?

Softaculous adalah sebuah aplikasi yang dapat membantu Anda untuk melakukan instalasi aplikasi web seperti WordPress, Joomla, Drupal, dan lain sebagainya. Softaculous juga dapat digunakan untuk menginstall Laravel dengan mudah.

3. Konfigurasi Laravel

Setelah Laravel terinstal, langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi pada Laravel. Konfigurasi ini meliputi konfigurasi database, URL, dan beberapa konfigurasi lainnya.

3.1 Konfigurasi database

Untuk menghubungkan Laravel dengan database, Anda perlu melakukan konfigurasi pada file .env. File .env adalah file konfigurasi yang berisi informasi penting seperti koneksi database, URL website, dan beberapa konfigurasi lainnya.

Baca Juga :  Home Insurance Companies

3.2 Konfigurasi URL

Untuk mengatur URL website, Anda perlu melakukan konfigurasi pada file .env. URL website ini akan digunakan oleh Laravel untuk meng-generate URL pada aplikasi web.

4. Upload File ke Server

Setelah konfigurasi selesai dilakukan, langkah selanjutnya adalah meng-upload file Laravel ke server. File Laravel yang perlu diupload adalah folder public dan file-file lain yang dibutuhkan oleh aplikasi web.

4.1 Apa itu folder public?

Folder public adalah folder yang berisi file-file yang dapat diakses oleh publik. File-file ini biasanya berisi file CSS, JS, dan file-file media seperti gambar dan video.

5. Mengupdate Composer

Setelah file diupload ke server, langkah terakhir adalah mengupdate Composer. Composer perlu diupdate agar proyek Laravel dapat berjalan dengan baik di server.

5.1 Cara mengupdate Composer

  1. Buka terminal atau SSH
  2. Arahkan ke direktori proyek Laravel Anda
  3. Jalankan perintah “composer update”

FAQ

1. Apa itu Laravel? Laravel adalah sebuah framework PHP yang paling populer dan banyak digunakan.
2. Apa itu Cpanel? Cpanel adalah sebuah kontrol panel web hosting yang digunakan untuk mengelola dan mengatur website Anda.
3. Apa itu Composer? Composer adalah sebuah tool manajemen paket PHP yang digunakan untuk mengelola dependencies pada proyek PHP.
4. Apa itu Softaculous? Softaculous adalah sebuah aplikasi yang dapat membantu Anda untuk melakukan instalasi aplikasi web seperti WordPress, Joomla, Drupal, dan lain sebagainya.
5. Apa itu folder public? Folder public adalah folder yang berisi file-file yang dapat diakses oleh publik. File-file ini biasanya berisi file CSS, JS, dan file-file media seperti gambar dan video.

Kesimpulan

Itulah beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk meng-hosting sebuah website Laravel di Cpanel. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat meng-hosting website Laravel dengan mudah dan cepat. Jangan lupa untuk selalu melakukan backup dan menjaga keamanan website Anda. Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Lintasyogya.com dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.

Baca Juga :  Cara Memakai Hosting Free dengan Mudah dan Santai untuk Sobat Lintasyogya

Related video of Cara Hosting Laravel di Cpanel