LintasYogya | Cara Hosting Gratis dengan Santai dan Unik
Cara Hosting Gratis dengan Santai dan Unik

Cara Hosting Gratis dengan Santai dan Unik

Hai, Salam untuk Sobat Lintasyogya! Bagi kamu yang ingin membuat website, hosting merupakan salah satu elemen yang penting untuk disiapkan. Namun, terkadang biaya untuk hosting dapat menjadi beban yang cukup besar, terutama bagi mereka yang masih pemula dalam membuat website. Untuk itu, kali ini kami akan membahas cara hosting gratis dengan santai dan unik. Simak terus artikel ini ya!

1. Pilih Platform Website

Sebelum memulai untuk mencari hosting gratis, kamu harus memilih platform website yang akan digunakan. Ada banyak platform website yang tersedia, seperti WordPress, Wix, Weebly, dan masih banyak lagi. Kamu bisa memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan websitemu.

1.1. WordPress

WordPress merupakan salah satu platform website yang paling populer di dunia. Platform ini memiliki banyak fitur yang memudahkan penggunanya dalam membuat website. Selain itu, WordPress juga menyediakan banyak plugin dan tema yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan websitemu.

1.2. Wix

Wix merupakan platform website yang juga populer. Platform ini memiliki fitur drag-and-drop yang memudahkan penggunanya dalam membuat website. Selain itu, Wix juga menyediakan banyak template yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan websitemu.

2. Cari Hosting Gratis

Setelah memilih platform website, kamu bisa mencari hosting gratis yang sesuai dengan kebutuhanmu. Ada banyak layanan hosting gratis yang tersedia, seperti InfinityFree, ByetHost, dan 000Webhost. Namun, sebelum memilih hosting gratis, pastikan kamu memperhatikan fitur yang disediakan dan ketentuan penggunaannya.

2.1. InfinityFree

InfinityFree merupakan layanan hosting gratis yang cukup populer. Layanan ini menyediakan fitur seperti unlimited disk space, unlimited bandwidth, dan support untuk PHP dan MySQL. Namun, jika terjadi overload pada server, website kamu bisa menjadi tidak stabil.

Baca Juga :  Cara Hosting RDM dengan Mudah dan Santai

2.2. ByetHost

ByetHost merupakan layanan hosting gratis yang juga populer. Layanan ini menyediakan fitur seperti 5GB disk space, 200GB bandwidth, dan support untuk PHP dan MySQL. Namun, layanan ini memiliki iklan yang cukup mengganggu dan terkadang website kamu bisa mengalami downtime.

3. Daftar dan Buat Akun

Setelah memilih hosting gratis yang sesuai, kamu bisa mendaftar dan membuat akun. Pastikan kamu mengisi data yang benar dan valid agar tidak terjadi masalah di kemudian hari. Setelah mendaftar, kamu akan mendapatkan informasi login dan password untuk mengakses panel hosting.

3.1. Cara Daftar di InfinityFree

Untuk mendaftar di InfinityFree, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi situs InfinityFree dan klik tombol “Sign Up Now”.
  2. Isi data diri kamu dan pilih domain yang akan digunakan.
  3. Setelah itu, kamu akan mendapatkan informasi login dan password.
  4. Login ke panel hosting dan mulai membuat websitemu.

3.2. Cara Daftar di ByetHost

Untuk mendaftar di ByetHost, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi situs ByetHost dan klik tombol “Sign Up”.
  2. Isi data diri kamu dan pilih domain yang akan digunakan.
  3. Setelah itu, kamu akan mendapatkan informasi login dan password.
  4. Login ke panel hosting dan mulai membuat websitemu.

4. Upload Website ke Hosting Gratis

Setelah mendaftar dan membuat akun, kamu bisa mengupload websitemu ke hosting gratis yang sudah kamu pilih. Kamu bisa menggunakan FTP client seperti FileZilla untuk mengupload websitemu. Pastikan kamu mengupload semua file dan folder yang dibutuhkan untuk websitemu.

4.1. Cara Mengupload Website di InfinityFree

Untuk mengupload website di InfinityFree, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Login ke panel hosting dan klik “Online File Manager”.
  2. Klik “Upload Files” dan pilih file yang akan diupload.
  3. Tunggu hingga proses upload selesai.
  4. Setelah itu, websitemu sudah bisa diakses dari internet.
Baca Juga :  Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri Tanpa Hosting

4.2. Cara Mengupload Website di ByetHost

Untuk mengupload website di ByetHost, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Login ke panel hosting dan klik “File Manager”.
  2. Klik “Upload” dan pilih file yang akan diupload.
  3. Tunggu hingga proses upload selesai.
  4. Setelah itu, websitemu sudah bisa diakses dari internet.

5. Monitoring Website

Setelah websitemu sudah diupload ke hosting gratis, pastikan kamu melakukan monitoring secara teratur. Hal ini dilakukan untuk memastikan websitemu tetap stabil dan tidak mengalami masalah. Kamu bisa menggunakan alat monitoring seperti UptimeRobot untuk memonitor websitemu secara otomatis.

5.1. Cara Menggunakan UptimeRobot

Untuk menggunakan UptimeRobot, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi situs UptimeRobot dan buat akun.
  2. Tambahkan website yang akan dimonitor.
  3. Setelah itu, UptimeRobot akan memonitor websitemu secara otomatis.
  4. Jika terjadi masalah, UptimeRobot akan memberikan notifikasi melalui email atau pesan teks.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa itu hosting gratis?

Hosting gratis adalah layanan hosting yang disediakan oleh beberapa penyedia hosting secara gratis. Layanan ini biasanya memiliki keterbatasan fitur dan kapasitas, namun bisa menjadi solusi yang baik untuk kamu yang ingin membuat website dengan biaya minim.

2. Apakah hosting gratis aman?

Hosting gratis bisa aman jika kamu memilih penyedia hosting yang terpercaya. Pastikan kamu memperhatikan ketentuan penggunaan dan kebijakan privasi sebelum memilih hosting gratis.

3. Apa saja kelebihan dan kekurangan hosting gratis?

Kelebihan hosting gratis adalah biaya yang minim dan bisa menjadi solusi yang baik untuk kamu yang baru memulai membuat website. Namun, kekurangan hosting gratis adalah keterbatasan fitur dan kapasitas, serta rentan terhadap serangan hacker dan malware.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara hosting gratis dengan santai dan unik. Kamu bisa mencoba salah satu layanan hosting gratis yang sudah kami sebutkan sebelumnya, atau mencari layanan hosting gratis lainnya yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan lupa untuk memperhatikan ketentuan penggunaan agar tidak terjadi masalah di kemudian hari. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya dari Lintasyogya.com!

Baca Juga :  Cara Pindah Domain ke Hosting Lain

Related video of Cara Hosting Gratis dengan Santai dan Unik